Review Timor S515 1996: Sejarah Mobil Nasional Terbaik di Eranya

27/10/2019

Share this post:

Timor S515 1996

Editor rate:

Lihat promo

Rangkaian pembahasan soal mobil nasional (mobnas) Indonesia, memang tak pernah lepas dari kisah mobil Timor. Salah satu varian menariknya adalah model S515 atau lebih dikenal Timor SOHC. Sosoknya sebagai sedan berharga murah, menjadikannya layak dimiliki di antara jajaran mobil bekas lainnya. Mari kita simak dalam review Timor S515 1996.

Review Timor S515 1996: Sejarah Mobil Nasional Terbaik di Eranya
Review Timor S515 1996: Sejarah Mobil Nasional Terbaik di Eranya
0 Gambar

Pengantar Timor S515 1996

Mari kita simak spesifikasi Timor S515 1996 di bawah ini.

Kelebihan

Harganya saat ini sangat terjangkau untuk ukuran sebuah mobil sedan

Punya esensi historis yang melekat hingga kini

Dikenal hemat bahan bakar

Kekurangan

Mesin SOHC punya Sparepart yang cukup langka, menuntut Anda untuk bergabung dengan komunitasnya

Material yang digunakan pada interior kurang mumpuni jika dibandingkan dengan mobil keluaran Jepang

Performa mesin terasa kurang kuat di kelasnya

Review Timor S515 1996 - Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) No.2/1996, kelahiran mobnas masih punya hambatan seputar biaya serta persiapan. Bahkan, pada salah satu butirnya, mengatakan bahwa mobil yang diproduksi di luar negeri dengan tenaga kerja Indonesia serta punya kandungan lokal, sama derajatnya sebagai mobnas.

PT. Timur Putra Nasional (TPN) pun didirikan sebagai produsen mobil Timor, yang dipimpin langsung oleh Hutomo Mandala Putra Soeharto. Diputuskan pula bahwa PT. TPN akan melangsungkan kerjasama dengan pabrikan KIA, yang notabene adalah perusahaan otomotif terbesar di Korea Selatan saat itu.

Tommy Soeharto ketika masih muda di era tahun 1990-an, sedang berfoto di dalam kabin mobil

Foto Tommy Soeharto di tahun 1990-an

KIA Sephia rakitan tahun 1995 akhirnya di-rebadge dan diberi nama Teknologi Industri Mobil Rakyat, disingkat Timor. Menariknya lagi, semua komponen impor tersebut akan bebas dari bea masuk dan dari pajak-pajak lainnya selama tiga tahun pertama. Dengan kata lain, menjadi paling murah dari merek mobil lainnya.

Peluncuran Mobil Timor yang dihadiri oleh banyak pihak seperti media dan perwakilan pemerintah

Peluncuran mobil Timor S515 di tahun 1996 silam

Bagaimana dengan merek otomotif lain? Mendengar kabar tersebut, General Motors melakukan penundaan investasi ke Indonesia sebesar 110 juta dollar. Begitu juga soal merek Chrysler, berhenti melakukan investasi 150 juta dollar.

Yang paling tidak nyaman pada posisi tersebut justru Toyota. Pemimpin industri otomotif Indonesia satu ini, merasa tersisihkan dari program mobnas. Perundingan pun terus dilakukan tahap demi tahap namun tanpa penyelesaian.

Perkenalan Mobil Timor kepada masyarakat lewat berbagai acara

Perkenalan mobil Timor dengan tema ‘Mobil Masa Depan Indonesia’

Sampai akhirnya, kasus ini diangkat ke World Trade Organization (WTO) dan diputuskan bahwa Indonesia melanggar ketentuan General Agreements on Tariff and Trade (GATT). Alhasil, lewat Keppres No.20 tahun 1998, program mobnas ditutup secara resmi pada tanggal 21 Januari 1998.

Dalam hal ini, tim Cintamobil.com tidak berfokus pada ketentuan politik yang kompleks tapi lebih kepada mobil Timor itu sendiri. Bagaimana performa mesinnya, kenyamanan dan hal menarik lainnya, sehingga para pecinta mobil klasik tidak ketinggalan informasinya. Berikut ini review Timor S515 1996.

Eksterior Timor S515 1996

Dari penelusuran data yang kami dalami, mobil Timor ditawarkan dalam berbagai versi yakni S515 (SOHC), S515i (DOHC), S516i serta SW515i Station Wagon, model karoseri. Perbedaan sendiri bisa ditilik mulai dari eksterior-nya. Seperti apa eksterior Timor S515 1996?

Review Timor S515 1996: Eksterior Depan

Jika dibandingkan dengan mobil yang menjadi basisnya, KIA Sephia, Timor S515 tak mendapatkan banyak perubahan. Hanya pada bagian desain lampu yang terlihat lebih tipis berbentuk segi empat. Selain itu, pada Timor S515 juga sudah disematkan foglamp untuk melengkapi kualitas penerangan saat kondisi cuaca kurang baik.

Eksterior Depan Timor S515 1996 menghadirkan lampu kabut dan lampu utama, fitur yang sudah sangat modern untuk mobil sedan di eranya

Wajah depannya punya desain mirip KIA Sephia, berbeda hanya dari desain lampu

Review Timor S515 1996: Eksterior Samping

Dari bagian bodi samping, tampilannya sangat kental dengan sedan-sedan yang memang dilansir di tahun 90-an. Salah satu aksen menarik yang Nampak adalah adanya side skirt yang memberi sentuhan nilai sporty nan modern. 

Eksterior Samping Timor S515 1996 hanya dibekali aksen Side Skirt sehingga memberi kesan dinamis pada bodinya

Bodi sampingnya tidak terlalu mencolok, layaknya mobil sedan 1990-an

Review Timor S515 1996: Eksterior Belakang

Timor SOHC punya ciri khas tersendiri pada lampu belakangnya dimana terdapat reflektor yang tersambung dengan kedua lampu utama. Hal berbeda dengan S515 tipe DOHC yang tidak mendapatkan reflector ini.

Eksterior Belakang Timor S515 1996 menggunakan lampu yang tersambung menjadi satu kesatuan

Ciri khasnya dari lampu belakang yang tersambung menjadi satu

>>> Baca juga:


Interior Timor S515 1996

Lantas apa saja hal menarik pada interior Timor S515 1996? Jujur saja, model satu ini punya fitur paling lengkap di antara model sedan lainnya. Tak heran, mobil ini sempat jadi primadona di era peluncurannya.

Review Timor S515 1996: Dashboard

Desain dashboard pada sedan Timor ini cukup modern dengan beberapa kurva membulat. Konsol tengah menjadi bagian pusat terletaknya berbagai tombol fungsional, mulai dari ventilasi AC, tombol-tombol pengatur AC dan headunit sistem audio. Panel instrumen analog tampil konvensional di balik lingkar kemudi, dengan penunjuk kecepatan dan putaran mesin yang mendominasi.

Dashboard Timor S515 1996 sayangnya banyak diklaim oleh pengguna kurang berkualitas dan masih menggunakan bahan plastik

Kekurangannya terletak pada segi dashboard yang kurang menawan dan hanya dirancang dari material plastik keras saja

Mobil ini kerap dikeluhkan soal kekurangan pada material di dalam kabinnya, salah satunya adalah dashboard yang masih menggunakan plastik keras. Bahkan lebih dari itu, paparan sinar matahari langsung ke arah dashboard lama-kelamaan bisa membuat sambungan terbuka sehingga tidak melekat sempurna. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan kaca film yang lebih mampu menolak panas pada bagian kaca depan.

Review Timor S515 1996: Setir

Sistem kemudi Timor S515 sudah didukung dengan fitur Power Steering sehingga putaran setirnya lebih enteng.  Lingkar kemudi dengan palang empat memiliki tampilan yang modern. Di bagian tengah tampak emboss logo Timor, huruf “T” yang cukup menarik perhatian.

Setir Timor S515 sudah dilengkapi dengan fitur Power Steering yang mampu membuat manuver menjadi lebih enteng

Sistem kemudinya sudah dilengkapi fitur Power Steering

Review Timor S515 1996: Kursi

Kapasitas lima tempat duduk yang disuguhkan oleh Timor S515 SOHC bisa dibilang nyaman. Meski material pembungkus tempat duduk hanya fabric, namun teksturnya cukup lembut. Posisi duduknya juga cukup ideal, meskipun di bagian belakang kabinnya terlalu pas-pasan untuk diisi oleh tiga orang dewasa.

Kursi Timor S515 1996 hanya mampu menampung 4 hingga 5 orang saja dan masih menggunakan bahan kain

Sayang, sedan yang satu ini masih punya kursi berbahan kain saja

>>> Informasi menarik:

Fitur Timor S515 1996

Nah, jika membahas soal fitur Timor S515 1996, ada banyak hal menarik yang dimilikinya. Tapi perlu disayangkan memang soal fitur keselamatan, tidak bisa dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru saat ini.

Review Timor S515 1996: Fitur Keselamatan

Soal keselamatan, Timor S515 sudah melengkapi penumpang depan dan belakang dengan sabuk keselamatan tiga titik, dan khusus untuk penumpang depan posisi ketinggiannya dapat diatur. Selain itu, penggunaan rem cakram juga disebutkan menjadi salah satu keunggulan  fitur keselamatan pada sedan menengah ini.

Selain itu Timor juga mengklaim jika mobil mereka ini telah dilengkapi crumple zone di bagian depan, yang mampu meredam jika terjadi benturan. Sementara di bagian pintu sudah terdapat side impact beam atau batang penguat yang dapat melindungi penumpang jika ada benturan dari samping.

Review Timor S515 1996: Fitur Hiburan

Untuk sektor hiburan, mobil ini telah menyediakan sistem audio single din dengan kemampuan memutar kaset dan radio AM/FM. Yang menarik, headunit sistem audio ini telah dilengkapi fitur keamanan dengan password yang membuat siapapun yang mengambil headunit ini tidak dapat mengaktifkannya.

>>> Anda mau membeli mobil Timor? Klik sini untuk cek harga serta kondisinya

Operasi Timor S515 1996

Di pasaran, banyak orang mengklasifikasi Timor ke dalam dua kategori yakni Timor SOHC (S515) dan Timor DOHC (S515i). Memang tak dipungkiri, hal tersebut menjadi pembeda signifikan dari keduanya.

Mesin Timor S515 1996 adalah 4-silinder segaris dengan kapasitas sebesar 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan disebut-sebut mencapai 80 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 2.500 rpm. Tipe mesin SOHC yang digunakannya terkenal lebih mudah dalam hal perawatan, terutama karena masih menggunakan teknologi pasokan bahan bakar karburator sehingga lebih banyak dipahami oleh bengkel-bengkel umum. 

Berpadu dengan transmisi manual 5-speed, mobil ini dikenal memberikan kenyamanan berkendara yang baik. Salah satu hal yang mendukungnya adalah penggunaan suspensi independen MacPherson strut di bagian depan dan wishbone dengan per keong di bagian belakangnya. 

Mesin Timor S515 1996 punya keunikan tersendiri yang masih menggunakan karburator dan konfigurasi SOHC berkapasitas 1.500 cc

Mesin Timor SOHC disokong mesin 1.5 Liter berdaya 80 HP

Meski begitu, ada hal yang menjadi kekurangan bagi Timor SOHC ini antara lain adalah soal suku cadangnya yang saat ini cukup sulit ditemui karena memang mobilnya yang tidak lagi diproduksi.

>>> Review Toyota Soluna 2000: Image Taksi Memudarkan Kelebihannya

Spesifikasi Timor S515 1996

Untuk hal teknis, Anda bisa memantau tabel spesifikasi Timor S515 1996 di bawah ini.

SPESIFIKASI TIMOR S515 1996

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.360 mm x 1.695 mm x 1.390 mm

Wheelbase

2.500 mm

MESIN

Tipe Mesin

B5 1.5 Liter SOHC

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Daya Maksimum

80 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

120 Nm / 2.500 Rpm

Sistem Transmisi

5-speed manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut Independen

Suspensi Belakang

Independent dengan Per Keong

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Karburator

Daftar Harga Timor S515 1996

Jika Anda memang menyukai mobil satu ini, Anda bisa melihat konten Cintamobil.com, “Mobil Dijual”. Tapi di artikel kali ini, kami akan memberikan daftar harga Timor S515 1996 yang dijual pada umumnya.

TIPE MOBIL

HARGA TIMOR S515 BEKAS

Timor S515 1996 (SOHC)

Dijual di kisaran Rp. 25 juta hingga Rp. 30 jutaan

Kesimpulan Timor S515 1996

Timor S515 SOHC memiliki nilai historis yang tinggi bagi mereka penyuka mobil retro. Mobil ini memiliki desain yang cukup modern untuk ukuran mobil di kelasnya, fitur-fitur cukup mumpuni. Harga jualnya saat ini cukup terjangkau, namun jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi secara keseluruhan mengingat suku cadang mobil ini dinformasikan cukup sulit didapat saat ini. Jika Anda menemukan unit Timor S515 dalam kondisi cukup meyakinkan, suatu saat harganya dapat melambung mengingat sejarah yang ada di balik cap mobil nasional di masanya.

>>> Pastikan untuk selalu membaca review mobil terbaru di Cintamobil.com, sebelum memilih kendaraan impian Anda

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Suzuki Baleno 1996: Masa Lalu Baleno, ‘Berjubah’ Sedan

04/09/2019

Editor rate:

Tahukah Anda bahwa Suzuki Baleno dulunya adalah mobil sedan, sebelum akhirnya menjadi Hatchback seperti saat ini? Mungkin sebagian pembaca sudah tahu kiprahnya yang dimulai sejak tahun 1996 silam. Kala itu, sosoknya menjadi salah satu mobil sedan kompak populer bagi kaula muda. Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Baleno 1996.

Lihat juga

Review Hyundai Accent 1998: Mobil Yang Sempat Jadi Kandidat Mobil Nasional

23/08/2019

Editor rate:

Indonesia dulunya punya sedan elegan asal Korea Selatan yakni Hyundai Accent. Sosoknya elegan, manis dipandang dan juga sangat irit bahan bakar. Harganya? Sangat murah sobat, ketimbang mobil sedan lainnya besutan Jepang. Tertarik untuk punya sedan elegan dan irit? Yuk, kita simak review Hyundai Accent 1998.

Lihat juga

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019

Editor rate:

Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

Lihat juga

Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019

Editor rate:

Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

Lihat juga

Review Honda Civic Estilo 1992: Dulu Murah, Sekarang Harganya 'Ngeri'

10/04/2019

Editor rate:

Mungkin jika berbicara masalah mobil fenomenal, Honda Civic Estilo bisa menjadi salah satunya. Bukannya mengapa, mobil klasik satu ini dibanderol cukup mahal setara harga mobil-mobil baru saat ini. Kira-kira apa alasan di balik fenomena tersebut? Menjawab rasa penasaran tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan review Honda Civic Estillo 1992.

Lihat juga