Ini Alasan Mengapa Mobil Modifikasi Sulit Dijual

29/06/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Ini Alasan Mengapa Mobil Modifikasi Sulit Dijual
Sering kali mobil modifikasi sulit dijual dibanding mobil yang masih dalam keadaan standar. Kalau pun laku, harga yang ditawar di bawah harga pasaran. Mengapa?

Menjual mobil bekas memang gampang-gampang susah. Terkadang mobil yang kita anggap keadaannya istimewa, ternyata cukup sulit untuk terjual. Pasang iklan dimana-mana, bahkan hingga meminta bantuan teman untuk dicarikan pembeli, tapi mobil tak kunjung laku terjual.

Beberapa hal bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya mobil bekas laku terjual. Diantaranya Anda memasang harga di atas harga pasaran, atau mobil yang Anda pasarkan telah mengalami modifikasi. Nah pada tulisan kali ini, Cintamobil.com akan membahas alasan yang nomor dua.

>>> Perhatikan Hal Ini Setelah Menjual Mobil Bekas

Apa sih yang menyebabkan mobil modifikasi sulit dijual? Berikut beberapa alasannya dilansir dari laman Toyota Indonesia.

1. Peminatnya Terbatas

Kontes modifikasi mobil

Bisa jadi selera modifikasi Anda tidak sama dengan selera orang lain

Tidak dapat dipungkiri, modifikasi mobil adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan selera. Selera satu orang tentu berbeda dengan orang lain. Karena itulah, peminat mobil modifikasi yang dijual dalam kondisi bekas pakai juga tidak akan banyak.

Ini bukan karena hasil modifikasi pada mobil Anda jelek, bisa jadi bukan selera orang lain. Sehingga Anda harus menunggu calon pembeli yang memiliki satu selera dengan langkah modifiaksi yang telah Anda terapkan pada mobil tersebut.

>>> Mau Modifikasi Mobil? Jangan Lupa Lapor ke Pihak Asuransi

2. Khawatir Tidak Nyaman Lagi

Mitsubishi Lancer Evolution dijual

Kalau modifikasi memperhatikan perhitungan yang tepat, sebenarnya masih layak dibeli

Alasan mobil modifikasi sulit dijual yang satu ini sebenarnya juga relatif pada masing-masing orang. Banyak yang beranggapan, melakukan modifikasi akan membuat mobil tidak lagi senyaman kondisi standarnya. Padahal saat ini cukup banyak part-part aftermarket yang menawarkan kenyamanan setara part original.

Contoh ringannya ketika pemilik mobil sudah mengganti velg dengan ukuran lebih besar yang diyakini akan memberikan pengendalian lebih buruk dibanding kondisi standar. Padahal beberapa velg, memiliki bobot yang lebih ringan dibanding velg standar, sehingga manuver mobil juga menjadi lebih baik.

>>> Harga mobil baru terlengkap beserta promo dan diskon menariknya ada disini

3. Garansi dan Asuransi Mobil Hilang

Modifikasi audio mobil

Modifikasi audio juga bsia menggugurkan garansi dan asuransi

Mempunyai mobil yang masih terlindung dengan garansi dan asuransi tentu akan membuat pemiliknya lebih tenang. Lantaran jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, si pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Namun jika mobil sudah dilakukan modifikasi, otomatis akan menggugurkan garansi dan asuransi dari kendaraan tersebut. Kecuali jika sang pemilik mobil melakukan modifikasi dengan komponen yang dijual secara resmi oleh pihak pabrikan mobil itu kemudian dipasang di bengkel resmi dan melapor ke pihak asuransi kendaraan tersebut.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang masih original ada disini

4. Mobil Kondisi Standar Lebih Dihargai

Toyota FJ40 dijual

Mobil yang dalam kondisi original harga jualnya lebih tinggi

Satu alasan yang cukup unik mengapa mobil modifikasi sulit dijual adalah masalah apresiasi dari orang lain. Banyak yang menilai, mobil dalam keadaan full original lebih menarik jika dibanding mobil modifikasi. Apalagi jika usia mobil tersebut sudah lebih dari 10 tahun.

Menjaga keaslian kondisi mobil seperti tetap pada keadaan standarnya memang menjadi tantangan tersendiri. Terlebih untuk mobil-mobil tua. Mengingat kondisi komponen tentu akan mengalami kerusakan seiring usia pakai. Namun disatu sisi untuk mencari komponen pengganti yang tetap original disaat mobilnya sudah tak diproduksi lagi juga dibutuhkan usaha lebih.

Karena itulah mengapa mobil-mobil original punya nilai lebih tinggi ketika dijual kembali oleh pemiliknya.

>>> Tips dan trik menarik seputar mobil baru dan mobil bekas ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top