Mau Beli Spare Part Mobil Bekas? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

15/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Mau Beli Spare Part Mobil Bekas? Ini yang Perlu Dipertimbangkan
Jika sedang mempertimbangkan membeli spare part mobil bekas di penjual spare part copotan atau kampakan, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan berikut ini.

Memiliki mobil pasti harus sanggup merawatnya. Merawat bukan cuma rutin mencuci dan membersihkan, namun juga melakukan servis berkala. Selain itu, ketika ada komponen suku cadang yang wajib diganti, maka segeralah beli yang baru.

Tapi terkadang masalah muncul untuk menemukan spare part mobil yang original cukup sulit. Misalnya apabila Anda tinggal di pedalaman yang jauh dari pusat kota, atau mobil Anda ternyata mobil yang diimpor utuh dari negara asalnya. Sehingga suku cadang yang diproduksi oleh Agen Pemegang Merk (APM) memiliki perbedaan dengan suku cadang di mobil Anda.

Kalau kondisinya seperti ini apa solusinya? Dari pada beli spare part palsu, lebih baik mencari spare part mobil bekas tapi tetap yang original. Apalagi ternyata banyak penjual sparepart mobil bekas di sejumlah kota di Indonesia. Menariknya, tempat jual beli spare part mobil bekas ini ada di kota-kota pinggiran bukan di pusat kota. Sehingga kondisi tersebut bisa memfasilitasi para pemilik mobil yang butuh akan suku cadang-suku cadang ini.

>>> Penjualan Mobil Bekas Diprediksi Meningkat di Tahun 2021

Untung Rugi Beli Sparepart Mobil Bekas

Toko Mesin Mobil Copotan

Banyak komponen yang ditawarkan dan harganya relatif lebih murah daripada membeli yang baru

Selain harganya yang lebih murah daripada spare part mobil yang dalam kondisi baru, ternyata ada beberapa kelebihan lain saat memutuskan membeli spare part bekas mobil tertentu untuk dipasang di mobil Anda. Selain itu tentu ada pula beberapa kekurangan jika memutuskan beli komponen bekas atau second.

1. Banyak yang Asli

Membeli spare part mobil bekas kebanyakan merupakan hasil copotan mobil lain yang sudah tidak terpakai. Entah karena rusak dan ditinggal pemiliknya, atau mobil-mobil bekas terlibat kecelakaan parah yang tak di perbaiki oleh keluarga korban. Karenanya spare aprt bekas ini sering juga dikenal dengan istilah spare part copotan atau kampakan.

Dengan kondisi yang demikian, sering kali spare part yang kemudian di preteli alias di kampakan itu adalah spare part yang sebenarnya original. Sehingga Anda bisa menyesuaikan kode spare part yang dicari dengan yang dijual.

2. Pilihannya Beragam

Jika Anda datang ke pusat penjualan sparepart mobil bekas terdekat, maka Anda akan menemukan banyak sekali suku cadang yang ditawarkan oleh si penjual. Disini Anda bisa memilih mana yang kondisinya masih berkualitas.

Bahkan karena terlalu banyaknya konponen yang disediakan, Anda juga bisa membeli beberapa komponen sekaligus. Misalnya saat hendak mencari komponen suspensi, namun disaat yang sama Anda menemukan spare part lain seperti lampu-lampu yang masih dalam kondisi sangat baik, maka Anda bisa sekalian memborongnya.

>>> Begini Triknya Jika Harus Beli Sparepart Bekas atau Copotan

3. Tidak Ada Garansi

Selain kelebihan, tentu ada kekurangan membeli sparepart mobil bekas. Karena kondisinya bekas, pihak penjual tak akan memberikan jaminan daya tahan komponen tersebut. Apabila suku cadang itu masih dalam kondisi baik, maka usia pakainya bisa bertahan lama. Tapi sebaliknya, kalau ternyata sudah banyak yang rusak, bukan tidak mungkin komponen itu akan jadi sampah di rumah Anda.

Karena itulah teliti sebelum membeli barang-barang bekas seperti ini. Jika memang Anda merasa tidak paham dengan suku cadang yang masih berkualitas, Anda bisa mengajak anggota keluarga atau teman yang mengerti tentang hal ini.

4. Tidak Ada Standar Harga

Ini juga jadi kekurangan saat membeli sparepart bekas mobil yang dikampakan. Karena bisa saja satu penjual menawarkan harga murah tapi penjual yang lain mematok sedikit lebih tinggi. Mereka pasti beralasan harga mahal bakal sebanding dengan kualitas dari barang yang mereka jual.

Supaya bisa mendapatkan komponen bekas yang masih cukup berkualitas, selain teliti sebelum membeli, pandai-pandailah menawar harga kepada pihak penjual. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga spare part yang masih cukup terjangkau tapi kualitasnya layak untuk dipakai beberapa tahun ke depan.

>>> Waspada Aksi Bengkel Nakal, Ini Trik Tidak Tertipu Beli Sparepart Mobil

Cara Mendapatkan Spare Part Mobil Bekas

Tempat jual Spare Part Mobil Bekas

Selain toko offline, Anda bisa juga dapatkan spare part bekas dari market place

Ada beberapa cara untuk mendapatkan spare part mobil dalam kondisi bekas pakai. Pertama tentunya Anda bisa menyambangi tempat jual beli spare part mobil bekas. Atau bisa pula mencarinya melalui media online seperti beberapa situs e-commerce yang menjual spare part bekas. Namun sebaiknya perhatikan beberapa hal ini saat hendak membeli spare part bekas:

1. Pastikan penjualnya sudah terpecaya

Anda bisa mencari referensi apakah penjual spare part bekas tersebut sudah cukup dipercaya konsumennya. Jika penjual itu menawarkan barangnya melalui media online, cek komentar-komentar para konsumennya.

2. Jangan tergiur harga murah

Sparepart mobil bekas memang lebih murah daripada yang baru, tapi kalau harganya terlampau murah juga wajib waspada. Karena bisa saja itu merupakan modus penipuan si penjual.

3. Pastikan cek barang sebelum membeli

Jika datang ke pusat penjualan spare part bekas pastikan untuk teliti dengan benar sebelum mebeli. Jika perlu minta penjual untuk mengetes kerja dari suku cadang tersebut sebelum membelinya. Dan apabila Anda membeli melalui online, pastikan penjual mengirim foto detil dari barang yang dijual, kalau perlu minta mereka untuk melakukan video call sembari menunjukkan barang yang dijualnya.

>>> Banyak Penjual Suku Cadang Mobil Online, Simak Tips Berburu Spare Part Murah di Sini

4. Jangan transfer uang sebelum memastikan membelinya

Kalau belum yakin jangan pernah sekalipun membayar atau mentransfer sejumlah uang sebagai tanda jadi kepada penjual. Pastikan dulu produk tersebut sesuai ekspektasi Anda baru lakukan pembayaran. Untuk pembelian secara online, ada baiknya Anda menggunakan jasa e-commerce (market place) atau layanan Rekening Bersama (Rekber). Karena dengan cara ini Anda lebih aman bertransaksi daripada harus transfer langsung ke penjual.

5. Catat data lengkap penjual

Terakhir sebelum bertransaksi, catat dengan detil dan jelas data diri si penjual. Siapa nama lengkapnya, dimana ia tinggal, nomor telepon yang bisa dihubungi, kartu identitas dan jalinan pertemanannya di media sosial. Pastikan namanya sama dengan nama rekening bank atau anak akun media sosialnya. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi penipuan maka Anda akan mudah melakukan pengusutan kepada pihak berwajib.

Tempat Jual Beli Spare Part Bekas :

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, berikut beberapa tempat yang menjual spare part mobil bekas:

  1. Asem Reges, Jl. Taman Sari Raya No.40, Taman Sari, Jakarta Barat
  2. Pusat Onderdil Pasar Cipete, Cipete Utara, Jakarat Selatan
  3. MGK Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat
  4. Pasar Mobil Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat
  5. Pusat Sparepart Copotan Parung, Jl. Raya Gunung Sindur, Parung, bogor, Jawa Barat

Itu tadi beberapa hal jika ingin mencari spare part mobil bekas. Selama berburu ya!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan pengalaman merawat mobil yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu spare part mobil?
Spare part atau suku cadang merupakan komponen pada mobil yang harus dicadangkan atau diganti jika memang sudah rusak.
Apakah spare part mobil Honda mahal?
Sebenarnya harga spare part semua merk mobil relatif, ada yang terjangkau dan ada yang cukup mahal. Umumnya spare part yang mahal adalah spare part bersifat slow moving.
Apakah spare part mobil bekas?
Spare part bekas merupakan spare part yang diambil dari bekas mobil lain yang sudah tidak lagi digunakan.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top