Catat! Ini Dia Penyebab Aki Mobil Tekor dan Solusi Mengatasinya

29/05/2021

Perawatan dan service

6 menit

Share this post:
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab aki mobil tekor. Penting untuk Anda mengetahuinya penyebab dan solusinya agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Aki merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Saat aki mengalami kerusakan, bisa dipastikan mobil tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak hanya berpengaruh pada nyala mesin, aki juga merupakan penyuplai komponen mobil lainnya seperti lampu dan klakson. Oleh karena itu penting untuk menjaga kondisi aki agar tidak tekor. Karena itu sering muncul pertanyaan apa yang menjadi penyebab aki mobil tekor.  Berikut ulasannya!

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab aki mobil tekor. Penting untuk Anda mengetahuinya agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

1. Mobil jarang digunakan

Penyebab aki mobil tekor yang pertama adalah mobil jarang digunakan. Memang tidak semua orang menggunakan mobilnya setiap hari. Namun perlu diketahui, mobil yang jarang digunakan membuat mesin tidak panas.  Bila hal itu terjadi, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki menjadi kurang maksimal.

Jika hal itu terjadi terus menerus, lama kelamaan aki menjadi tekor dan mobil menjadi sulit dihidupkan. Salah satu gejala paling umum kerusakan aki akibat mobil jarang digunakan atau dipanaskan adalah banyak komponen listrik yang tidak menyala dengan sempurna. Karena itu meski jarang digunakan bepergian, jangan sampai lupa untuk memanaskan mobil.

>>> Harga Aki 70 Ampere dan Tips Memilih Aki yang Sesuai dengan Mobil

2. Aksesoris Mobil Terlalu Banyak

Selanjutnya adalah penggunaan aksesoris mobil secara berlebihan. Tanpa disadari kegemaran kita memodifikasi mobil dengan menambahkan banyak aksesoris memiliki dampak buruk pada kondisi aki. Itu terjadi karena banyak orang yang sering menambahkan aksesoris tanpa memperhatikan kapasitas dari aki mobil itu sendiri. Dampaknya adalah kekuatan aki menjadi berkurang sehingga tidak optimal untuk menghidupkan mesin.

modifikasi sistem audio menghabiskan banyak tenaga aki

Modifikasi sistem audio menyedot tenaga aki yang cukup besar

Sebagai contoh, salah satu aksesoris yang banyak menyedot tenaga aki adalah sistem audio. Hal itu karena sistem audio membutuhkan daya listrik yang besar. Tidak ada yang salah dengan mempercantik mobil Anda dengan berbagai jenis aksesoris termasuk sistem audio. Hanya saja perhatikan dan sesuaikan dengan kekuatan aki yang terdapat pada mobil Anda. Tentunya Anda tidak ingin mobil Anda sulit hidup hanya karena tambahan-tambahan aksesoris yang sebenarnya hanya berfungsi untuk mempercantik mobil saja.

>>> Mengenal Jenis Aki & Harga Aki GS Mobil

3. Usia Aki Sudah Tua

Seperti benda kelistrikan pada umumnya, aki juga memiliki masa pakai yang terbatas. Semakin bertambahnya usia mobil, berbanding lurus dengan usia akinya. Semakin lama masa pakai aki, semakin berkurang juga penyimpanan daya listriknya. 

Untuk itu, ketahui dengan pasti kapan terakhir Anda membeli aki. Setidaknya penggantian aki mobil bisa dilakukan setiap 2 tahun sekali sehingga mobil bisa terhindar dari mogok karena sulit dinyalakan. Namun perlu diketahui, intensitas pemakaian mobil juga bisa berpengaruh terhadap masa pakai aki. 

>>> Begini Cara Membuat Charger Aki Mobil yang Sederhana

4. Intensitas Penggunaan Mobil 

Penyebab aki mobil tekor yang berikutnya adalah intensitas penggunaan. Mungkin terdengar sedikit agak berlawanan dengan penyebab sebelumnya, yakni mobil jarang digunakan. Namun perlu Anda ketahui, mobil yang terlalu sering digunakan malah dapat membuat aki tekor terus. Kok bisa? Bisa. karena mobil yang digunakan dengan intensitas yang tinggi tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

rutinitas memakai mobil menjadi salah satu faktor aki tekor

Sering memakai mobil menjadi salah satu faktor aki tekor 

Karena kondisi tersebut, aki akan bekerja lebih ekstra untuk menyuplai tegangan listrik. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi penyebab aki mobil cepat drop. Sejatinya tidak hanya pada aki. Intensitas penggunaan mobil yang tinggi juga bisa mengurangi umur pemakaian komponen mobil lainnya. Karena itu, setiap komponen pasti memiliki perkiraan masa pakai untuk mengantisipasi adanya kerusakan akibat penggunaan mobil secara berlebihan.

>>> Kerugian Akibat Tidak Memahami Berapa Jumlah Ampere Aki Mobil

5. Air Aki Habis

Penyebab aki mobil tekor yang terakhir adalah air aki habis. Di pasaran terdapat dua jenis aki yakni aki kering dan aki basah. Beberapa orang mungkin memilih menggunakan aki basah ketimbang aki kering. Harga yang lebih murah dan masa pakai yang relatif lebih lama jadi alasannya. Namun seringkali pengguna aki basah lupa melakukan pengecekkan.

Seperti misalnya, karena jarang melakukan pengecekkan, air aki ternyata sudah habis. Jika ini dibiarkan maka bisa membuat aki menjadi tekor. Untuk Itu jangan sampai lupa melakukan pengecekkan air aki sebelum bepergian, khususnya jika Anda hendak bepergian ke tempat yang jauh sehingga tidak terjadi insiden aki soak di tengah jalan.

pentingnya memeriksa air aki

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi air aki

Penyebab Aki Mobil Tekor Mendadak

Seringkali di tengah-tengah perjalanan mobil yang Anda kendarai tiba-tiba mogok. Padahal saat awal digunakan tidak ada gejala aki tekor. Jika ini yang terjadi kemungkinan bagian alternator atau dinamo ampere yang rusak.

Ketika alternator rusak, aki mobil jadi tidak mau mengisi atau dipancing dan tidak bisa menyuplai hantaran listrik. Jika bagian ini yang mengalami kerusakan, sekalipun kondisi aki masih baru atau belum terlalu lama, tetap saja lama kelamaan aki bisa menjadi soak. 

>>> Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!

Gejala Aki Mobil Tekor

Untuk menghindari kerusakan Aki, penting untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala Aki pada mobil Anda soak. Berikut ini adalah beberapa gejala yang terjadi jika Aki pada mobil Anda mulai tekor.

  • Mobil mulai sulit dinyalakan dan perlu di-starter berkali-kali. Segera cek kondisi Aki Anda jika hal itu terjadi
  • Lampu mobil nyala tidak seterang biasanya
  • Suara klakson tidak senyaring yang seharusnya. 

Apabila ketiga gejala tersebut sudah terlihat pada mobil Anda, maka ada kemungkinan aki mobil Anda sudah tekor. 

>>> Harga Aki Kering Mobil Murah yang Tidak Perlu Merogoh Kocek Dalam

selalu mengecek kondisi aki mobil

Pentingnya mengecek kondisi aki mobil secara berkala

Mengatasi Aki Mobil Tekor

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki mobil tekor, berikut adalah solusi untuk mencegah terjadinya gejala-gejala aki tekor pada mobil Anda.

  • Perhatikan beban penggunaan aki secara berkala dan rutin
  • Bersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian lebih yakni bagian terminal aki yang kerap tertutup debu dan kotoran. Padahal hal itu bisa menghambat suplai listrik.
  • Panaskan mobil setiap hari. Jika Anda bukan tipe orang yang setiap hari menggunakan mobil, setidaknya panaskan mesin mobil 5-10 menit setiap harinya. Hal itu bertujuan agar aki tidak mudah soak.

Lepas kabel aki jika mobil akan tidak digunakan dalam waktu lama. Misalnya ketika Anda hendak pergi keluar kota dalam jangka waktu yang lama namun tidak menggunakan mobil Anda. Sebaiknya cabut cabut kabel aki dari terminal penghubungnya untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus agar aki tidak mudah soak.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top