Ini Cara Modifikasi Mobil Agya Biar Tambah Keren

22/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Ini Cara Modifikasi Mobil Agya Biar Tambah Keren
Modifikasi mobil Agya yang keren sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana, yang terpenting pahami spesifikasinya serta mengetahui padu padan warna yang bsia menciptakan pusat perhatian orang lain.

Toyota Agya adalah mobil mungil yang saat ini sangat banyak peminatnya. Masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) membuat harga mobil ini saat pertama kali muncul cukup terjangkau dibanding mobil merek lainnya. Selain itu mobil ini juga memiliki konsumsi BBM yang efisien. Dua faktor inilah yang membuat penjualan Agya terus meroket, bukan hanya unit barunya, tapi yang kondisi bekas pakai juga banyak diburu.

Namun akibat sudah terlalu banyak populasi Toyota Agya, tak jarang dari pemilik mobil ini yang ingin kendaraannya tampil beda. Karenanya opsi modifikasi mobil Agya pun dijalani demi identitas diri sebagai pembeda dengan yang lain.

Lalu seperti apa modif mobil Agya yang kira-kira bisa dilakukan kalau Anda ternyata juga punya mobil kembaran Daihatsu Ayla ini? Berikut beberapa tips dari Cintamobil.com.

1. Modifikasi Stiker Mobil Agya

Modifikasi Stiker Mobil Agya

Pakai warna stiker yang ceria biar penampilan lebih mencolok

Cara paling mudah untuk membuat Toyota Agya Anda tampil beda dengan pemilik Agya lain adalah memasang stiker bodi. Stiker ini bisa berupa sekedar cutting stiker, atau wraping stiker sekalian. Tema yang diangkat juga bebas sesuai selera Anda, mau karakter animasi, super hero, atau grafis-grafis tertentu.

Yang perlu diperhatikan saat modifikasi mobil Agya dengan memasang stiker di bodi mobil adalah kesesuaian antara warna stiker dengan warna bodi mobil. Misalnya saat akan modifikasi stiker mobil Agya merah maka jangan lagi pakai stiker warna merah. Pilihlah stiker warna lain yang kontras seperti hitam, putih, silver, atau abu-abu. Sementara untk modif mobil Agya putih, maka bisa pasang stiker yang warnanya lebih beragam. Karena selain putih, semua warna stiker akan terlihat kontras ketika diaplikasikan pada bodi berwarna dasar putih.

>>> 4 Tema Modifikasi Mobil Sedan yang Sering Diaplikasikan di Indonesia

2. Modifiaksi Velg Toyota Agya

Modifikasi Velg Agya

Kalau mobil masih buat harian, cukup pakai velg 15 inci

Step berikutnya jika ingin membuat Toyota Agya Anda makin keren adalah dengan modifikasi mobil Agya di bagian velg. Seperti kita ketahui, dalam kondisi standar Toyota menggunakan velg ukuran 14 inci pada Agya. Modelnya memang sudah alloy wheel, namun banyak yang kurang suka dengan penampilan standar dari velg ini.

Untuk proses modifikasi velg, yang pertama-tama harus dipahami adalah spesifikasi velg standar dari kendaraan tersebut. Untuk Toyota Agya menggunakan velg standar berdiameter 14 inci lebar 5 inci dengan jumlah lubang baut 4 dan PCD 100 serta offset 45. Untuk mengganti velg standar ini maka direkomendasikan hanya naik 2 step dari spesifikasi velg standar jika ingin tanpa merubah suspensi atau bagian kaki-kaki yang lainnya.

Sehingga Anda bisa pilih velg dengan diameter 15 atau 16 inci dengan lebar velg maksimal 7 inci serta offset antara 30-45. Jika velg yang terpasang lebih dari batas itu, maka dipastikan velg akan keluar dari bibir fender serta harus dilakukan penyesuaian pada komponen kaki-kaki yang lainnya. Oh ya, pastikan juga velg yang dibeli harus punya PCD 4 x 100 sesuai PCD dari Agya.

Sementara urusan warna velg, Anda bisa sesuaikan dengan selera atau diselaraskan dengan cat bodi mobil. Misalnya untuk modifikasi Agya merah, maka bisa pakai velg warna gelap seperti hitam, silver, maupun malah putih. Sebaliknya, kalau ingin modif mobil Agya putih maka bisa pilih velg warna terang seperti biru, hijau, merah muda, atau mungkin hitam. Langkah ini akan membuat penampilan velg jadi lebih kontras dan mengundang perhatian orang lain.

>>> Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian

3. Modifikasi Bodykit Agya

Bodykit Toyota Agya

Kebanyakan bodykit pakai material plastik dan masih berupa epoxy

Untuk membuat tampilan mobil semakin keren dan lain dari mobil yang setipe tentu bisa dengan banyak cara. Apabila ada dana lebih, Anda bisa juga pasang bodykit yang memang diperuntukan bagi kendaraan tersebut. Misalnya jika ingin modifikasi mobil Agya, maka bisa cari bodykit khusus untuk Agya.

Cukup banyak penjual bodykit Agya ini, baik yang dipasarkan secara online maupun di toko-toko aksesoris otomotif pinggir jalan. Umumnya material yang digunakan adalah plastik, ada yang dijual masih berupa epoxy sehingga harus dicat lagi senada warna bodi, ada juga yang sudah siap pasang.

Untuk proses pemasangan bodykit ini, Anda bisa serahkan kepada bengkel body repair agar hasilnya lebih presisi. Dan sebaiknya bodykit bukan cuma di rekatkan menggunakan double tape, namun juga di lem atau bahkan kalau perlu dibaut. Supaya bodykit bisa lebih kuat menempel pada bodi asli mobil. Kalau mau yang sudah terjamin kualitasnya sebenarnya Anda bisa juga membeli melalui dealer resmi Toyota. Karena ada beberapa bodykit TRD Sportivo untuk Agya yang disediakan Toyota Indonesia.

4. Modifikasi Lampu Toyota Agya

Lampu Mobil Agya Custom

Umumnya Agya pasang lampu LED lengkap dengan DRL

Trik berikutnya untuk melakukan modifikasi mobil Agya adalah mengganti lampu standar dengan lampu aftermarket. Misalnya untuk lampu utama, Anda bisa ganti lampu standar dengan lampu LED lengkap dengan projector dan juga diberi tambahan Dayime Running Light (DRL). Biasanya penjual lampu projector Agya ini menyediakan yang tinggal plug an play. jadi tinggal copot lampu standar, kemudian cabut soketnya untuk diganti dengan lampu modif mobil Agya tersebut.

Selain lampu utama, modif mobil Agya juga bisa menyentuh lampu kabut (fog lamp) dan lampu belakang (rear lamp). Caranya juga sama, bisa ganti dengan lampu LED sehingga pancaran cahayanya lebih terang sekaligus semakin terlihat mewah.

>>> Review Toyota Agya 1.0 G 2013: Rekomendasi LCGC dengan Harga Jual Tetap Tinggi

5. Modifikasi Jok Toyota Agya

Modifikasi Jok Mobil Agya

Kabin pakai warna-warna ceria juga akan terlihat lebih menarik

Langkah terakhir untuk membuat penampilan Toyota Agya Anda makin keren adalah melakukan modifikasi ruang kabin. Ada bisa lakukan pemasangan cover jok mobil baik dengan teknik semi permanent maupun permanent (jok paten).

Untuk bahannya sendiri, bisa gunakan material kulit sintetik namun dengan kualitas yang cukup baik. Sehingga jok masih terasa lembut tetapi mudah dibersihkan jika terkena noda, dan harganya lebih murah daripada pakai bahan kulit asli. Lalu pertimbangkan juga kombinasi warnanya. Bisa disesuaikan dengan warna eksterior atau warna pada penal lain di mobil.

Kemudian pilihlah motif jahitannya, mau garis-garis bergaya sporty, tema wajik yang cenderung lebih berkelas, atau malah dibuat jadi model sofa. Semuanya tentu  disesuaikan dengan selera dan dana Anda.

Nah kalau eksterior dan interior semuanya sudah tersentuh modifikasi, maka hasil modifikasi mobil Agya Anda akan tampil keren dan mengundang perhatian banyak orang.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja nama modifikasi mobil?
Modifikasi mobil umumnya dibedakan atas empat tema dasar, yaitu Elegant, VIP, Racing, dan Ekstreme. Semua tema modifikasi ini berfokus pada hal-hal yang berbeda.
Berapa biaya modifikasi mobil?
Biaya modifikasi mobil berbeda-beda tergantung komponen apa yang diubah. Bisa mulai dari puluhan ribu rupiah, sampai ratusan juga.
Bagaimana cara modifiaksi mobil?
Modifikasi mobil bisa dengan terlebih dulu menyentuh sektor interior, lanjut modifikasi ruang kabin, setelah itu bisa melakukan ubahan pada spesifikasi teknis seperti mesin.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top