Kenali 10 Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin dan Solusinya

21/10/2019

Perawatan dan service

10 menit

Share this post:
Kenali 10 Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin dan Solusinya
Salah satu masalah umum yang sering terjadi adalah ac mobil tiba-tiba tidak dingin. Bukannya malah sejuk tapi kabin mobil menjadi sedikit panas. Maka dari itu, kita kenali 10 penyebab AC mobil tidak dingin beserta solusinya.

Tak sedikit orang merasa kebingungan ketika tiba-tiba merasakan AC mobil tidak dingin seperti biasanya. Malahan, para pengguna umumnya hanya membiarkan hal tersebut dan berharap AC bisa normal kembali. Tapi jangan salah, ada baiknya bagi Anda untuk mengecek segala komponen yang berkaitan dengan AC.

10 Penyebab AC mobil tiba-tiba tidak dingin

Dari berbagai fenomena yang ada, tercatat beberapa masalah AC mobil yang sering ditemui. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengecek beberapa komponen tersebut sehingga AC bisa sejuk seperti sediakala. Inilah 10 penyebab AC mobil tiba-tiba tidak dingin beserta solusinya.

1. Kebersihan Kabin Kurang Terjaga

Selama prosesnya, AC mobil akan membuat udara terus bersirkulasi dalam kabin. Kotoran-kotoran juga akan disaring langsung oleh Filter AC. Tapi jika tak dibersihkan secara berkala, Filter AC akan menjadi sarang debu dan bisa saja memunculkan dampak tidak dingin tadi.

Debu Mobil Mampu Membuat AC Mobil Tidak Ingin khawatir menyumbat Filter AC dan berbagai komponen lainnya

Debu bisa mengakibatkan banyak masalah pada AC mobil nantinya sehingga disarankan untuk tetap menjaga kebersihan

Solusinya adalah mengecek dan memastikan kondisi Filter AC mobil selalu dalam kondisi bersih secara berkala. Minimal lakukan hal rutin ini 1-2 minggu sekali. Pasalnya, jika sudah dibersihkan, maka AC akan kembali sejuk.

>>> Jangan Matikan AC Mobil Saat Hujan, Biar Selamat Sampai Tujuan

2. Kerusakan Pada Magnetic Clutch

Jika saat Anda menghidupkan mobil, kompresor AC tidak berputar maka bisa dipastikan bahwa Spul Magnetic Clutch mengalami kerusakan. Untuk memastikannya, Anda perlu mengecek bagian Spul saat menghidupkan mobil.

Jika memang begitu adanya, maka Anda bisa menyimpulkan hal ini sebagai penyebab AC mobil tiba-tiba tidak dingin. Spul yang terbakar bisa membuat Center Piece tidak terhubung dengan puli kompresor AC yang berputar.

3. Habisnya Freon AC

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah akibat Freon yang habis. Dalam hal ini, umumnya Freon berkurang atau habis karena terjadi kebocoran di salah satu sistem AC mobil.

Di sisi lain pula, pengisian Freon yang berkurang, akibat Anda lupa mengisinya secara berkala. Freon yang habis hanya akan menguras energi tapi tidak memberikan rasa dingin pada kabin mobil.

>>> Ganti Freon AC Mobil Pakai Gas LPG? Bisa Sih Tapi Siap Risikonya 

4. Radiator AC Kotor

Tak sedikit juga, penyebab AC mobil tidak dingin karena radiator AC yang kotor akibat debu. Parahnya lagi, jika sudah dibiarkan lama, debu pada radiator bukan hanya membuat AC tidak dingin tapi juga mengalami karat khususnya pada mesin.

Pembuangan suhu panas tidak optimal serta memaksa Freon untuk bekerja lebih tinggi dan khawatir berdampak pada performa kondensor.

AC Mobil umumnya menjadi tidak dingin akibat radiator yang kurang bersih, tersumbat debu

AC yang tidak dingin umumnya juga disebabkan karena radiator AC kotor

>>> Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

5. Putusnya Fan Belt AC

Perlu diketahui sebelumnya bahwa fungsi Fan Belt pada AC mobil adalah untuk menghubungkan proses putaran mesin menuju kompresor. Nah, jika komponen satu ini bermasalah maka tidak mungkin AC mobil Anda terasa tidak dingin. Dalam hal ini, pastikan untuk melakukan pengecekan serta perawatan berkala di setiap komponen AC mobil termasuk Fan Belt.

6. Cooling Fan Bermasalah

Jika komponen satu ini sudah mengalami kerusakan, sudah pasti AC mobil menjadi tidak dingin. Umumnya, putaran Motor Fan akan melemah terlebih dulu sebelum akhirnya mati sepenuhnya. Nah, jika terus dibiarkan maka pembuangan panas dari kondensor akan mengalami gangguan dan membuat kabin terasa kurang dingin. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengecek kinerja Motor Fan, apakah berfungsi dengan baik, melemah atau malah mati sepenuhnya.

Motor Cooling Fan AC Mobil umumnya mati total atau berputar lambat, sehingga mengurangi rasa dingin pada AC mobil

Motor Cooling Fan umumnya bermasalah dan mampu membuat pembuangan panas terganggu

>>> Ada niatan beli mobil baru? Coba intip harga pasaran dari mobil baru dan bekas selengkapnya di sini

7. Sistem AC Overheat

Apabila terdapat tekanan yang sangat tinggi pada sistem AC, maka dampaknya bisa berujung pada Overheat. Parahnya lagi, Magnetic Clutch akan bisa mengalami kerusakan sehingga menjadikan kinerja AC menurun drastis. Fenomena ini terjadi umumnya karena pemasangan oli kompresor yang berlebihan dan membuat ruang Freon menjadi terbatas.

8. Kotornya Evaporator

Evaporator memiliki Blower tepat di permukaannya, mana fungsinya adalah menghisap debu. Jika tidak dilakukan perawatan berkala, maka debu tadi akan terus menumpuk dan menyumbat aliran udara. Sehingga tak heran, sirkulasi AC akan tidak lancar dan menjadikan AC terasa tidak dingin sama sekali.

>>> Mengenal Pressure Switch AC Mobil, Kecil Tapi Jadi Pelindung

9. Gangguan Pada Thermostat

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah akibat adanya gangguan pada Thermostat. Fungsi dari komponen ini adalah membaca perubahan temperatur secara berkala dan kemudian disalurkan pada Amplifier. Setelah itu, data tersebut akan menjadi tolak ukur kompresor untuk melakukan Cut-Off. Tentu jika komponen ini terganggu maka fungsi dari AC akan berjalan kurang optimal.

AC Mobil tidak dingin juga bisa disebabkan akibat terganggunya komponen Thermostat

Thermostat AC mobil yang mengalami gangguan juga bisa menyebabkan AC terasa tidak dingin

10. Penyumbatan Pada Saluran Pembuangan

Sirkulasi AC pada kabin tentu akan menghasilkan buangan berupa air. Bahayanya adalah jika saluran pembuangan di sistem kondensasi tersumbat maka akan dipastikan Box Evap akan penuh dengan air. Jika ini tidak terdeteksi dari dini maka Dashboard mobil akan tiba-tiba mengembun serta membuat air menetes ke lantai karpet mobil.

>>> Tips Mendeteksi Dini Kerusakan AC Mobil Sebelum Bertambah Parah

Solusi AC Mobil Tidak Dingin

Tak perlu khawatir, masalah-masalah di atas bisa teratasi dengan mudah. Setidaknya dapat menjadikan AC mobil tetap dingin dan awet. Berikut beberapa solusi bagi masalah AC mobil tiba-tiba tidak dingin.

1. Jaga Kebersihan Kabin

Jika Anda membaca segala gejala sebelumnya, tentu debu menjadi salah satu hal berbahaya bagi AC mobil. Maka tak heran, Anda diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan kabin mobil supaya tidak banyak debu bertebaran. Di sisi lain, jangan pula sering-sering membuka kaca atau merokok dalam mobil. Tentu debu akan mudah sekali masuk dan mengganggu kualitas AC.

Simak pula tips membersihakan interior mobil yang mudah, YouTube CintamobilTV

2. Perhatikan Komponen AC Mobil

Jika dirasa AC mobil tidak dingin seperti dulu kala, ada baiknya Anda melakukan pengecekan menyeluruh pada komponen-komponen AC mobil. Di antaranya adalah kondensor AC, saluran pembuangan, Evaporator, Filter AC, Fan Belt, Magnetic Clutch, radiator hingga Freon.

>>> Merawat dan service mobil semakin mudah jika sudah tahu tipsnya. Klik untuk simak segudang tips merawat mobil di sini

3. Servis AC Mobil Secara Berkala

Sobat, penting juga kami ingatkan untuk melakukan servis AC mobil secara berkala. Jangan lakukan sendiri tapi gunakan layanan dari tukang servis AC mobil di sekitar tempat Anda. Pastikan pula untuk melakukan penggantian Filter AC secara berkala supaya suhu dingin tetap terjaga.

Servis AC Mobil harus dilakukan secara berkala seperti mengisi Freon dan mengecek setiap komponennya

Pastikan untuk selalu servis AC mobil secara berkala

>>> Simak tips otomotif yang lengkap dan menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Waduh, Ternyata Menyalakan Double Blower AC Mobil Banyak Ruginya

26/09/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika menyalakan double blower AC mobil, ternyata memiliki beberapa dampak buruk. Tentunya efek negatif itu akan dirasakan pada Anda sebagai pemilik mobil.

Lihat juga

Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Masalah evaporator AC mobil cukup beragam. Mulai dari mampet akibat tertutup debu, bocor, hingga mengeluarkan lendir. Dan ternyata, masalah itu muncul karena kebiasaan buruk si pemilik mobil.

Lihat juga

Mengganggu Kenyamanan, Ini Penyebab AC Mobil Berisik

27/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Penyebab AC mobil berisik ada beberapa hal. Namun yang jelas kondisi ini akan mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara. Yuk kenali penyebabnya berikut ini.

Lihat juga

Merawat Kompresor AC Mobil Biar Awet

24/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Dalam merawat kompresor AC mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu menjaga kebersihan mobil dan melakukan kebiasaan yang baik pada AC mobil Anda.

Lihat juga

5 Kelakuan Aneh Pengguna AC Mobil, Anda Satu Diantaranya?

23/09/2019

Pengemudian

5 menit

Beberapa kebiasaan aneh pengguna AC mobil ini terkadang tanpa disadari Anda lakukan juga. Mulai sekarang coba bijak dalam menggunakan AC mobil ya!

Lihat juga