Review Toyota Soluna 2000: Image Taksi Memudarkan Kelebihannya

25/06/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Toyota Soluna adalah salah satu sedan yang dikenal di era 2000-an. Performanya dikenal sebagai mobil yang irit bahan bakar, sehingga tak mengherankan jika sosoknya masih dicari hingga kini. Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli mobil sedan ini? Ada baiknya Anda menyimak review Toyota Soluna 2000 lebih dulu.

PENGANTAR Toyota Soluna 2000

Review Toyota Soluna 2000 - Siapa yang tidak menyukai mobil irit bahan bakar? Kami sepakat bahwa semua orang pasti menyukainya. Seiring berjalannya waktu, perusahaan taksi pun mengakui kelebihan Toyota Soluna dan menjadikannya sebagai armada taksi mereka di tahun 2000-an.

Cukup disayangkan, dikarenakan latar belakang tersebut akhirnya Soluna memiliki Image sebagai mobil taksi. Padahal, menurut kami, membeli mobil bukanlah soal Image-nya tapi lebih memperhitungkan kelebihannya. Apalagi soal irit bahan bakar serta Handling yang cukup mumpuni, rasanya sangat kurang bijak jika memandang sebelah mata Soluna dari Image-nya sebagai taksi saja.

Toyota Soluna 2000 memiliki keunggulan dalam hal keiritan bahan bakar

Selain irit bahan bakar, Toyota Soluna juga mudah untuk dimodifikasi

Di Indonesia, diperkenalkan dua varian untuk Toyota Soluna yakni GLi serta XLi. Soluna GLi lebih lengkap soal fitur mulai dari Power Window, Electric Mirror hingga Tachometer. Beda halnya dengan XLi yang minim fitur dan berharga lebih terjangkau, sehingga lebih banyak digunakan sebagai armada taksi.

Toyota Soluna taksi umumnya selalu menggunakan tipe XLi

Armada taksi umumnya menggunakan Soluna XLi dikarenakan harganya yang lebih terjangkau daripada GLi

Jika alasan Anda ingin memilih Soluna karena performa irit bahan bakar, harga sangat terjangkau, Handling cukup mumpuni dan mudah untuk dimodifikasi, maka mobil satu ini adalah pilihan tepat. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa melihat review Toyota Soluna 2000 khususnya untuk tipe GLi.

EKSTERIOR Toyota Soluna 2000

Hal yang akan dibahas pertama kali adalah eksterior Toyota Soluna 2000. Dari segi dimensi, ukuran bodinya cukup mirip dengan Toyota Corolla KE30. Adapun desainnya terkesan terlalu klasik, tren 1990-an, tidak bisa dibandingkan dengan mobil keluaran saat ini.

Review Toyota Soluna 2000: Eksterior Depan

Wajah depannya jauh dari kata mewah, terkesan terlalu sederhana buat kami. Hal ini bisa dibuktikan dari absennya aksen krom. Grille dikemas sederhana dengan tiga palang sejajar berlogokan Toyota pada sisi tengahnya. Sementara itu, fiturnya hanya menyediakan lampu utama dengan kombinasi lampu sein. Esensi dari mobil keluaran Jepang, masih sangat terasa kental di titik ini.

Eksterior Depan Toyota Soluna 2000 tidak menghadirkan aksen krom sama sekali

Fascia Soluna lebih mengejar esensi klasik tahun 1990-an

Review Toyota Soluna 2000: Eksterior Samping

Versi Toyota Soluna GLi tentu lebih menggiurkan buat kami. Pasalnya, fitur Electric Mirror sudah dihadirkan sehingga memberi kesan lebih praktis. Adapun tersedia List pada bodi sampingnya serta Velg Alloy yang memperkuat esensi elegannya sebagai mobil sedan. Bagi Anda yang ingin tampil lebih modis, peleknya bisa dimodifikasi sesuai selera dengan biaya tambahan tentunya.

Eksterior Samping Toyota Soluna 2000 dihias menarik dengan pelek Alloy khususnya pada tipe GLi

Bodi sampingnya diberikan List minimalis, memberi sedikit aroma elegan

Review Toyota Soluna 2000: Eksterior Belakang

Tak ada Spoiler dan tak ada juga pernak-pernik mewah pada bodi belakangnya. Semua terkesan sederhana, hanya bermain pada sudut-sudut tajam saja. Esensi menarik justru pada lampu belakangnya saja, menerapkan desain kombinasi antara Stop Lamp serta lampu sein.

Eksterior Belakang Toyota Soluna 2000 tak dilengkapi Spoiler apapun

Bodi belakangnya nyaris tak ada pernak-pernik mewah

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Toyota Soluna 2000

Ada cukup banyak kekurangan pada kabin interior Toyota Soluna 2000. Meski begitu, Soluna GLi masih lebih baik ketimbang varian XLi yang jelas-jelas minim fitur. 

Review Toyota Soluna 2000: Dashboard

Tampilan dashboard Soluna terkesan biasa-biasa saja, menggunakan bahan yang sederhana. Hal menarik yang kami temui justru pada aspek hiburan Blower AC yang berjumlah empat, dua pada sisi tengah dan sisanya berada di setiap ujung dashboard.

Dashboard Toyota Soluna 2000 menghadirkan AC Blower sebanyak 6 unit

Tampilan dashboard-nya masih terkesan sederhana

Review Toyota Soluna 2000: Setir

Model dua palang dipilih menjadi desain kemudi setirnya, ciri khas Toyota pada model lawasnya. Perbedaan utama ketimbang versi XLi adalah terletak pada panel Tachometer-nya. Dalam hal ini, Anda bisa mengetahui informasi seputar RPM yang diraih setiap detiknya. Hal ini yang tidak dimiliki pada Soluna XLi.

Setir Toyota Soluna 2000 sudah menghadirkan Tachometer yang dapat memberikan informasi seputar RPM khususnya pada tipe GLi

Tachometer yang hanya ada pada Toyota Soluna GLi

Review Toyota Soluna 2000: Kursi

Pada sisi kursi, unsur kelegaan gagal diraih pada mobil ini. Meski bisa memuat hingga lima orang, namun kursinya tidak begitu lega dan cenderung sempit khususnya pada ruang kaki. Bahan yang digunakan untuk membalut kursinya juga masih kain saja belum kulit.

Kursi Toyota Soluna 2000 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursinya kurang oke soal kelegaan ruang kaki

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Soluna 2000

Untuk sekelas mobil sedan berharga terjangkau, fitur Toyota Soluna 2000 tergolong sangat lengkap. Namun perlu menjadi catatan, fitur tersebut hanya didapati pada varian GLi saja bukan yang XLi. Saran kami, lebih baik memilih tipe GLi meski harganya sedikit lebih mahal.

Pada Toyota Soluna GLi sudah disediakan fitur Power Window yang mana memiliki fungsi untuk membuka dan menutup setiap kaca secara otomatis. Panel Power Window sudah tersedia di setiap pintunya sehingga bisa digunakan baik oleh pengendara dan penumpang.

Di sisi lain, tersemat pula fitur Switch Electric Mirror. Fungsinya sama-sama praktis yakni mengatur posisi spion secara otomatis dari dalam kabinnya. Beda halnya dengan tipe XLi yang pengaturan spion harus dilakukan secara manual, terkesan merepotkan.

Fitur Toyota Soluna 2000 sudah menghadirkan Tachometer dan Switch Electric Mirror khususnya pada tipe GLi

Inilah fitur Switch Electric Mirror yang kami maksudkan

Fitur menarik lainnya yang hanya dimiliki Toyota Soluna GLi adalah Seat Belt pada jok belakang serta alarm. Mungkin terdengar sepele, tapi fungsinya benar-benar sangat membantu. Hal tersebut tak didapati pada XLi, bahkan fitur Alarm pun harus dibeli secara terpisah dengan model Aftermarket.

>>> Jangan lupa untuk membandingkannya dengan mobil sedan yang tak kalah menarik

OPERASI Toyota Soluna 2000

Sajian utama dari mobil ini adalah soal keiritan bahan bakarnya. Bahkan, pihak armada taksi kala itu memilih Soluna atas dasar alasan tersebut. Dalam hal ini, operasi mesin Toyota Soluna 2000 menerapkan kode 5A-FE, pengembangan performa dari mesin 4A besutan Toyota Great Corolla.

Di atas kertas, mesin berkapasitas 1.500 cc ini mampu menyemburkan daya hingga 100 HP setara 5.000 Rpm, ditambah buaian torsi maksimum mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 Rpm. Memang, jika dibanding dengan kompetitornya, tenaga dari mesin Soluna kalah. Namun menurut kami, mesinnya sudah cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Operasi mesin Toyota Soluna 2000 memiliki kelebihan dalam hal keiritan bahan bakar

Mesinnya terkenal sangat irit bahan bakar untuk sekelas mobil sedan

Banyak penggunanya mengklaim bahwa Toyota Soluna mampu mencatatkan rekor 1:10 dalam kota dan 1:14 untuk perjalanan luar kota. Kami pun optimis menobatkan Toyota Soluna sebagai salah sedan lawas terbaik soal keiritan bahan bakar.

>>> Simak juga ulasan lengkap lainnya dari mobil-mobil Toyota terbaru

spesifikasi Toyota Soluna 2000

Untuk informasi selengkapnya mengenai spesifikasi Toyota Soluna 2000, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI TOYOTA SOLUNA 2000

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.120 mm x 1.646 mm x 1.351 mm

Wheelbase

2.380 mm

MESIN

Tipe Mesin

5A-FE 1.5 Liter DOHC

Kapasitas Silinder

1.500 cc

Daya Maksimum

100 HP / 5.000 Rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

4 Tingkat Percepatan Otomatis (GLi)

5 Tingkat Percepatan Manual (XLi)

HANDLING

Suspensi Depan 

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Independent Suspension

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Injection

kelebihan & kekurangan Toyota Soluna 2000

Setelah banyak membahas tentangnya, tim Cintamobil.com akan merangkum kelebihan dan kekurangan Toyota Soluna 2000.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesinnya sangat irit bahan bakar untuk sekelas sedan

Image-nya sebagai mobil taksi, banyak dipandang sebelah mata oleh banyak orang

Harga bekasnya kini dijual sangat terjangkau

Kabin interior masih dikemas biasa-biasa terlebih soal desain dan fitur hiburan

Sangat mudah dimodifikasi karena barang Aftermarket banyak ditemui di berbagai gerai aksesoris mobil

Varian XLi lebih minim fitur

Sparepart terjangkau dan mudah dicari

Desain eksterior masih lekat akan nuansa 1990-an

daftar harga Toyota Soluna 2000

Tertarik untuk membelinya? Tenang, Cintamobil.com sudah menyediakan banyak sekali dari mereka yang ingin menjual Toyota Soluna, di kolom “Mobil Dijual”. Namun sudah memudahkan terkait kisaran harganya, berikut kami tampilkan daftar harga Toyota Soluna 2000.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA SOLUNA BEKAS

Toyota Soluna 2000

Kisaran Rp. 40 jutaan - Rp. 50 jutaan

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Toyota Soluna yang dijual di Indonesia

Video Toyota Soluna 2000

KESIMPULAN Toyota Soluna 2000

Menurut kami, kesulitan dalam membeli Toyota Soluna adalah tentang cara mengetahui mobil tersebut ex-taksi atau bukan. Pasalnya, kala itu Pemerintah Indonesia belum memiliki regulasi yang tepat mengenai kendaraan taksi. Tak seperti sekarang ini yang mana tercipta regulasi khusus seperti pada kasus Toyota Vios yang dimandat sebagai kendaraan pribadi sedangkan Limo menjadi mobil khusus taksi. Cara paling mudah mencari perbedaan Toyota Soluna bekas taksi atau bukan adalah dengan mengecek BPKB. Anda bisa melihat status awalnya, apakah mobil tersebut digunakan untuk keperluan taksi atau bukan. Selamat ber-Hunting ria sobat Cintamobil.com.

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak ulasan mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil