Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

04/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak
AC merupakan salah satu komponen penting bagi penumpang mobil. Namun terkadang kebiasan buruk yang kita lakukan tidak disadari dapat merusak kualitas AC mobil.

Selain karena tidak dirawat dengan baik. Biasanya kerusakan air conditioner (AC) juga disebabkan oleh kebiasaan buruk pengguna mobil. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan yang kita anggap biasa mungkin tanpa kita sadari bisa menyebabkan kualitas AC mobil jadi tidak baik. Apa saja kebiasaannya. Berikut, kebiasaan buruk tersebut, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Sering merokok di dalam mobil

Merokok di mobil membuat kabin bau

Menghisap rokok di mobil

Asap dan debu dari  rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal.

>>> Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

2. Membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala

Membuka pintu depan mobil berwarna coklat

Membuka jendela terlalu lama

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala. Hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC lebih mudah rusak.

>>> Tips perawatan mobil ada disini

3. Menaruh pewangi yang kurang tepat

Pewangi mobil bentuk laba-laba

Pewangi mobil 

Idealnya pewangi dalam mobil memakai pewangi cair. JIka menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

>>> Pilihanan mobil bekas berkualitas ada di sini

4. Mematikan mesin mobil ketika AC masih menyala

Menyalakan mobil dengan kunci konvesional

Menyalakan mesin mobil

Kerugian mematikan mesin mobil saat AC masih menyala adalah nanti saat kita menyalakan mesin mobil otomatis AC akan langsung bekerja. Ingat aki/accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja accu tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC.

5. Tidak menjaga kebersihan kabin

Kabin mobil kotor tidak terawat

Kabin mobil kotor

Kebiasaan meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa harus segera dihilangkan. Kenapa? Karena sampah dan kotoran yang kita tinggalkan bisa membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Debu-debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluar filter AC dan hal ini akan membuat filter menjadi cepat rusak.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Flushing AC Mobil, Kuras Oli dan Freon Tanpa Bongkar AC

27/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Teknik flushing AC mobil menggunakan alat khusus kini banyak dipilih. Alasannya mampu menguras oli dan freon AC mobil lebih sempurna dibandingkan secara manual.

Lihat juga

Waduh, Ternyata Menyalakan Double Blower AC Mobil Banyak Ruginya

26/09/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika menyalakan double blower AC mobil, ternyata memiliki beberapa dampak buruk. Tentunya efek negatif itu akan dirasakan pada Anda sebagai pemilik mobil.

Lihat juga

Mengenal Fungsi Selang AC Mobil, Bukan Sekedar Karet Biasa

29/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Selang AC mobil merupakan komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan sistem AC di sebuah mobil. Yuk mengenal komponen yang satu ini.

Lihat juga

Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Masalah evaporator AC mobil cukup beragam. Mulai dari mampet akibat tertutup debu, bocor, hingga mengeluarkan lendir. Dan ternyata, masalah itu muncul karena kebiasaan buruk si pemilik mobil.

Lihat juga

Mengganggu Kenyamanan, Ini Penyebab AC Mobil Berisik

27/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Penyebab AC mobil berisik ada beberapa hal. Namun yang jelas kondisi ini akan mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara. Yuk kenali penyebabnya berikut ini.

Lihat juga