Jadi Model Baru, Intip Lagi Inspirasi Modifikasi Avanza Veloz Lama

04/11/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ragam modifikasi Avanza Veloz di bawah ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin meng-upgrade tampilan dari MPV 7-seater populer milik Toyota ini.

Dunia otomotif Tanah Air dihebohkan dengan prediksi kemunculan terbaru dari Toyota Veloz 2022 yang terlepas dari embel-embel Avanza. Tampilan terbarunya pun mendapatkan banyak perhatian karena perubahan signifikan yang ditampilkan. Tapi bagi Anda yang sudah memiliki mobil ini, modifikasi Avanza Veloz bisa menjadi solusi untuk mendapatkan desain menawan pilihan Anda.

Mobil MPV 7-seater ini memang menghadirkan berbagai fitur yang lebih lengkap dibandingkan Avanza standar. Mengingat Veloz ditasbihkan sebagai varian tertinggi Avanza sejak diperkenalkan pertama kali di generasi kedua Toyota Avanza 2011. Tapi ini tak menutup rasa penasaran pemilik yang ingin meningkatkan tampilan maupun kenyamanan berkendara di dalam mobil ini.

Modifikasi Eksterior Avanza Veloz

Eksterior merupakan salah satu komponen yang sering mendapatkan perubahan. Pasalnya Avanza memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga, sehingga desain luarnya dibuat lebih sederhana dan jauh dari kata sporty. Maka tak heran banyak Avanza Veloz modifikasi berkeliaran dengan tampilan yang sudah di-tweak.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan kesan bergaya elegan layaknya MPV premium Toyota Vellfire seperti yang dilakukan oleh Arief, salah satu member dari JIVEC (Velozity Chapter Jogja) ini. Dilansir dari video milik Magazone, Arief membawa modifikasi Avanza Veloz menjadi lebih mewah dibandingkan model standar.

>>> Cara Gampang Modifikasi Stiker Mobil Avanza Putih Jadi Unik

Ubahan paling jelas terlihat pada desain baru dari bumper yang dibawa. Bumper depan dan belakang menerima desain baru dengan rumah foglamp yang berbeda dan knalpot quad muffler, tak ubahnya seperti mobil sport.

Modifikasi Avanza Veloz ini juga mendapatkan desain widebody, dimana bodinya dibuat lebih lebar 3 cm dibandingkan model standar. Sedangkan di bagian samping, Arief juga menambahkan air dam dan side moulding demi kesan sporty yang lebih kuat. Modif velg Avanza Veloz ini dilakukan dengan menambahkan velg gaya VIP Style yang lebih lebar.

velg VIP Style Avanza Veloz berwarna silver
Velg gaya VIP Style pada modif velg Avanza Veloz

Di bawah, kaki-kaki menggunakan ring 18, lengkap dengan sistem air suspension menggunakan merek Universal Air dua titik. Sehingga mobil ini bisa dibuat rendah demi membawa kesan elegan ketika berkendara di jalan raya.

>>> Selain Keren, Berbagai Aksesoris Interior mobil Avanza Ini Juga Sangat Berguna

Modifikasi Interior Avanza Veloz

Bukan hanya bagian luar, namun modifikasi pada interior Avanza Veloz juga sering dilakukan demi meningkatkan kenyamanan berkendara seluruh anggota keluarga. Mulai dari menggunakan kursi captain seat atau mode semi bucket demi aroma sporty, hingga menambah berbagai aksesoris di dalam kabin.

Sebagai mobil keluarga, Avanza memang dikenal tidak terlalu nyaman dibandingkan pesaingnya, misalnya Suzuki Ertiga. Karena itu, beberapa pengguna juga tak segan untuk mengganti jok standar dengan model Captain Seat agar mendapatkan kesan berkendara yang lebih mewah. Tapi bagi Anda yang memiliki keterbatasan budget, penggantian jok kulit mungkin bisa jadi pertimbangan.

head unit Avanza Veloz 2019 berwarna hitam
Veloz sudah mendapatkan head unit 9.0 inci

Head unit Avanza Veloz sudah menggunakan versi layar sentuh berukuran 9.0 inci. Tapi bagi Anda yang ingin mengubah sistem audio, merek Pioneer sering menjadi pilihan. Peningkatan pada subwoofer dan tweeter juga bisa menambah rasa nyaman berkendara di dalam kabin. Salah satu model audio yang bisa Anda gunakan yaitu model Venom, ARC Audio atau Kenwood.

Salah satu modifikasi Avanza Veloz yang sering ditemui adalah penggunaan panoramic sunroof yang tentunya sudah ditemukan pada sebagian besar MPV maupun SUV terbaru, seperti Wuling Cortez CT, DFSK Glory 580, dan yang terbaru MG ZS. Fitur pendukung kenyamanan dan kesan lega ini sayangnya masih belum disematkan pada model standar Avanza Veloz.

Biaya Modifikasi Avanza Veloz

Ada harga ada barang. Modifikasi mobil memang tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Karena itu, selalu periksa budget yang Anda miliki dengan konsep ubahan atau apa saja yang ingin diubah dari Avanza Veloz modif Anda. Bahkan totalnya, ubahan eksterior dan interior bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Modifikasi yang sering dilakukan mulai dari velg maupun penggantian kaki-kaki dan penambahan air suspension pada mobil ini. Untuk modifikasi velg Avanza Veloz berukuran 15 inci biasanya dibanderol dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 5 jutaan.

modifikasi Avanza Veloz berwarna putih
Avanza Veloz seringkali mendapatkan ubahan eksterior dan interior

Sedang harga air suspension cukup beragam, tergantung merek yang Anda inginkan. Bahkan biaya pemasangannya sendiri berada di kisaran Rp 25 juta hingga Rp 70 jutaan. Namun perhatikan terlebih dahulu apakah Anda akan menggunakan suspensi 2 titik atau 4 titik serta merek yang ingin Anda gunakan.

Begitu pula sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa pemasangan sunroof maupun panoramic sunroof. Untuk sekelas Toyota Avanza dan Veloz, biaya pemasangan yang dibutuhkan berada di kisaran Rp 15 juta hingga Rp 25 jutaan. Bahkan untuk panoramic sunroof yang lebih modern bisa mencapai Rp 40 jutaan.

Tapi bagi Anda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dari Veloz, tak perlu mengeluarkan budget banyak untuk modifikasi Avanza Veloz. Pasalnya Toyota beberapa waktu lalu sudah memperkenalkan model GR dengan gaya yang lebih maskulin bernama Toyota Avanza Veloz GR Limited.

mobil baru Toyota Avanza Veloz GR Limited berwarna putih
Avanza Veloz GR Limited yang baru diperkenalkan tahun ini

Beberapa komponen yang membedakan model ini dengan versi standar adalah spoiler bumper baru dan front lower grille dengan emblem GR khas Toyota. Pada bagian samping ada black outer mirror dan warna hitam di velg alloy, serta tambahan bumper spoiler GR di belakang.

Beralih ke bagian kabin, tak begitu banyak perbedaan yang bisa ditemukan pada mobil ini. Begitu pula dengan ragam fitur dan mesin yang digunakan. Namun Toyota menghadirkan Veloz GR Limited dengan dominasi warna hitam yang menciptakan kesan misterius nan di dalam kabin.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa total biaya modifikasi Toyota Avanza Veloz?
Total biaya yang diperlukan tergantung banyaknya ubahan yang Anda lakukan, misalnya penggantian velg, tambahan bodykit, jok, hingga audio yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Apakah Toyota Veloz merupakan bagian dari Toyota Avanza?
Toyota Avanza Veloz merupakan bagian dari generasi kedua Toyota Avanza. Sedangkan edisi terbaru Toyota Avanza Veloz disebut merupakan model tersendiri yang terpisah dari Avanza.
Berapa harga Toyota Avanza Veloz terbaru di Indonesia?
Ada dua tipe Avanza Veloz yang dipasarkan, yaitu versi 1.3 GR Limited Edition dengan harga Rp 221 jutaan dan 1.5 GR Limited Edition ditawarkan mulai dari Rp 232 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top