Cari Inspirasi Modif Pajero Sport? Gak Harus Jadi Mobil Offroad Kok!

04/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Beberapa konsep modif Pajero Sport berikut ini agak sedikit berbeda jika Anda tidak ingin tampilan Mitsubishi Pajero Sport kesayangan dijadikan ala mobil offroad.

Modif Pajero Sport dilakoni para pemilik mobil ini yang ingin tampilan kendarananya jadi berbeda. Meskipun dalam kondisi standar saja, paras dari Pajero Sport sudah dibentuk oleh Mitsubishi dengan pahatan yang sporty dan maskulin, tapi tetap ada yang tidak puas dengan kondisi seperti itu.

Namun jika diperhatikan, umumnya modifikasi mobil Pajero Sport yang terlihat di jalan adalah berkonsep mobil offroad. Ciri khasnya yaitu mobil dibuat sedikit lebih tinggi, serta terpasang ban besar dengan profil tapak yang kasar. Belum lagi ditambah tanduk di bagain depan dan belakang.

Padahal ada lho beberapa konsep modifikasi yang tidak harus bertema offroad. Nah berikut ini Cintamobil.com akan berikan 5 diantaranya konsep modif Pajero Sport yang sedikit berbeda dari kebanyakan. Siapa tau jadi inspirasi Anda untuk modif mobil Pajero Sport kesayangan ya!

>>> Indonesia Jadi Negara yang Paling Banyak Jual Mitsubishi Pajero Sport

1. Modif Pajero Sport Dakar 4x4 Buat Adventure

Roof Tent Mitsubishi Pajero Sport

Pasang roof tent asik buat adventure bareng keluarga

Apabila Anda memiliki Mitsubishi Pajero Sport berpengegrak 4x4 misalnya untuk tipe Dakar 4x4, maka paling asyik memang mobil ini di modif ala kendaraan adventure. Kondisinya mirip seperti modif mobil Pajero untuk offroad, tapi komponen yang dipakai sedikit berbeda.

Pertama-tama perhatikan kaki-kaki mobil, Anda bisa ganti ban standar dengan ban baru yang ukurannya sedikit lebih besar. Dengan cara ini Anda masih bisa pakai velg standar. Kalaupun tetap mau ganti velg maka bisa pilih velg yang ukurannya sedikit lebih besar dari velg standar, misalnya pakai ring 17-18. Dengan cara ini Anda masih bisa pakai suspensi bawaan Mitsubishi.

Langkah ketiga yaitu pasang roofrail berikut awning atau bahkan roof tent. Tenda yang dapat dilipat kemudian di letakkan di bagian atap mobil ini tentu akan berguna ketika Anda sedang berpetualang bersama keluarga ke pegunungan.

>>> 5 Konsep Modifikasi Mobil Ignis yang Keren Buatan Lokal

2. Modifikasi Pajero Sport Exceed Bergaya Rally Look

Mitsubishi Pajero Sport Rally Look

Cukup pakai aksesoris bertema reli

Modif Pajero Sport bisa juga lho dibuat ala mobil balap reli. Karena sejatinya mobil ini punya DNA dari Mitsubishi Pajero yang menguasai ajang balap reli dunia termasuk Paris Dakar. Jadi tidak ada salahnya bukan mengembalikan kondrat mobil ini ke asalnya.

Untuk modif mobil Pajero jadi mobil reli juga tidak perlu banyak yang diganti. Cukup perhatikan kaki kaki dan pasang aksesoris yang tepat. Misalnya mengganti velg standar dengan velg aftermarket yang biasa dipakai mobil-mobil reli, lantas dibalut ban berprofil kasar.

Untuk aksesorisnya, Anda bisa pasang lampu tembak misalnya keluaran Hella atau Cibie, lantas di fender pasang mud guard, dan jangan lupa di bemper belakang juga ditambah third brakelamp. Biar makin kental nuansa relinya, maka boleh tambahkan cutting sticker bertema Rally Art dan memasang antena radio komunikasi (Rakom).

>>> Isuzu MU-X Vs Pajero Sport, Mana Paling Layak Dibeli?

3. Mitsubishi Pajero Sport Modifikasi Velg Besar

Mitsubishi Pajero Sport Velg Besar

Masih bisa pakai velg 20-21 inci

Biar tampil beda dibanding konsep modif Pajero Sport lainnya, Anda bisa juga aplikasikan velg besar di SUV lansiran Mitsubishi ini. Mengingat dengan ruang fender yang sangat lebar, memungkinkan mobil Pajero modifikasi dengan velg ekstra gambot.

Misalnya Anda bisa pasang velg diameter 20 inci - 21 inci di mobil ini. Sementara warna dan modelnya dapat disesuaikan dengan selera, bisa model spoke atau malah ngeblok agar makin mencolok ketika mobil melintas di jalan raya.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengganti velg adalah PCD roda Mitsubishi Pajero Sport. Adapun PCD mobil ini adalah 6x139,7 jadi pastikan memilih velg yang juga punay PCD serupa. Kemudian perhatikan juga ban yang membalut velg tersebut. Makin besar diameter velg maka sebaiknya pakai ban dengan profil lebih tipis supaya tidak mentok di ruang fender atau ketika berbelok.

4. Modif Pajero Sport 2019 Dibuat Ceper

Mitsubishi Pajero Sport Modif Ceper

Siapa bilang Pajero Sport tidak keren dibuat ceper?

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, modifikasi mobil Pajero Sport tidak selalu harus dibuat jangkung dengan ban pacul. Karena mobil ini bisa juga loh tampil ceper dan pakai velg besar serta terpasang tambahan bodykit.

Contohnya dapat dilihat pada gaya modif Pajero Sport 2019 yang ada di artikel ini. Mobil tersebut terlihat sudah dipasang bodykit berupa front bumper lip spoiler, sideskirt, dan juga rear bumper spoiler. Kemudian velg standar diturunkan, gantinya velg ukuran 20 inci dipadu ban 285/50 R20.

Langkah selanjutnya tentu saja mengganti per dan shock bawaan Mitsubishi Pajero Sport. Si pemilik mobil mendpaat racikan yang pas, yaitu memasang per belakang Honda CR-V untuk dipasang jadi per depan, sementara bagian belakang dipilih per dari Pajero Sport generasi pertama yang dikombinasikan shock Hyundai Trajet.

>>> Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013: Setara Harga Low MPV Baru, Jadi Pilihan yang Menggoda

5. Modif Pajero Sport Bertenaga Monster

Modifikasi Pajero Sport Piggyback Unichip

Pasang piggyback tenaga meisn mobil ini jadi melonjak

Kalau Anda seseorang yang lebih tertarik pada kecepatan, maka hobi ini bisa juga disalurkan lewat modif mobil Pajero Sport. Caranya adalah dengan mengutak atik ruang mesin dari SUV bongsor tersebut. Sebab ternyata, Pajero Sport menyimpan tenaga dan torsi berlimpah yang bisa dimunculkan dengan beberapa teknik modifikasi.

Untuk bisa mendongkrak tenaga dan torsi mesin Pajero Sport Anda dapat lakukan remap ECU mobil tersebut. Lantas jangan lupa pasang Piggyback untuk memanipulasi data kebutuhan mesin agar didapat keluaran tenaga yang lebih besar dari standarnya.

Kalau mesin sudah jauh lebih bertenaga, maka sebaiknya upgrade juga bagian pengereman. Karena ini merupakan bagian dari keselamatan Anda juga nantinya. Nah bengkel yang kerap membuat mobil Pajero modifikasi mesin adalah Rev Enginnering yang ada di kawasan Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Gimana, modif Pajero Sport tidak selalu harus tampil sebagai mobil offroad bukan?!

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Mitsubishi Pajero Sport?
Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Pajero Sport tergantung dari komponen modifikasi yang dipasang. Kalau hanya sekedar pasang cutting sticker bertema reli, maka cukup sediakan dana mulai dari Rp 200.000. Tapi kalau mau ganti ban dan velg, bisa sediakan dana muali dari Rp 15 juta.
Apakah kalau pakai ban besar Mitsubishi Pajero Sport masih nyaman?
Jika ban yang dipilih ukurannya tidka terlau besar, maka masih nyaman saja dipakai sehari-hari. Tapi tentu tidak senyaman pakai ban standar.
Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport ganti suspensi tinggi bikin limbung?
Suspensi tinggi tentu dibuat untuk kebutuhan offroad dimana tidak terlalu membutuhkan speed. Jadi kalau suspensi ini ipakai pada kecepatan terlalu tinggi maka tidak direkomendasikan karena berisiko pada keselamatan pengemudi mobil tersebut.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top