Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Membersihkan Karat pada Mobil

13/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Membersihkan Karat pada Mobil
Bumbu dapur rupanya tak hanya digunakan untuk memasak. Membersihkan karat pada mobil pun bisa. Ini bumbu dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat .

Karat mungkin saja muncul pada mobil. Apalagi komponen pada mobil sebagian besar terbuat dari besi sehingga potensi karat muncul selalu ada. Kalau tak segera ditangani bisa-bisa komponen mobil keropos. 

Sebenarnya karat mobil bisa dihilangkan. Bahkan menghilangkan karat pada mobil juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Melansir laman Hyundai Indonesia, Rabu (13/1/2021) untuk menghilangkan karat mobil Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur. Bumbu dapur tersebut antara lain cuka, lemon, dan juga baking soda. 

karat pada mobil

Karat yang tak segera dihasilkan bisa membuat mobil keropos

>>> Kondisi Penuh Karat, Chevrolet Camaro SS Ini Dijual Rp 83 Jutaan

1. Cuka

Cuka ampuh untuk mengusir karat karena memiliki kadar asam nitrat atau asam asetat dalam kandungannya. Untuk mengandalkannya, Anda bisa copot komponen yang berkarat dan merendamnya dalam larutan cuka selama 1-2 hari. Jika komponen tersebut sulit atau tidak bisa dilepas, Anda bisa menuangkan cuka ke bagian yang berkarat dan menggunakan sikat untuk membersihkan karatnya.

2. Lemon 

Sama halnya dengan cuka, lemon juga memiliki kadar asam nitrat yang bisa bermanfaat menghilangkan karat pada mobil. Bila Anda ingin menggunakan lemon untuk membersihkan karat maka caranya adalah dengan melepas komponen yang terkena karat dan direndam di larutan lemon.

lemon untuk karat

Kandungan lemon bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karat

>>> Tips Memilih Cat Anti Karat Mobil

karat mobil

Manfaatkan juga pelapis anti karat

3. Baking Soda

Baking soda rupanya tak sekadar digunakan sebagai bahan untuk memasak. Menghilangkan karat mobil pun juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan baking soda. Caranya, rendam sikat atau lap yang akan digunakan di larutan baking soda. Setelah itu, sikat atau lap tersebut dipakai untuk menggosok bagian yang berkarat.

Anda bisa mengulangi prosesnya hingga karat benar-benar menghilang dengan sempurna. 

Perlu diketahui juga bahwa karat pada mobil sebenarnya bisa dicegah dengan cara sederhana. Misalnya dengan mencuci mobil secara rutin. Kalau Anda merasa malas mengerjakannya sendiri, maka bisa membawanya pergi ke tempat pencucian mobil. Kotoran yang menempel terlalu lama pada mobil ini dikhawatirkan bisa menimbulkan karat. 

Anda juga bisa memanfaatkan cover mobil terlebih bila kendaraan di parkir di tempat terbuka dan mendapat paparan langsung sinar matahari. Kemudian cara untuk mencegah karat timbul lainnya adalah dengan menggunakan pelapis anti karat. 

Anda bisa melakukan pelapisan ulang setiap satu tahun sekali guna mengantisipasi karat muncul kembali. 

>>> Ini Penyebab Mobil Berkarat Setelah Terkena Hujan

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top