Kenali 4 Tanda Umum Aki Mobil Soak

21/08/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Aki mobil soak bisa dikenali dari sejumlah hal. Berikut ini sederet tanda yang dapat dijadikan acuan sebelum memastikan bahwa aki mobil benar-benar sudah soak.

Pernahkah Anda terlambat pergi ke suatu tempat gara-gara mobil sulit distarter atau justru tak bisa menyala sama sekali? Bisa jadi penyebab utamanya adalah aki mobil soak. Aki punya peranan vital dalam pengoperasian mobil. Maka dari itu perlu perhatian ekstra agar fungsinya bisa tetap terjaga. 

Saat terisi penuh daya aki biasanya punya tegangan 12,6 Volt. Ketika tegangan turun ke 12,2 Volt maka hanya terisi 50%. Kemudian bila tegangan di bawah 12 Volt biasanya aki sudah mati dan perlu diganti. Saat tegangan di bawah 12,2 Volt aki di anggap lemah dan segera diisi ulang. 

Selain mengacu pada tegangannya, lemahnya aki mobil ini bisa dikenali dari beberapa tanda. Berikut ini sederet tanda aki mobil soak dikutip dari Car From Japan. 

Ilustrasi aki mobil rekondisi

Cek kondisi aki secara berskala

>>> Catat! Ini Dia Penyebab Aki Mobil Tekor dan Solusi Mengatasinya

1. Susah Distarter

tombol start stop engine mobil

Mobil sulit distarter jadi tanda aki mulai soak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, sulit menstarter mobil menjadi satu tanda bahwa aki sudah waktunya di ganti. Mesin akan menarik arus listrik dari aki setiap mobil distarter. Bila aki dalam kondisi sempurna, Anda tak akan mengalami masalah saat menghidupkan mobil. Hanya memutar kunci atau menekan tombol start/stop engin, mobil langsung bisa menyala dan dioperasikan. 

Sulitnya menghidupkan mobil ini menjadi satu tanda paling umum bahwa aki mobil soak. Kecuali Anda memang lagi berada di tempat yang mengalami musim dingin. Kesulitan starter mungkin akan dialami beberapa kali. Aki yang mengandung asam timbal dan baterai lithium ion sangat rentan akan cuaca dingin sangat ekstrem. 

Pemeriksaan daya aki menggunakan amperemeter

Aki yang lemah dapat mempengaruhi kinerja mobil

2. Terdengar Suara Berbeda saat Menyalakan Mesin

Tanda lainnya aki mobil mulai soak adalah terdengar suara 'klik' dengan cepat. Biasanya saat menyalakan mobil, akan terdengar suara mesin sebelum akhirnya menyala. Nah bila aki mobil mulai lemah suara 'klik' berkali-kali itulah yang bakal muncul dan mobil sama sekali tak bisa dinyalakan. 

>>> Baterai Kendaraan Listrik Tak Bisa Digunakan di Model Mobil yang Berbeda

3. Malfungsi Komponen Kelistrikan

Malfungsi komponen kelistrikan juga menjadi suatu tanda bahwa aki mobil mulai soak. Ketika Anda menyadari ada banyak keelektronikan mobil ataupun fitur yang tak bekerja maksimal sudah tentu itu menjadi tanda aki perlu diganti. 

lampu mobil mati

Malfungsi kelistrikan juga bisa menjadi tanda aki mobil sudah soak

Misalnya saat lampu dim mati, lampu di dashboard tiba-tiba kelap-kelip saat mobil berjalan hingga suara berisik yang timbul dari sistem radio juga bisa menjadi tanda aki mobil soak. Namun perlu digarisbawahi, ketika Anda mengalami permasalahan kelistrikan ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan ke bengkel guna memastikan apa benar aki soak atau justru ada masalah lain. Dengan begitu, permasalahan cepat teratasi. 

4. Lampu Peringatan di Dasbor Menyala

Lampu indikator yang menyala pada dasbor bisa menjadi peringatan akan adanya suatu masalah pada mobil. Termasuk untuk menunjukan ketika ada yang tak beres pada aki mobil Anda. Untuk memastikannya, Anda bisa pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Bilamana aki sudah lemah, Anda bisa segera menggantinya. 

>>> Jangan Tergiur Harga Murah, Inilah Ciri-Ciri Aki Rekondisi

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top