Teknik Modif Kijang Super Menolak Tua

19/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modif Kijang Super supaya tampilannya terlihat lebih modern dan tidak kalah dari mobil-mobil saat ini sebenarnya tak sulit. Bahkan dana yang dibutuhkan utuk modifikasi mobil keluarga legendaris ini juga tak harus besar.

Modif Kijang Super dilakukan agar kendaraan keluarga yang sudah berusia puluhan tahun ini tetap masih terlihat segar. Tema modifikasi yang diangkat pun beragam mulai dari modif mobil Kijang Super jadi ceper, mobil Kijang Super modif alto, sampai modifikasi mobil Kijang Super bargaya mobil mewah.

Tentunya semua tema modifikasi ini dikembalikan kepada Anda sebagai pemilik kendaraan tersebut. Namun di artikel Cintamobil.com berikut ini, kami akan membahas beberapa cara modif Kijang Super, agar MPV (Multi Purpose Vehicle) legendaris dari Toyota itu tampak selalu keren dan tidak kalah dengan mobil-mobil modern saat ini.

Karena meskipun sudah hadir sejak 1977 sampai 2004 sebelum kiprahnya digantikan Kijang Innova, Toyota Kijang selalu jadi pilihan kendaraan kelurga di Indonesia. Bahkan sampai saat ini, populasi Toyota Kijang juga masih tetap abadi, bukan hanya di daerah namun juga di kota-kota besar seperti Jakarta masih banyak yang menggunakan mobil tersebut.

Sementara yang dinamakan Kijang Super adalah Toyota Kijang generasi ketiga yang hadir periode 1986 hingga 1996. Sering disebut Kijang KF40 atau Kijang KF50, awalnya mobil ini menggunakan mesin 5K berkapasitas 1.500 cc karburator dengan transmisi 4 percepatan manual dan 5 percepatan manual. Namun mulai tahun 1995, Toyota menawarkan juga varian Kijang Super bermesin 7K 1.800 cc karburator dengan transmisi 5 percepatan manual.

Anda juga jadi satu dari jutaan pemilik mobil Toyota Kijang khususnya varian Kijang Super dan ingin modif Kijang Super supaya menolak punah? Baca artikel mengenai modifikasi Toyota Kijang Super berikut ini sampai habis ya.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

Cara Modif Kijang Super Ceper

Modifikasi Velg Toyota Kijang Super

Untuk ceper harian sisakan setidaknya jarka 3 jari dengan fender

Teknik modifikasi mobil Kijang Super pertama yang banyak dilakukan pemilik mobil ini supaya penampilan kendaraannya lebih keren adalah dengan dibuat ceper. Dan rupanya membuat Kijang Super jadi lebih ceper bukan perkara sulit.

Untuk modif Kijang Super suspensi depan, Anda cukup melakukan penyetelan baut torsi dengan memutar murnya. Supaya bisa menyetel baut torsi ini Anda cukup dongkrak mobil bagian depan. Nantinya dibagian sisi kiri dan kanan dekat sasis, ada batang baut yang dilengkapi dua mur. Inilah yang disebut baut setelan torsi suspensi depan Kijang Super.

Guna mengendurkan atau mengencangkan baut torsi, caranya kendorkan dulu mur pengunci yang letaknya dibagian bawah sampai longgar, baru kemudian bisa melakukan setelah ketinggian suspensi mobil dengan memutar mur yang posisinya ada di paling atas. Putar baut setelan torsi tersebut berlawanan arah jarum jam alias dengan mengendurkan mur untuk membuat suspensi lebih ceper. Sementara langkah sebaliknya akan membuat suspensi depan lebih tinggi dari kondisi semua. Oh ya jangan lupa kalau sudah memutar mur torsi suspensi depan sesuai dengan keinginan, kencangkan lagi mur pengunci setelan baut torsi tersebut.

Sementara untuk membuat ceper suspensi belakang, Anda tinggal press per daun di mobil tersebut. Tetapi perhatikan tingkat keceperan suspensi. Jika mobil masih dipakai harian, maka cukup sisakan jarak ban dengan bibir fender maksimal 3 jari. Hal ini berlaku juga untuk suspensi depan. Dengan kondisi ini mobil tetap terlihat ceper dan masih cukup nyaman.

Tapi kalau mau ceper maksimal sehingga sebagian roda terlihat masuk ke dalam fender, maka untuk suspesi depan kendurkan setelan torsi sampai maksimal, sementara suspensi belakang perlu dilakukan coak sasis belakang. Ini agar jarak main suspensi tetap ada dan mobil tidak jadi terlalu kaku alias keras.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece

Bikin Kijang Super Modif Alto

Modifikasi Toyota Kijang Super Alto Offroad

Ganti suspensi biar lebih tinggi dan pasang ban tipe All Terrain (AT)

Selain bergaya mobil ceper, modif Kijang Super juga bisa dibuat Alto (All Terrain Off Road). Gaya modifikasi mobil Kijang Super ini adalah membuat tampilan kendaraan layaknya mobil-mobil offroad. Antara lain bodi mobil yang dibuat jangkung dan dipasang ban bertapak kasar untuk melibas berbagai medan berlumpur atau berbatu.

Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk modif mobil Kijang Super bergaya offroad adalah mengganti suspensi standar dengan suspensi yang lebih tinggi dan berkarakter lebih keras. Sangat banyak yang menjual paket suspensi untuk merubah Kijang Super jadi Alto di toko-toko online. Atau Anda bisa percayakan ke bengkel modifikasi kaki-kaki untuk proses ini.

Jika suspensi sudah ditinggikan, maka selanjutnya perhatikan jalur kabel dan lubang-lubang di bagian bawah mesin. Setelah suspensi lebih tinggi, maka ada kemungkinan beberapa kabel-kabel juga ikut tertarik ke atas. Apabila ini terjadi maka Anda wajib mengganti kabel tersebut dengan kabel baru yang lebih panjang. Selain itu pastikan kabel-kabel tersebut aman dari kemungkinan terkena air. Anda bisa isolasi dengan kuat dan rapat, serta dirapihkan menggunakan kabel ties.

Selanjutnya perhatikan juga lubang-lubang di sekitar ruang mesin. Ada baiknya Anda membuat penutup dek bawah mesin dari plat besi yang dibentuk secara custom. Perhatikan juga jalur air intake alias saluran udara ke ruang mesin. Pastikan jalur ini dibuat lebih tinggi dengan menambahkan selang dari bahan yang kuat. Menutup celah-celah lubang dan jalur kabel ini agar mobil tetap aman kala diajak bermain lumpur.

Apabila modif Kijang Super di sisi suspensi selesai, maka selanjutnya tinggal pasang velg dan ban yang sesuai dengan kebutuhan offroad. Untuk velg, Anda pilih velg berdiameter 15 inci namun lebar velg sebaiknya lebih dari 6 inci. Ini agar ban offroad yang biasanya punya karakter tapak lebar dan kasar bisa terpasang sempurna di velg tersebut.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

Modifikasi Kijang Super Naik Baut 5

Modifikasi Kijang Super Baut 5

Sering kali pemilik Kijang Super ganti ke PCD 5x112

Masih seputaran modif Kijang Super di bagian kaki-kaki, para pemilik mobil ini juga banyak yang mengganti velg sandar dengan velg aftermarket atau velg dari mobil lain. Uniknya, mereka memilih velg-velg dengan PCD yang berbeda. Istilah ini sering disebut mobil Kijnag Super modif naik baut lima. Karena umumnya Kijang Super itu memakai velg-velg yang berlubang baut 5 buah.

Misalnya PCD original dari Toyota Kijang Super adalah 4x114,3, namun kemudian PCD ini diubah jadi 5x112 atau 5x120. Untuk merubah PCD tersebut ada dua teknik. Pertama dengan memasang adaptor baut velg. Adaptor ini nantinya dipasang di baut velg mobil Kijang Super Anda supaya velg-velg dengan PCD berbeda bisa terpasang di mobil tersebut. Adapun adaptor baut velg yang biasa dijual untuk Toyota Kijang Super adalah adaptor 4x114,3 to 5x112, atau 4x114,3 to 5x120.

Cara modif Kijang Super kedua adalah dengan bubut baut velg di Toyota Kijang Super. Disini yang diubah adalah jumlah baut pada mobil tersebut. Untuk bisa merubah PCD mobil, Anda harus mendatangi bengkel bubut atau spesialis yang bisa ubah PCD mobil.

Modifikasi Kijang Super 1991 Pakai Warna-warna Centil

Modifikasi Toyota Kijang Super Ceper

Ganti warna lebih muda biar tidak terlihat tua

Hal berikutnya yang bisa dilakukan kala modif Kijang Super supaya terlihat lebih segar dari usianya adalah dengan mengganti cat standar mobil tersebut. Misalnya untuk modifikasi Kijang Super 1987 yang cat bawaannya hijau tua, maka Anda bisa pilih warna hijau tua.

Kemudian misalnya saat hendak modifikasi Toyota Kijang Super 1991 warna biru tua, maka bisa diganti catnya dengan warna biru muda. Selama keterangan warna antara di STNK dan BPKB tidak berubah dengan kondisi di mobil, maka proses penggantian warna cat ini tak harus sampai mengurus surat-surat di Polda setempat. Dengan menggunakan warna-warna lebih muda ini, otomatis penampilan mobil juga terlihat jadi ikutan lebih muda dibanding usia asli kendaraan tersebut.

>>> Review Toyota Kijang 1977: Kijang Generasi Pertama Sang Pembesar Toyota Indonesia

Modifikasi Kijang Super Long dengan Interior Mewah

Modifikasi Audio Kijang Super

Ruang belakang bisa diganti tempat menyimpan audio system

Langkah terakhir untuk modif mobil Kijang supaya terlihat makin berkelas adalah dengan merombak interior dari mobil ini. mengingat Toyota membangun Kijang untuk kendaraan keluarga menengah ke bawah, maka ruang kabin mobil tersebut dibuat sangat sederhana. Bahkan sampai mekanisme bukaan jendelanya pun masih manual belum elektrik seperti mobil LCGC saat ini.

Jadi kalau ingin modif mobil Kijang, maka langkah yang cukup penting diperhatikan adalah sektor interior. Caranya Anda bisa melapis ulang seluruh jok dan doortrim dengan material pelapis baru. Anda bisa pilih material dari kulit sintetis yang warnanya cukup cerah. Misalnya cokelat, beige, atau putih. Atau bisa juga sesuaikan dengan warna eksterior, mislanya jika eksterior hijau maka tema ruang kabin bisa pilih hijau muda.

Dan kalau jok mau dibuat lebih mewah serta nyaman, bisa juga dengan pakai pola jahitan model sofa baik untuk jok depan maupun penumpang belakang. Sementara untuk jok penumpang paling belakang, bisa Anda copot atau lipat. Kemudian gantinya di kompartemen tersebut Anda isi dengan seperangkat sistem audio penunjang hiburan di dalam mobil.

Itu tadi beberapa cara modif Kijang Super supaya menolak tua. Kalau penampilan eksterior dan interior mobil sudah semakin kece, maka percayalah Toyota Kijang Super tak kalah keren dengan mobil-mobil modern saat ini.

>>> Silahkan klik tips dan trik untuk informasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Biaya modifikasi Toyota Kijang Super?
Modifikasi untuk Toyota Kijang Super sebenarnya tidaklah terlalu mahal. Untuk modifikasi supaya lebih ceper misalnya, memutar batang torsi suspensi depan bisa dilakukan sendiri, sementara untuk pres per belakang harganya dikisaran Rp 300.000 - Rp 500.000. Namun besarnnya biaya modif juga ditentukan dari berapa banyak item di mobil tersebut yang dimodifikasi.
Dimana bikin Toyota Kijang Super jadi ceper?
Sebenarnya hampir semua bengkel supesnis atau kaki-kaki mobil bsia mengerjakan modifikasi supensi Kijang Super agar lebih ceper. Karena sistem suspensi di mobil ini masih sangat sederhana.
Bisakah modifikasi mesin Toyota Kijang Super?
Modifikasi Kijang Super di bagain mesin juga snagat mungkin dilakukan. Umumnya agar membuat mobil ini makin bertenaga, dilakukan penggantian karburator, memperbaiki sistem pengapian serta jalur masuk dan keluar udara. Karena mesin 5K atau 7K dari Toyota terkenal cukup bandel dan mudah untuk dimodifikasi.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top