5 Inspirasi Modif Timor Bergaya Elegan atau Sporty

21/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
5 Inspirasi Modif Timor Bergaya Elegan atau Sporty
Modif Timor berikut ini kami berikan supaya jadi bahan pertimbangan saat Anda hendak merubah penampilan sedan mobil nasional ini jadi lebih mewah, elegan atau sporty.

Modif Timor yang kondisinya cukup proper, saat ini mungkin cukup sulit ditemui. Padahal di era awal tahun 2000-an, Timor tak pernah absen ikut serta dalam beberapa ajang kontes modifikasi mobil berskala Nasional. Itu karena sebenarnya, membuat sosok Timor menjadi sedan yang keren bukanlah sesuatu hal yang sulit.

Timor sendiri sejatinya adalah Kia Sephia di Korea Selatan (Korsel). Namun karena diimpor secara terurai lalu dirakit di Indonesia dan dijadikan proyek Mobil Nasional (Mobnas), namanya pun berubah jadi Timor. Sayangnya karena kehadirannya hampir berdekatan dengan krisis moneter tahun 1998, serta ada stigma negatif berbau politis tentang proses hadirnya proyek Mobnas berbasis Kia Sephia ini, Timor pun kerap mendapat cap buruk. Padahal sedan empat pintu ini punya durabilitas yang baik. Bahkan beberapa pengguna Timor ada yang mempertahankan kendaraannya sampai saat ini.

Menariknya, kini harga Timor sudah sangat terjangkau, bahkan beberapa ada yang ditawarkan setara harga motor baru. Tak jarang juga yang menawarkan mobil timor modifikasi dijual namun dengan kondisi membutuhkan beberapa perbaikan. Ini tentu menjadi keuntungan bagi Anda yang mau mencari sedan yang cukup tangguh dengan fitur lengkap dimasanya. Kalau merasa penampilannya kurang kece, tinggal lakukan modifikasi mobil Timor sesuai selera Anda.

Tapi kalau Anda bingung mau modif Timor seperti apa, berikut ini akan kami berikan beberapa konsep modifikasi mobil Timor yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi Anda untuk modif Timor kesayangan. Yuk baca artikel ini sampai habis!

>>> Malaysia Segera Punya Mobnas Baru, Bagaimana Indonesia?

1. Mobil Timor Modif Simple

Modifikasi Mobil Timor Simple

Simple dengan ganti velg dan bodi di wraping sticker

Referensi modif Timor yang pertama akan kami suguhkan adalah bagaimana modifikasi sedan Timor yang sebenarnya cukup simple tapi tetap terlihat menarik. Lalu bagaimana caranya? Paling mudah adalah Anda bisa ganti velg dan ban standar Timor dengan velg aftermarket. Namun sebelum mengganti velg, perhatikan dulu ukuran velg standar Timor dan juga PCD-nya. Adapun jika mobil tersebut belum diganti velgnya, maka Timor menggunakan velg ukuran 14 inci dengan PCD 4x100. Artinya jumlah baut roda pada Timor ada 4 dan jarak antar baut roda tersebut 100 mm.

Setelah mengetahui ukuran dan PCD velg original Timor, maka Anda bisa menentukan velg apa yang bisa terpasang di roda sedan tersebut. Jika tak ingin ada ubahan lain di sektor kaki-kaki dan ruang fender, maka sebaiknya pilih velg aftemarket ukuran 15-16 inci. Dan pastikan saat hendak modifikasi sedan Timor terbaru dengan mengganti velgnya, pilihlah velg yang juga punya PCD 4x100.

Sedangkan perihal desain velg, bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun dengan bentuk bodi Timor yang sudah membulat, maka rasanya cocok jika modifikasi mobil sedan Timor pakai velg yang desainnya juga berbentuk membulat atau tipe spoke wheels tapi dengan bentuk palang yang cukup lebar.

>>> 4 Hasil Modifikasi Mobil Lamborghini Buatan Lokal yang Paling Gokil

2. Modif Timor Elegan

Modifikasi Mobil Timor Elegan

Tampil elegan tak perlu banyak yang diubah

Modifikasi mobil sedan Timor berikutnya yang bisa Anda aplikasikan adalah modif bergaya elegan. Sebenarnya langkah ini bisa menjadi step lanjutan dari modif mobil sedan Timor bergaya simple. Sebab modif Timor bertema elegan juga tak terlalu mengubah banyak hal di mobil, selama penepatannya tepat maka kendaraan itu akan jauh terlihat lebih mewah. Misalnya pada bagian velg, Anda bisa pasang velg ukuran ring 16 atau 17 dipadu ban profil tipis supaya ruang fender terlihat lebih padat. Velgnya sendiri Anda bisa pilih velg-velg aftermarket produksi Jepang atau Eropa agar Mobnas ini terlihat makin berkelas.

Lalu biar tampilannya lebih kece, suspensi pun perlu diracik ulang supaya mobil jadi lebih ceper. Untuk suspensi depan, Timor menggunakan MacPherson Strut, sementara di belakang ada Double Wishbone. Suspensi ini terkenal cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Tapi kalau mau lebih ceper tapi masih enak dipakai harian, maka Anda perlu menyambangi bengkel-bengkel spesialis kaki-kaki mobil yang telah berpengalaman guna menemukan racikan yang pas.

Lanjut ke bagian dalam, Anda bisa lapis ulang seluruh jok, doortrim, dan plafon dengan material baru. Bahannya bisa pilih kulit sintetis yang punya tekstur permukaan masih cukup halus. Sementara pilihan warnanya bisa pakai warna-warna natural seperti hitam, cokelat, putih, atau abu-abu.

>>> Terlihat Lebih Keren, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper?

3. Timor Modifikasi Sport

Modifikasi Mobil Timor keren

Tanpa banyak ubahan tampoilan sedan Timor sudah berubah jadi kece

Tema modif Timor berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan merubah penampilan mobil jadi lebih sporty. Disini ada beberpaa hal yang perlu Anda perhatikan tentang komponen-komponen yang akan terpasang pada kendaraan tersebut. Supaya nantinya tema sport yang diusung cukup menonjol.

Misalnya dari pemilihan velg, sebaiknya cukup gunakan velg diameter 15 inci dengan model 5 spoke atau multi spoke supaya aura sportinya lebih terasa. Lalu velg ini dikombinasikan ban berprofil tidak terlalu tebal serta bentuk dinding ban yang cenderung mengkotak. Mobil masih pantas dibuat ceper, tapi sebaiknya tidak terlalu ceper. Sisakan jarak sekitar 3 jari tangan antara tapak ban dengan dinding fender. Sementara suspensinya akan lebih baik cari yang karakternya lebih keras demi meningkatkan pengendalian ketika berkendara.

Lalu untuk interiornya, Anda bisa pasang jok model semi bucket atau replika jok racing seperti Recaro maupun Bridge. Setirnya juga perlu ganti dengan yang bernuansa sporty. Jangan lupa tambahkan juga tachometer dan oilmeter yang selain untuk mengontrol kondisi mesin juga meningkatkan modif Timor aura racing di ruang kabin.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Katana, Bisa Bermacam Gaya Lho!

4. Modifikasi Bemper Mobil Timor Elegan

Modifikasi Bodykit Mobil Timor

Bodykit simple untuk tampil lebih elegan

Trik berikutnya yang bisa dilakukan untuk modif Timor adalah dengan memasang bodykit. Bodykit ini juga perlu disesuaikan modelnya dengan tema modifikasi yang Anda pilih. Contohnya untuk modifikasi bergaya elegan, maka sebaiknya cukup pasang bodykit di bemper depan, bemper belakang dan sideskirt.

Model bodykit untuk bemper depan bisa yang full bumper, atau sebatas add on. Untuk bodykit full bumper tentunya bisa membuat penampilan mobil berubah total. Sementara bodykit add on atau hanya berupa bumper spoiler, maka paras mobil akan terlihat masih sama, hanya saja penampilannya dipermanis.

Penggunaan bodykit ini juga bisa membuat mobil terlihat sedikit lebih ceper. Sehingga untuk Anda yang modif Timor terlihat lebih ceper tapi tak mau mengganti suspensi, maka bisa aplikasikan modifikasi mobil Timor dengan bodykit.

>>> Review Timor S515i 1996: Sedan ‘Nasional’ Bermesin DOHC Injeksi

5. Modifikasi Bodykit Mobil Timor Sporty

Modifikasi Bodykit Sporty Mobil Timor

Pakai wing belakang, nuansa sporty makin kental

Masih seputar pemasangan bodykit untuk modifikasi sedan Timor, Anda juga bisa terapkan teknik ini saat hendak modifikasi bergaya sporty. Bedanya, desain bodykit bisa dibentuk dengan lekuk-lekuk yang lebih tajam supaya nuansa sportynya makin menonjol.

Contoh untuk bodykit bemper depan dan bemper belakang, Anda boleh tambahkan sedikit sayap di sisi kiri dan kanan. Sementara pada sideskirt, boleh ditambah sedikit aksen lekukan atau celah-celah udara yang bisa pula berfungsi sebagai aliran udara dari depan saat mobil melaju.

Jangan lupa, di bagian belakang Anda bisa tambahkan pula wing atau ducktail. Desainnya tak perlu terlalu besar, namun keberadaan komponen ini dapat menambah nuansa sporty pada mobil tersebut.

Nah itu tadi beberapa inspirasi modif Timor yang bisa dilakukan supaya Mobil nasional ini terlihat lebih keren dari kondisi standarnya. Kalau Anda beli mobil Timor modifikasi dijual, maka sebenarnya Anda dapat sedikit menghemat waktu dan dana. Karena Anda tinggal menyempurnakan saja hasil modifikasi yang sudah terpasang di kendaraan tersebut.

>>> Klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi mobil Timor?
Dana yang dibutuhkan untuk modifikasi mobil Timor tentu dipengaru dari komponen yang akan di pasang pada mobil tersebut. Namun jika hanya mengganti velg dengan memasang velg aftermarket replika berikut ban baru, maka cukup siapkan dana sekitar Rp 5 jutaan.
Modif Timor jadi ceper apakah bisa nyaman?
Jika kendaraan dibuat lebih ceper maka ada risiko yang harus ditanggung, yaitu mobil tersbeut jadi tidak lagi senyaman suspensi standarnya. Begitu pula dengan Timor. Saat dibuat lebih ceper, pasti kenyamanan bakal berkurang. Namun ini berimbas pada tampilan mobil yang makin keren, sekaligus pengendalian yang bisa lebih presisi.
Bisakah modifikasi mesin Timor jadi lebih kencang?
Setiap mobil tentunya bsia dilakukan ubahan pada bagian mesinnya supaya didapat tenaga mesin yang lebih optimal. Begitupun dengan mobil Timor. Mengingat usianya yang sduah puluhan tahun, maka sebelum dimodifikasi ada baiknya mengembalikan kondisi mesin supaya kembali sehat. Lalu tahap paling sederhana adalah melancarkan aliran udara masuk dan keluar mesin dengan memodifikasi air intake serta exhaust system. Denganc ar asederhana ini saja sudah akan terasa perbedaan tenaganya.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Sejarah Mobil Timor: Jejak Perkembangan Mobil Nasional Tanah Air

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tak pernah padam, sejarah mobil Timor tak pernah lekang sebagai bagian penting perkembangan mobil nasional Tanah Air Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996.

Lihat juga

Bimantara & Timor Pernah Jadi Mobil Nasional, Lalu Apa Kabar Esemka?

03/10/2018

Pasar mobil

Di era 90an, Indonesia pernah mencanangkan gerakan mobil nasional yang melahirkan Bimantara dan Timor, namun akhirnya gagal dan berganti menjadi Hyundai dan Kia. Lalu apa kabar dengan Esemka, inisiasi mobil nasional yang sedang menjadi pembicaraan publik sampai saat ini?

Lihat juga

Beyond Wonderful Indonesia: Touring Pertama Toyota Melewati Indonesia-Timor Leste

07/05/2018

Pasar mobil

Toyota membuktikan ketangguhan produknya dengan membawa tiga komunitas otomotif Toyota untuk melakukan perjalanan panjang menjelajahi Indonesia – Timor Leste dalam kegiatan touring Toyota bertajuk Beyond Beautiful Indonesia.

Lihat juga

8 Referensi Mobil Sedan Modifikasi yang Keren

08/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Mobil sedan modifikasi berikut ini kami pilihkan dari beberapa merk mobil yang ada di Indonesia, supaya bisa menjadi inspirasi Anda saat hendak memodifikasi mobil jenis sedan.

Lihat juga

Modifikasi Mobil Sedan Tua Bagusnya Seperti Ini

26/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil sedan tua harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. Supaya nantinya hasil modifikasi yang Anda lakukan dengan susah payah mendapat apresiasi dari banyak orang. Ingat, modifikasi mobil bukan mobil gue gimana gue ya!

Lihat juga
 
back to top