Tips Memilih Cat Anti Karat Mobil

23/11/2020

Perawatan dan service

3 menit

Cat anti karat jadi salah satu solusi mencegah karat di bagian mobil yang bermaterial logam. Dan berikut ini beberapa tips memilih cat anti karat mobil.

Sebagai pembukaan perlu digaris bawahi bahwa karat adalah musuh besar buat para pemilik kendaraan bermotor seperti mobil. Selain membuat penampilan tidak menarik karat dapat menyebabkan bagian mobil menjadi rapuh dan rusak. Karat juga menurunkan harga jual kendaraan, serta yang terburuk bisa memicu kecelakaan.

Penyebab karat mobil

Ada banyak hal menyebabkan mobil berkarat, diantaranya sebagai berikut:

  1. Goresan, lecet, atau ‘luka’ pada bodi mobil. Tiga hal itu membuat material tidak terlindungi. Karena terpapar oleh kotoran dan debu yang tidak dibersihkan, muncullah karat. Lambat-laun makin merembet dan meluas.
  2. Tergenang banjir atau rob. Khususnya di dataran rendah banjir dan air laut meluap (rob) perlu diwaspadai karena mobil akan sering terpapar air kotor berkadar garam tinggi tersebut.
  3. Kotoran. Kotoran yang dibiarkan menempel lama dan tak dibersihkan juga mempercepat munculnya karat.

Semua bagian mobil yang bermaterial logam berpotensi karatan dengan penyebab seperti di atas. Namun bagian kolong dan lantai adalah yang paling rentan karena paling sering terpapar. Meski demikian bukan berarti tidak bisa diantisipasi dan diatasi. Karat biasa diantisipasi sebelum timbul, juga bisa diatasi saat sudah muncul. Salah satunya menggunakan cat anti karat mobil.

>>> 3 Langkah Mudah Mencegah Timbulnya Karat pada Bodi Mobil

Foto kendaraan melewati genangan rob di jalan raya pantura Jawa

Sering terpapar genangan air laut dan rob mempercepat munculnya karat

Cat Anti Karat Mobil

Piranti yang satu ini memang familiar untuk melindungi mobil dari karat. Dia mampu mencegah pengeroposan panel kendaraan yang disebabkan karat. Tidak hanya pada bagian kolong, tapi juga digunakan pada banyak bagian mobil lainnya. Contohnya pada ruang mesin, kap mobil, dan pintu.

Pakar otomotif menyarankan penggunaan cat anti karat mobil ini kepada seluruh pemilik kendaraan minimal setiap setahun sekali. Hal ini karena lapisan cat akan lepas atau hilang setelah lama.

Tips Memilih Cat Anti Karat untuk Mobil

Dalam memilih cat anti karat untuk mobil, sebaiknya berhati-hati. Banyak produk ditawarkan di pasaran dengan harga murah. Namun kualitasnya belum tentu terjamin. Supaya tidak merugi, pertimbangkan beberapa hal berikut dalam memilih cat yang tepat.

  • Pilih bengkel dengan sertifikasi resmi

Sebenarnya bisa mengaplikasikan sendiri cat anti karat maupun cat semprot anti karat mobil. Tapi hal itu sangat jarang dilakukan dengan alasan keterbatasan. So, pengerjaan pun dilakukan di bengkel. Pastikan bahwa bengkel memiliki sertifikasi dengan standar nasional atau bahkan internasional. Hal ini menunjukkan kualitas bengkel sehingga menambah kepercayaan pelanggan. Anda bisa meminta rekomendasi bengkel yang baik dari orang-orang terdekat Anda atau mencari referensi di internet.

Foto menunjukkan mobil berkarat

Karat bikin penampilang menjadi buruk

  • Pastikan teknisi yang sudah terjamin kualitasnya

Dengan mempercayakan pengecatan anti karat kepada bengkel bersertifikat, cukup bisa diyakini bahwa teknisi benar-benar pilihan. Jika terpaksa memilih bengkel lain pastikan bengkel benar-benar spesialis dan teknisi punya jam kerja panjang.

  • Perhatikan bahan-bahan

Cek bahan baku yang digunakan saat teknisi melakukan pelapisan cat anti karat. Komponen yang digunakan haruslah mampu menangkal korosi. Kualitas bahan yang digunakan juga harus baik. Jika produk yang digunakan berkualitas rendah, lapisan tidak akan bertahan lama dan malah memicu karat.

  • Perhatikan peralatan yang digunakan

Periksa juga peralatan yang digunakan di bengkel. Ada banyak bengkel yang menawarkan harga murah tapi tidak menggunakan peralatan yang berkualitas. Jika peralatan yang digunakan kurang baik dan mobil malah rusak, hal ini justru akan memicu karat.

  • Pertimbangkan harga

Memang benar bahwa kualitas servis cenderung berbanding lurus dengan harganya. Jika memiliki kemampuan lebih, pilihlah bengkel dengan layanan yang berkualitas. Hasil yang bermutu berarti Anda tidak perlu sering-sering melakukan perawatan sehingga dapat menghemat biaya di jangka panjang.

Namun, bukan berarti Anda sebaiknya mengeluarkan biaya yang melebihi kemampuan Anda untuk melakukan servis anti karat. Carilah layanan dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terbaik dan paling sesuai untuk jangkauan harga tersebut.

  • Mencegah munculnya karat

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ini pun bisa diterapkan pada perawatan bodi mobil, lebih baik mencegah agar karat tidak muncul daripada menunggu sampai mobil benar-benar berkarat. Caranya cukup sederhana dan mudah, yaitu menjaga kebersihan.

>>> Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

Foto sedang mencuci mobil

Bagian kolong juga perlu dibersihkan

Bersihkan mobil secara berkala

Pastikan mobil dibersihkan secara teratur rutin. Cukup dengan mencuci seminggu sekali bila kondisi normal, atau langsung dicuci setelah kehujanan, melewati jalan berlumpur, melewati jalanan tanah, melewati genangan air banjir dan rob.

  • Gunakan cuka

Bukan hanya cat anti karat mobil, salah satu bahan untuk membersihkan karat adalah menggunakan cuka. Campurkan cuka dengan air. Gunakan sikat dan lap untuk menggosok karat dari bodi mobil dengan cairan cuka tersebut. Selain cuka, Anda juga dapat menggunakan campuran air dan baking soda.

Cuka memiliki kemampuan membersihkan karat karena mengandung asam. Anda juga bisa membongkar kolong mobil dan merendam bagian yang berkarat dengan air cuka. Diamkan selama 1 sampai 2 hari dan karat akan hilang.

  • Gunakan jeruk nipis atau lemon

Di samping cuka dan baking soda, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan karat. Pertama, bongkar bagian yang berkarat. Lalu taburkan garam di atas karat. Kemudian, rendam bagian tersebut dalam cairan jeruk nipis atau lemon. Gosok bagian yang berkarat hingga karatnya hilang.

  • Cuci steam dan spakbor

Anda sebaiknya juga mencuci bagian steam dan spakbor mobil sampai bersih. Hal ini supaya air hujan dan kotoran lainnya tidak menempel. Sebab, bagian-bagian ini mudah berkarat. Setelah dicuci sampai bersih, semprot bagian tersebut supaya karat tidak mudah muncul kembali.

  • Gunakan cairan khusus

Anda bisa mengaplikasikan cairan khusus anti karat yang didapat di toko aksesoris / perawatan mobil. Aplikasikan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan.

>>> Kondisi Penuh Karat, Chevrolet Camaro SS Ini Dijual Rp 83 Jutaan

Foto menunjukkan melindungi mobil dengan Shima Antirush

Gunakan cairan anti karat

>>> Temukan Tips perawatan mobil yang lain di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top