Waspada Aksi Bengkel Nakal, Ini Trik Tidak Tertipu Beli Sparepart Mobil

11/11/2019
Hati-hati tertipu beli sparepart mobil yang ditawarkan oleh pihak bengkel umum. Karena bisa saja itu suku cadang palsu. Atau malah sebenarnya Anda tidak perlu mengganti onderdil untuk memperbaiki kerusakaan kendaraan Anda.

Selain servis di bengkel resmi, beberapa pengguna mobil juga kerap kali melakukan servis di bengkel umum. Tentu saja, ada beberapa risiko saat memilih bengkel umum untuk perawatan kendaraan Anda. Satu diantaranya jika menjumpai bengkel nakal.

>>> Tips Mengenali Ciri Mekanik Bengkel yang Curang

Ada beberapa bengkel nakal yang menjalan aksinya dengan "membohongi" konsumen. Ketika ada keluhan terhadap kendaraannya, konsumen langsung dirujuk untuk membeli sparepart baru. Bahkan terkadang suku cadang yang dibutuhkan wajib dibeli di bengkel tersebut, yang tak jarang harganya lebih mahal dibanding beli di toko onderdil.

Nah berikut ini ada beberapa trik untuk menghindari tertipu beli sparepart mobil yang dilakukan oleh pihak bengkel nakal.

1. Cek Dahulu Kondisi Sparepart Mobil Anda

onderdil mobil

Pastikan suku cadang yang harus diganti sudah benar-benar rusak

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Jika pihak montir atau bengkel menyarankan untuk mengganti sebuah suku cadang di mobil Anda, pastikan cek dulu kondisinya. Perhatikan benar, apakah ada bagian yang memang rusak, berkarat, robek atau terbakar misalnya. Ini untuk meyakinkan Anda jika onderdil tersebut memang sudah selayaknya diganti.

2. Perhatikan Spesifikasinya

sparepart Toyota

Pastikan suku cadang yang akan diganti spesifikasinya sama

Guna menghindari tertipu beli sparepart mobil yang ditawarkan pihak bengkel, sebaiknya cek juga spesifikasi dari produk tersebut. Samakan antara spesifikasi pada suku cadang yang rusak dengan suku cadang baru yang ditawarkan pihak bengkel. Pastikan keduanya memiliki spesifikasi sama agar tidak muncul masalah dikemudian hari.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

3. Jika Ditawarkan Suku Cadang Beda Merek

kampas rem Bosch

Bengkel umum biasanya menawarkan suku cadang aftermarket

Risiko lain saat melakukan perbaikan di bengkel umum adalah sering kali pemilik mobil ditawari suku cadang aftermarket. Sparepart mobil ini memang bukan yang original tapi bukan berarti tidak cocok untuk mobil Anda. Pastikan suku cadang aftermarket ini memiliki spesifikasi dan bentuk yang sama persis dengan suku cadang original.

4. Tanyakan Garansinya

cap garansi

Bengkel yang baik akan memberikan garansi

Terakhir untuk menghindari tertipu beli sparepart mobil, sebaiknya tanyakan tentang garansi yang ditawarkan oleh pihak bengkel. Bengkel yang terpercaya seharusnya bisa memberikan garansi atas setiap pekerjaan yang telah mereka lakukan, termasuk dengan suku cadang yang dipasang.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
7

berita lain