Waspada Aksi Bengkel Nakal, Ini Trik Tidak Tertipu Beli Sparepart Mobil

Share this post:
Waspada Aksi Bengkel Nakal, Ini Trik Tidak Tertipu Beli Sparepart Mobil
Hati-hati tertipu beli sparepart mobil yang ditawarkan oleh pihak bengkel umum. Karena bisa saja itu suku cadang palsu. Atau malah sebenarnya Anda tidak perlu mengganti onderdil untuk memperbaiki kerusakaan kendaraan Anda.

Selain servis di bengkel resmi, beberapa pengguna mobil juga kerap kali melakukan servis di bengkel umum. Tentu saja, ada beberapa risiko saat memilih bengkel umum untuk perawatan kendaraan Anda. Satu diantaranya jika menjumpai bengkel nakal.

>>> Tips Mengenali Ciri Mekanik Bengkel yang Curang

Ada beberapa bengkel nakal yang menjalan aksinya dengan "membohongi" konsumen. Ketika ada keluhan terhadap kendaraannya, konsumen langsung dirujuk untuk membeli sparepart baru. Bahkan terkadang suku cadang yang dibutuhkan wajib dibeli di bengkel tersebut, yang tak jarang harganya lebih mahal dibanding beli di toko onderdil.

Nah berikut ini ada beberapa trik untuk menghindari tertipu beli sparepart mobil yang dilakukan oleh pihak bengkel nakal.

1. Cek Dahulu Kondisi Sparepart Mobil Anda

onderdil mobil

Pastikan suku cadang yang harus diganti sudah benar-benar rusak

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Jika pihak montir atau bengkel menyarankan untuk mengganti sebuah suku cadang di mobil Anda, pastikan cek dulu kondisinya. Perhatikan benar, apakah ada bagian yang memang rusak, berkarat, robek atau terbakar misalnya. Ini untuk meyakinkan Anda jika onderdil tersebut memang sudah selayaknya diganti.

2. Perhatikan Spesifikasinya

sparepart Toyota

Pastikan suku cadang yang akan diganti spesifikasinya sama

Guna menghindari tertipu beli sparepart mobil yang ditawarkan pihak bengkel, sebaiknya cek juga spesifikasi dari produk tersebut. Samakan antara spesifikasi pada suku cadang yang rusak dengan suku cadang baru yang ditawarkan pihak bengkel. Pastikan keduanya memiliki spesifikasi sama agar tidak muncul masalah dikemudian hari.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

3. Jika Ditawarkan Suku Cadang Beda Merek

kampas rem Bosch

Bengkel umum biasanya menawarkan suku cadang aftermarket

Risiko lain saat melakukan perbaikan di bengkel umum adalah sering kali pemilik mobil ditawari suku cadang aftermarket. Sparepart mobil ini memang bukan yang original tapi bukan berarti tidak cocok untuk mobil Anda. Pastikan suku cadang aftermarket ini memiliki spesifikasi dan bentuk yang sama persis dengan suku cadang original.

4. Tanyakan Garansinya

cap garansi

Bengkel yang baik akan memberikan garansi

Terakhir untuk menghindari tertipu beli sparepart mobil, sebaiknya tanyakan tentang garansi yang ditawarkan oleh pihak bengkel. Bengkel yang terpercaya seharusnya bisa memberikan garansi atas setiap pekerjaan yang telah mereka lakukan, termasuk dengan suku cadang yang dipasang.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Hemat Pengeluaran dengan Tips Membeli Spare Part Mobil Berikut Ini

07/05/2018

Jual beli

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana tips membeli spare part mobil yang benar, Anda bisa kehilangan banyak uang dan pengeluaran yang berlebihan, atau membeli barang yang salah. Perhatikan bagaimana pembelian spare part bisa mebuat Anda menghemat ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Lihat juga

Banyak Penjual Suku Cadang Mobil Online, Simak Tips Berburu Spare Part Murah di Sini

09/10/2019

Jual beli

5 menit

Sedang mencari suku cadang mobil kesayangan dengan metode online shopping, apa saja hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan harga termurah? Simak ringkasannya pada artikel ini.

Lihat juga

Cara Mengetahui Mekanik Bengkel yang Jago Servis Mobil

26/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Menemukan mekanik bengkel yang jago ibarat menemukan pasangan sejati untuk mobil Anda. Karena melalui mekanik inilah, setiap masalah pada kendaraan Anda bisa diatasi.

Lihat juga

Review dan Test Drive Mazda 3 Sedan 2019: Desain KODO yang Fun to Drive

20/11/2019

Editor rate:

Setelah memamerkan model terbarunya pada Los Angeles Auto Show 2018 lalu, Mazda 3 Sedan 2019 generasi keempat akhirnya diimpor ke Indonesia dan memberikan peningkatan pada generasi ketiga yang sudah lebih dulu dijual di Tanah Air.

Lihat juga

Harga Mercedes-Benz C-Class Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrikan mobil dengan penjualan terbaik di dunia. Setiap mobil yang di jual selalu menjadi bahan pembicaraan khalayak luas. Bagi mereka yang menyukai mobil sedan mewah, biasanya melihat kualitas dan benefit yang diperoleh dalam suatu mobil. Mercedes-Benz bisa menjadi pilihan, pasalnya mobil sedan keluaran Mercy selalu menggoda. Kira-kira berapa harga Mercedes-Benz C-Class bulan ini?

Lihat juga