Toyota Agya Di Modifikasi Mobil Balap? Bisa Kok!

10/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil balap ternyata bisa juga menggunakan basis mobil LCGC seperti Toyota Agya. Bahkan Toyota Agya modif dari tim TTI terbukti pernah sukses di ajang balap Nasional.

Modifikasi mobil balap bukan selalu harus berjenis mobil sport atau supercar. Namun mobil Low Cost Green Car (LCGC) juga ternyata bisa disulap dari mobil balap modifikasi terkeren. Bahkan ada yang menjadikan Toyota Agya sebagai mobil andalan untuk turun di ajang balap profesional.

Misalnya yang pernah jadi andalan Toyota Team Indonesia (TTI) yang ikut dalam beberapa kejuaraan Gymkhana 2019. Bahkan Toyota Agya modifikasi mobil balap ini sempat berhasil meraih dua gelar sekaligus yaitu kelas A (Standard) dan kelas F (modifikasi).

Nah kalau penasaran apa saja yang di modif mobil balap pada Toyota Agya dari tim TTI, berikut kami akan berikan sedikit penjabarannya.

>>> Toyota Yaris Bawa TTI Cetak Hat-trick Gelar Juara Nasional Kejurnas ITCR Max

1. Toyota Agya Modif Sederhana di Bagian Eksterior

Toyota Agya TTI Balap

Livery balap TTI membuat tampilan Toyota Agya ini lebih sporty

Kalau mengamati Toyota Agya tim TTI, maka penampilannya begitu terlihat sporty berkat livery balap tim TTI yang hadir dengan kombinasi putih, merah, dan hitam. Namun sebenarnya jika diamati dari struktur bodi, maka nyaris tidak ada hal yang berubah di bagian eksterior dengan opsi ditambah "daging" demi meningkatkan sisi aerodinamika. Desain bodinya masih sama persis dengan Toyota Agya yang dijual massal.

Bahkan lampu utama, spion, lampu sein di spion, wiper depan dan belakang, gril depan, dan logo Toyota dibagian belakang masih lengkap. Hanya saja untuk lampu kabut di bemper depan, hanya tinggal menyisakan yang bagian kanan. Sementara tempat foglamp bagian kiri diubah jadi sumber aliran udara untuk sistem pada mesin.

Meskipun bodinya standar, namun berkat livery tim balap TTI dan juga sejumlah stiker dari sponsor untuk tim ini, membuat paras Toyota Agya modifikasi mobil balap untuk gymkhana itu memang terlihat jadi jauh lebih sporty dan bisa dibilang sebagai mobil balap modifikasi terkeren untuk Toyota Agya. Paling menonjol tentu pemakaian decal sticker TRD (Toyota Racing Development) dan Toyota Gazoo Racing, yang merupakan tim khusus divisi balap Toyota untuk meracik modifikasi mobil balap ini.

>>> 5 Inspirasi Datsun GO Modifikasi Paling Keren di Indonesia

2. Toyota Agya Modifikasi Velg Racing dan Suspensi Sport

Toyota Agya Modifikasi TTI Gymkhana 2019

Kaki-kaki dibuat kokoh untuk keperluan lintasan gymkhana

Perbedaan berikutnya dari Toyota Agya modif mobil balap versi tim TTI adalah dari sektor kaki-kaki. Tentu saja, mengingat kejuaraan yang akan dihadapinya adalah gymkhana yang dibutuhkan kelincahan mobil dalam bermanuver di tiap-tiap cone, maka sektor kaki-kaki adalah yang paling diperhitungkan.

Untuk Agya ini, Toyota dan tim TTI sudah meracik suspensi yang paling tepat agar didapat pengendalian yang mantap. Tentu saja pemakaian suspensi TRD spek high performance sudah dipasang ke modifikasi mobil balap tersebut. Selain pengendalain yang juga jauh lebih cekatan, pemakaian suspensi ini juga membuat ground clearance mobil jadi jauh lebih rendah dibanding kondisi standarnya.

Lantas untuk velg dan ban, Toyota ternyata memilih cukup pakai velg ring 15 yang juga lansiran TRD dengan kondisi velg yang jauh lebih ringan dari bobot velg standar. Uniknya, warna dan tipe velg saat mobil dipakai berlaga di lintasan balap antara bagian depan dan belakang dibuat berbeda sesuai kebutuhan kompetisi tersebut. Untuk bannya dipilih GT Radial Champiro SX2 ukuran 195/50 R15.

>>> Ini Cara Modifikasi Mobil Agya Biar Tambah Keren

3. Modifikasi Toyota Agya Interiornya Dipenuhi Rollbar

Toyota Agya TTI Interior

Interior hanya menyisakan jok pengemudi

Kalau dari luar Toyota Agya dari tim TTI sebagian besar hanya penggunaan cutting sticker livery balap, maka berbeda dengan kondisi interior modifikasi mobil balap ini. Sebab kabin kendaraan tersebut sudah benar-benar berubah.

Tak ada lagi kursi empuk untuk empat penumpang dewasa di ruang interornya. Yang tersisa cuma jok untuk pengemudi dan dikombinasikan setir racing TRD. Itu pun ketika berlaga, diganti jok racing model full bucked. Panel speedometer juga diberi tambahan informasi mengenai kebutuhan lain untuk balapan, seperti oil pressure, oil temperature, dan lainnya yang posisinya menggantikan lokasi headunit.

Lantas pada ruang kabin belakang hanya diisi batang-batang pipa yang melintang dan tertanam untuk berfungsi sebagai roll bar. Fungsi komponen ini adalah membantu mobil menjadi jauh lebih rigid saat diajak meliuk-liuk di lintasan gymkhana. Yang menarik, tombol-tombol yang jadi kelengkapan standar Toyota Agya seperti tuas lampu utama dan lampu sein, serta tuas wiper masih tetap dipertahankan.

>>> Review Toyota Agya 1.0 G 2013: Rekomendasi LCGC dengan Harga Jual Tetap Tinggi

4. Toyota Agya Modifikasi Mesin Standar Paling Bertenaga

Modifikasi Toyota Agya tim TTI

TRD sudah meracik mesin mobil ini jadi jauh lebih bertenaga

Mengingat TTI disokong langsung oleh TRD, maka jelas mesin yang ada di Toyota Agya modifikasi mobil balap ini dibuat dengan spesiifkasi paling sempurna sesuai kebutuhannya. Uniknya, mesin yang dipakai masih tetap mesin standar Toyota Agya 1.200 cc berkode 3NR.

Namun Toyota dan TRD mercik agar mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 118 hp dengan torsi puncak 128 nm. Padahal dalam kondisi standar, Toyota Agya transmisi manual (M/T) lansiran 2017 yang jadi basis mobil balap modifikasi terkeren dari tim TTI itu pada kondisi awal hanya mampu menghasilkan tenaga sekitar 86 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 109 Nm di 4.200 rpm.

Tentu saja tim TRD dan TTI tidak merinci apa saja komponen yang diubah pada bagian dalam mesin Agya tersebut. Namun menurut mereka, sistem ECU di mobil ini sudah disetting ulang oleh tim TRD, termask pemakaian knalpot racing custom juga kreasi dari TRD. Selain itu tuas rem juga sudah diganti model hidrolik untuk kebutuhan balap gymkhana.

Nah itu tadi beberapa rahasia racikan tim TTI untuk modifikasi mobil balap berbasis Toyota Agya 1.2 M/T tahun 2017. Siapa tahu ini menjadi inspirasi ketika Anda mau modifikasi Toyota Agya bergaya balap.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Modifikasi mobil balap masih boleh dipakai di jalan raya?
Selama hasil modifikasinya masih memperhatankan persyaratan kendaraan untuk digunakan di jalan raya, seperti tetap terpasang lampu utama, lampu sein, lampu rem, kaca spion, wiper, dan sesuai antara keterangan identitas kendaraan pada dokumen resmi seperti STNK, maka mobil masih sah digunakan di jalan raya.
Berapa biaya modifikasi Toyota Agya jadi mobil balap?
Jika mobil tersebut memang ingin turun dalam ajang balap profesional, maka biaya yang harus disiapkan tentu tidak sedikit. Mengingat komponen yang digunakan wajib yang haigh performance.
Apakah selain Toyota Agya, Daihatsu Ayla juga bisa jadi mobil balap?
Tentu saja bisa, mengingat basis spesifikasi sasis dan mesin dari dua kendaraan tersbeut serupa, bahkan trik modifikasinya bsia juga ditiru untuk diterapkan pada Daihatsu Ayla.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top