Review Timor S515i 1996: Sedan ‘Nasional’ Bermesin DOHC Injeksi

11/10/2019

Share this post:

Timor S515i 1996

Editor rate:

Lihat promo

Di bawah naungan PT. Timor Putra Nasional, sedan Timor S515i sempat dinobatkan menjadi salah satu mobil ‘nasional’ di era tahun 1996. Tentu jika berbicara mobil Timor, tak akan terlepas dari esensi historis Indonesia. Yang dibahas kali ini adalah Timor S515i atau dikenal Timor DOHC. Berikut kita simak review Timor S515i 1996.

Review Timor S515i 1996: Sedan ‘Nasional’ Bermesin DOHC Injeksi
Review Timor S515i 1996: Sedan ‘Nasional’ Bermesin DOHC Injeksi
0 Gambar

Pengantar Timor S515i 1996

Mari kita simak spesifikasi Timor S515i 1996 di bawah ini.

Kelebihan

Harganya benar-benar murah untuk mobil sedan elegan

Cocok untuk dijadikan modal awal kegiatan modifikasi

Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk mobil di eranya

Kekurangan

Ruang kabin yang kurang kedap

Plat bodi tipis sehingga memberi kesan melayang saat berada di kecepatan tinggi

Plat bodi tipis sehingga memberi kesan melayang saat berada di kecepatan tinggi

Review Timor S515i 1996 - Timor adalah sebuah mobil nasional yang berada di bawah naungan PT. Timor Putra Nasional. Perusahaan ini diketuai langsung oleh anak Presiden Soeharto yakni Hutomo Mandala Putra, lebih akrab disapa Tommy Soeharto.

Brosur Timor S515i berjudul Mobil Masa Depan Indonesia

Brosur mobil Timor S515i yang dipaparkan di media cetak di era 1996

Timor menjadi pesaing langsung dari Bimantara Nanggala serta Cakra, yang juga hendak dijadikan mobil nasional kala itu. Bimantara sendiri diprakarsai oleh Bambang Trihatmodjo, saudara langsung dari Tommy Soeharto. Sebagai sesama anak presiden, keduanya bersaing sengit atas nama Timor vs Bimantara.

Spekulasi pun terjadi, yang ditemukan langsung pada media Tempo edisi 11 Juli 1996. Peluncuran mobil Timor dilangsungkan lebih cepat dua bulan dari jadwal yang sudah ditentukan, Tommy khawatir kalah cepat dengan Bambang bersama mobil Bimantaranya. Soeharto sendiri sudah memberikan izin impor sebanyak 45.000 unit mobil Timor di tahun tersebut.

Brosur dan Logo Mobil Timor menggunakan huruf T, mengenalkan fitur standar serta mesin 16 Valve DOHC

Huruf T menjadi logo resmi bagi mobil-mobil Timor kala itu

Impor? Benar, sejatinya mobil Timor tidak bisa dikatakan nasional sepenuhnya. Mengingat mobil Timor adalah KIA Sephia, besutan pabrikan asal Korea Selatan yang kemudian diimpor menuju Indonesia dengan nama Timor. Begitu juga pada Bimantara, merupakan Hyundai Accent diimpor dari negara serupa. Jadi bisa disimpulkan, keduanya bukan mobil nasional sepenuhnya.

Selebaran Brosur Timor S515i dipaparkan bersama dengan segala fiturnya yang canggih

Brosur mobil Timor S515i

Tapi di artikel kali ini, Cintamobil.com tak ingin membahas lebih jauh dari kacamata politik, tapi lebih ke mobil Timor itu sendiri. Bagaimana kenyamanan, fitur hingga performa mesinnya? Soal harga sendiri, mobil ini tergolong murah, karena bebas pajak impor komponen dan bebas pajak penjualan barang mewah (PPnBM). Selebihnya? Mari kita simak bersama dalam review Timor S515i 1996.

Eksterior Timor S515i 1996

Memang tak dipungkiri, eksterior Timor S515i 1996 sudah sangat mirip dengan KIA Sephia, hanya berbeda dari segi kelengkapan fitur dan logonya. Tapi di era kini, akan sangat sulit sekali menemukan mobil lengkap dengan logo Timor aslinya karena banyak dihilangkan oleh konsumen, khawatir menjadi sasaran amukan massa pada peristiwa 1998.

Review Timor S515i 1996: Eksterior Depan

Sisi depan dihias cantik dengan lampu utama dan lampu sein yang terpisah. Lampu utama dikemas sejajar Grille, sedangkan lampu seinnya disematkan di kedua ujung bemper depan. Banyak mobil Timor saat ini tidak punya logo pada sisi depan karena dilepas atau malah menggunakan logo KIA Sephia yang dibeli pasca peristiwa 1998.

Eksterior Depan Timor S515i 1996 tampilkan lampu utama berdesain minimalis lengkap dengan lampu sein, dalam kondisi terpisah

Banyak logo Timor sudah dilepas atau bahkan diganti dengan logo resmi KIA Sephia

Review Timor S515i 1996: Eksterior Samping

Merambah ke sisi sampingnya, terdapat sebuah pelek lima palang yang punya diameter cukup lebar. Tapi banyak penggunanya kini sudah memodifikasinya dengan pelek-pelek berdesain lebih sporty. Sangat jarang sekali untuk menemukannya dalam versi orisinil. Selain itu, tersedia juga Side Skirt sebagai pemanis pada bodi sampingnya. Nah, untuk soal kepraktisan, kaca spionnya bisa diatur secara otomatis hanya menekan tombol pada dashboard-nya.

Eksterior Samping Timor S515i 1996 punya tampilan sedikit elegan berkat sentuhan Side Skirt

Peleknya menggunakan desain lima palang berukuran tebal

Review Timor S515i 1996: Eksterior Belakang

Sektor buritannya tak lepas dari tren desain sedan tahun 1990-an. Lampu Reflector-nya tampak terpisah, hanya didapati pada tipe mesin DOHC saja. Sedangkan pada Timor SOHC, lampu belakangnya tersambung memanjang dari ujung kiri hingga ke ujung kanan.

Eksterior Belakang Timor S515i 1996 menggunakan desain lampu terpisah

Pembeda dengan tipe SOHC, terletak pada rancangan lampu belakang

>>> Baca juga:


Interior Timor S515i 1996

Memang tak dipungkiri, jika Anda masuk ke dalam interior Timor S515i 1996, akan menemukan bahwa kabinnya cukup lapang dan punya kelengkapan standar.

Review Timor S515i 1996: Dashboard

Hal yang paling kami kurang sukai adalah bahan dashboard dirasa kurang berkualitas. Bahkan, hanya sebatas penggunaan material plastik saja, tak ada bahan Soft Touch. Para penggunanya juga sering melaporkan bahwa dashboard terkesan ringkih, beberapa sisinya mudah lepas.

Dashboard Timor S515i 1996 hanya dilengkapi bahan plastik saja tanpa ada sentuhan Soft Touch

Penampakan kabin interior Timor S515i

Meski begitu, mobil ini sudah menyiapkan dua fitur unggulan meliputi panel radio AM/FM dan fitur penyejuk AC. Tentu sudah sangat mumpuni untuk ukuran mobil sedan berharga baru Rp. 37 juta On The Road (OTR) di eranya. Tak heran, Toyota sampai-sampai dibuat gusar akan kehadirannya sehingga harus melapor ke pihak World Trade Organization (WTO)

Review Timor S515i 1996: Setir

Kemudi setirnya sendiri masih punya logo khas Timor, huruf “T” berukuran besar pada sisi tengahnya. Meski tak secanggih mobil keluaran saat ini, tapi Timor S515i sudah didukung fitur Power Steering serta Tilt Steering. Memudahkan manuver serta dapat mengatur posisi setir sesuai gaya berkendara Anda.

Setir Timor S515i 1996 punya logo berhuruf T pada sisi tengah, menjelaskan identitasnya

Setirnya punya logo ‘T’ yang mengartikan Timor

Review Timor S515i 1996: Kursi

Kursinya sendiri masih dibalut bahan kain dan cukup mumpuni menopang seluruh tubuh penumpang. Kapasitas tampungnya sendiri bisa mencapai lima orang. Tapi sangat disarankan agar hanya ditampung empat orang saja, mengingat Headrest juga hanya tersedia dua pada bangku deret depan dan dua lagi pada bangku belakang.

Kursi Timor S515i 1996 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursi belakang hanya menyediakan dua Headrest saja

>>> Info menarik:

Fitur Timor S515i 1996

Mobil dengan kepanjangan nama Teknologi Industri Mobil Rakyat alias Timor ini, punya banyak sekali fitur yang sudah sangat mumpuni di eranya. Hmmm, apa saja ya kira-kira? Berikut fitur Timor S515i 1996.

Review Timor S515i 1996: Fitur Keselamatan

Untuk soal keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi suspensi MacPherson Strut pada sisi depan dan Wishbone di suspensi belakang. Memang tak dipungkiri, rancangan suspensi tersebut cukup nyaman digunakan untuk ukuran sedan. Tapi yang agak sedikit kurang nyaman ketika melaju di area bergelombang atau berlubang, getaran bisa terasa, berdampak kepada kenyamanan penumpang.

Menariknya lagi,  sudah tersedia Crumple Zone Theory, yang mana sisi depan dirancang untuk meredam benturan sehingga dapat meminimalisir cedera kecelakaan jika menabrak orang lain. Tak lupa juga, Side Impact Beam juga didukung pada bodi samping, menyerap dan melindungi penumpang dari benturan pada bagian samping kendaraan.

Review Timor S515i 1996: Fitur Hiburan

Fitur hiburan sendiri mengandalkan dua hal seperti sistem audio dengan dukungan radio AM/FM serta penyejuk AC. Hal menarik lainnya terletak pada fitur Power Window, dapat membuka dan menutup jendela hanya dengan satu sentuhan tombol saja. Cukup canggih, mengingat mobil di eranya masih banyak menggunakan sistem manual alias engkol.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil sedan tak kalah menarik lainnya di sini

Operasi Timor S515i 1996

Banyak orang memilih mobil ini karena operasi mesin Timor S515i 1996 sudah menggunakan konfigurasi DOHC. Tak heran banyak menyebutnya sebagai Timor DOHC. Kapasitas mesinnya sendiri sudah menggunakan 1.497 cc injeksi yang mampu memacu daya sebesar 108 HP setara 5.500 Rpm. Dipadu dengan transmisi 5 percepatan manual, mesinnya juga menghasilkan torsi tak kurang dari 145 Nm pada putaran 4.400 Rpm.

Operasi Mesin Timor S515i 1996 dikemas dengan kapasitas 1.500 cc DOHC berdaya 108 HP dan sudah dilengkapi sistem injeksi

Mesin DOHC-nya tergolong Powerful tapi juga irit bahan bakar

Kelebihan lain dari mesinnya adalah soal keiritan bahan bakar. Tak heran pula apabila mobil Timor sempat dipilih sebagai mobil armada taksi. Tapi karena hal itu pula, mobil ini punya Image yang buruk karena pernah digunakan sebagai mobil taksi. Oh iya, soal konsumsi bahan bakar dalam kota, berada di kisaran 9 hingga 11 Km/Liter. Sedangkan untuk luar kota, banyak penggunanya mengklaim mobil ini mampu mencatatkan rekor 13 hingga 15 Km/Liter.

>>> Review Honda Civic FD 2006: Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

Spesifikasi Timor S515i 1996

Untuk melihat spesifikasi Timor S515i 1996 bisa Anda amati pada tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI TIMOR S515i 1996

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 mm x 1.695 mm x 1.390 mm

Wheelbase

2.500 mm

MESIN

Tipe Mesin

B5-ME 1.5 Liter 4 Silinder Segaris 8 Katup DOHC Injeksi

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Daya Maksimum

108 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Wishbone

Sistem Kemudi

Power Steering dan Tilt Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Injeksi

Daftar Harga Timor S515i 1996

Merasa tertarik untuk memilikinya? Daftar harga Timor S515i 1996 bekas dibanderol sangat terjangkau, sering dijadikan modal kegiatan modifikasi.

TIPE MOBIL

HARGA TIMOR DOHC BEKAS

Timor S515i

Kisaran Rp. 20 juta hingga Rp. 45 juta

*Catatan:

  • Harga tergantung kondisi dan kualitas setiap komponennya
  • Untuk mobil Timor eks taksi umumnya dibanderol Rp. 20 jutaan

>>> Klik di sini untuk melihat harga selengkapnya dari mobil Timor DOHC bekas

Kesimpulan Timor S515i 1996

Sebagai pionir mobil ‘nasional’, Timor S515i 1996 masih seksi untuk dimiliki. Harganya yang terjangkau dengan fitur cukup lengkap di eranya, membuat mobil sedan satu ini masih digemari hingga era saat ini. Umumnya sedan Timor akan digunakan untuk kegiatan modifikasi, dicari oleh para pecinta mobil klasik serta mereka yang ingin punya sedan berharga murah. Saran kami, pilihlah Timor DOHC karena dikenal sangat Powerful dan juga sudah didukung injeksi. Tertarik untuk memiliki satu bagian sejarah Indonesia?

>>> Pastikan melihat ulasan lengkap dan detail dari Cintamobil.com, sebelum memilih dan membeli mobil ya sobat

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

11/07/2019

Editor rate:

Selain punya nilai eksotis tinggi, memelihara mobil tua juga didasari akan alasan filosofis bagi para pemiliknya. Unsur filosofis? Ya, benar-benar punya makna terselubung, mencerminkan kepribadian dari para pemilik mobil tua. Ford Laser menjadi satu-satunya sosok yang sukses menggambarkan fenomena tersebut. Merasa tertantang untuk memilikinya? Ini dia review Ford Laser Champ 1991.

Lihat juga

Review Toyota Starlet 1.3 SE-G 1995

30/05/2019

Editor rate:

Toyota Starlet sempat menjadi mobil idaman kawula muda di era 90an dan kini masih memiliki tempat spesial di mata penikmat otomotif Tanah Air. Tapi apakah ia masih layak dimiliki di tahun 2019

Lihat juga

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019

Editor rate:

Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

Lihat juga

Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019

Editor rate:

Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

Lihat juga

Review Honda Civic Estilo 1992: Dulu Murah, Sekarang Harganya 'Ngeri'

10/04/2019

Editor rate:

Mungkin jika berbicara masalah mobil fenomenal, Honda Civic Estilo bisa menjadi salah satunya. Bukannya mengapa, mobil klasik satu ini dibanderol cukup mahal setara harga mobil-mobil baru saat ini. Kira-kira apa alasan di balik fenomena tersebut? Menjawab rasa penasaran tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan review Honda Civic Estillo 1992.

Lihat juga