5 Konsep Modifikasi Mobil Ignis yang Keren Buatan Lokal

03/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
5 Konsep Modifikasi Mobil Ignis yang Keren Buatan Lokal
Beberapa konsep modifikasi mobil Ignis buatan para modifikator lokal berikut ini terlihat sangat keren dan membuat penampilan Suzuki Ignis benar-benar berubah sehingga tidak kalah dengan desain modifikator luar negeri.

Modifikasi mobil Ignis ternyata bisa dalam beberapa konsep keren lho. Padahal Ignis merupakan sosok mobil berdimensi mungil keluaran Suzuki. Ukuran tubuhnya hanya sedikit lebih besar dibanding Karimun Wagon R, tapi tidak sebesar SX4 atau Neo Baleno. Dan karena kepraktisannya itulah, Suzuki Ignis juga banyak peminatnya.

Sedikit melihat sejarah Ignis di Indonesia, sejak mobil ini pertama kali diperkenalkan pada April 2017 Ignis menjadi tulang punggung penjualan Suzuki Indomobil Sales (SIS). Dan untuk pasar Indonesia,Ignis ditawarkan dengan varian tipe GL dan GX, sementara pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan atau Auto Gear Shift (AGS).

Mungkin Anda juga salah satu pengguna citycar berparas menawan ini. Kalau iya, serta ingin modif mobil Suzuki Ignis supaya tampilan kendaraan Anda jadi terlihat berbeda, nah berikut ini Cintamobil.com akan berikan beberapa inspirasi konsep modifikasi mobil Ignis buatan karya anak bangsa.

>>> Mengintip Penjualan Suzuki Ignis Sepanjang 2020

1. Suzuki Ignis Modif Offroad

Suzuki Ignis S-Urban Concept

Konsep Suzuki Ignis berubah jadi mobil offroad mungil

Siapa bilang mobil kecil tidak bisa dimodifikasi ala mobil offroad. Jika Anda memiliki Suzuki Ignis, bisa juga kok di modifikasi bertema offroad. Contoh modif mobil Ignis offroad ini satu diantaranya bisa dilihat pada sosok Ignis S-Urban Concept yang pernah muncul di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Modifikasi mobil Suzuki Ignis ini cukup ekstrim, karena untuk bemper depan dan belakang sudah diganti dengan bemper custom. Lantas komponen custom lainnya juga terlihat pada gril depan, overfender, air scoop, dan roof rail. Lantas suspensinya juga sudah dibuat lebih tinggi 8 inci. Kemudian satu set velg dan ban spek offroad juga sudah terpasang.

Hal berikutnya yang juga patut diperhatikan adalah modifikasi stiker mobil Ignis S-Urban Concept tersebut. Dominasinya adalah warna oranye tapi ada aksen putih dan striping abu-abu yang terlihat sangat serasi.

>>> 5 Pilihan Mobil Offroad Modifikasi Buat Pemula

2. Mobil Ignis Modifikasi City Slicker

Suzuki Ignis City Slicker

Cocok buat Anda yang senang berpetualang

Konsep modifikasi bertema ALTO (All Terrain Offroad) memang cukup banyak penggemarnya. Kesan gagah akibat bodi mobil yang dibuat lebih tinggi dan pemakaian ban besar menjadi ciri khas konsep modifikasi seperti ini. Tapi beberapa penggemar modif ALTO, juga ingin kendaraannya tetap bisa dipakai harian. Alhasil lahirnya konsep modifikasi yang kerap disebut city slicker.

Jika Anda memiliki Suzuki Ignis,ternyata bisa juga lho dimodif ala City Slicker. Misalnya pada unit hasil kreasi bengkel asal Malang yang pernah mejeng di ajang Indonesia Modification expo (IMX) 2018. Gaya modifikasi mobil Ignis ini sepintas mirip dengan S-Urban Concept, namun garapannya tidak terlalu ekstim.

Mislanya pada bentuk bemper depan dan belakang meskipun sama-sama dibuat ulang dengan cara custom, namun lekukannya masih mirip dengan bemper bawaan milik Suzuki Ignis. Selain itu bagian kap mesin juga sudah ditambah air scoop yang lagi-lagi prosesnya custom. Untuk kaki-kakinya pun tidak dibuat terlalu jangkung, namun sudah terpasang velg 15 inci dengan ban ukuran 27 berprofil radial. Yang unik, pada bagain depan ditambah kabel towing, sementara untuk bemper belakang dipasang juga rak pengangkut sepeda.

>>> Biaya Perawatan Berkala Suzuki Ignis Hanya Rp2 jutaan

3. Modifikasi Suzuki Ignis Bergaya Reli

Suzuki Ignis Rally Concept

Asik buat dibawa reli atau pemakaian harian

Masih dari tema modifikasi mobil Ignis konsep pelibas medan-medan kasar, kali ini kami akan ingatkan kembali kepada Anda mengenai sosok Suzuki Ignis Rally Concept racikan Suzuki Indomobil Sales (SIS). Sesuai namanya, mobil ini dihadirkan bergaya mobil-mobil yang turun di ajang balap reli.

Bemper depan dan belanga tetap berubah tapi desainnya tidak agresif. Tak lupa di bemper depan juga ditambah lampu tembak lansiran Hella. Selain itu suspensi juga sedikit dibuat lebih tinggi demi satu set velg 15 inci dan ban reli ukuran 205/65/R15 masuk di ruang fender. Oh ya tak lupa terpasang juga overfender custom serta mud guard pada keempat rodanya.

Terakhir, permainan modifikasi stiker mobil Ignis di mobil ini juga bisa menginspirasi. Sebab sekujur tubuh menggunakan kombinasi warna biru tua, biru muda dan putih, decal body ini sangat terasa nuansa balapnya.

4. Modif Ignis Keren Tapi Simple

Suzuki Ignis Earth Sumo

Siapa sangka, ini hasil modifikasi asal Cirebon

>>> Review Suzuki Ignis GL MT 2020: Si Gesit Irit

Mobil Ignis modifikasi berikutnya dinamai Ignis Earth Sumo yang merupakan kreasi bengkel Earth Auto Concept, Cirebon. Bodinya sebagian besar masih mempertahankan bentuk original dari city car Urban milik Suzuki itu. Hanya saja ditambahkan bodykit untuk bemper depan, sideskirt, dan bemper belakang.

Meskipun bodykit ini hanya berupa add-on alias tinggal dipasang ke bemper bawaan pabrik, tapi desainnya sangat menarik. Apalagi, dengan teknik seperti ini, mobil masih bisa dibawa untuk beraktifitas sehari-hari. Dijuluki Earth Sumo karena si pembuat bodykit merancang agar setelah terpasang komponen tersebut, mobil jadi terlihat lebih kekar mirip atlet Sumo.

Dan uniknya, desain bodykit juga bisa masuk ke semua konsep modifikasi mobil Ignis. Tinggal disesuaikan saja antara velg yang terpasang dan sistem suspensi. Kalau mau bertema street racing atau elegant, tinggal pasang velg besar dan suspensi di rendahkan. Kalau mau ALTO tinggal buat mobil lebih jangkung dan pakai ban pacul.

5. Modifikasi Ignis Putih Bertema Time Attack

Suzuki Ignis Time Attack

Sesekali bsia untuk dipakai kebut di trek balap

Modif mobil Ignis terakhir yang bisa juga Anda contek adalah hasil racikan Garasi Drift untuk ajang IMX 2020. Mobil Ignis modifikasi ini terlihat cukup simple tapi keren. Menariknya, mobil ini dibangun dengan konsep untuk pemakaian harian dan di akhir pekan menjajal aspal sirkuit.

Adapun yang diubah adalah bemper depan dan belakang, overfender, side skirt, rear diffuser, serta rear wing. Semuanya digarap oleh bengkel modifikasi custom Promobile, yang juga mendesain bodykit untuk Ignis City Slicker.

Selain bodykit, Ignis Time Attack ini pun terpasang velg buatan lokal yang diberi nama DNZ serta ban 205/50 R16. Supaya pengendalian lebih presisi saat menjajal sirkuit, suspensi pun sudah diganti coilover custom buatan lokal.

Itu tadi beberapa konsep modifikasi mobil Ignis yang ternyata hasil racikan modifikator dalam negeri. Gimana, tidak kalah keren bukan dengan modifikator luar?

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Modifikasi velg Suzuki Ignis bisa smapai ring berapa?
Suzuki Ignis bisa saja dipasang velg ukuran 17 inci, tapi pasti ada banyak penyesuaian di ruang fender dan suspensi. Namun kalau masih mau pakai suspensi bawaa, dan tidak ada modifikasi lainnya, cukup pilih velg ukuran 15-16 inci.
Berapa biaya modifikasi cutting sticker Suzuki Ignis?
Biaya pemasangan cutting sticker pada bodi Suzuki Ignis tergantung dari besar dan kombinasi warna serta motif stiker tersebut. Semakin besar ukuran stiker dan makin rumit motif stiker, maka biasanya akan lebih mahal. Namun kalau hanya desain yang simple dan ukurannya tidak terlalu besar, misalnya berupa body striping, maka biaya pembuatan stiker mulai dari Rp 100.000.
Berapa biaya buat bodykit Suzuki Ignis?
Biaya pembuatan bodykit untuk Suzuki Ignis juga ditentukan dari bentuk dan banyaknya komponen yang akan dibuat. Jika hanay berupa lip spoiler tentu biayanya akan lebih murah ketimbang bodykit full bumper. Misalnya untuk satu set lip spoiler bemper depan dan belakang, umumnya dihargai mulai dari Rp 1,5 juta belum termasuk cat sewarna bodi dan pemasangan.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top