Cintamobil TV: Tips Mendeteksi Dini Kerusakan AC Mobil Sebelum Bertambah Parah

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Cintamobil TV: Tips Mendeteksi Dini Kerusakan AC Mobil Sebelum Bertambah Parah
Beberapa hal bisa menyebabkan kerusakan AC mobil hingga AC tidak berfungsi maksimal. Lantas, bagaimana cara mendeteksi agar masalah tidak semakin parah?

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik mobil. Salah satunya adalah komponen penunjang kenyamanan berkendara Air Condioner (AC) alias pendingin udara. Dengan adanya AC kabin mobil akan berasa tetap sejuk meski kondisi di luar kendaraan sedang panas.

Foto menunjukkan kisi-kisi AC mobil

AC mobil memberi kenyamanan kepada pengemudi dan para penumpang

Meski bukan termasuk komponen powertrain yang berfungsi menggerakkan mobil, AC mobil adalah komponen yang punya kinerja cukup berat dan paling sering. Karenanya risiko penurunan fungsi selalu ada dan mengintai. Paling parah AC mobil tidak lagi berfungsi sebagai pendingin kabin disebabkan karena adanya kerusakan.

Mendeteksi kerusakan

Kepada tim Cintamobil TV, Servis Advisor Bengkel Service AC Mobil Rotari Bintaro, Tarjani membagikan tips seputar AC mobil. Termasuk bagaimana mendeteksi kerusakan sejak dini, apa yang perlu dilakukan saat terjadi masalah, bagaimana mengantisipasi agar kerusakan bisa dihindari, serta budget yang harus dipersiapkan untuk menangani permasalahan AC.

Foto menunjukkan gambaran panasnya kabin jika AC tidak berfungsi

AC bermasalah membuat fungsinya tidak maksimal

Menurut Tarjani, mendeteksi kerusakan AC mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus dilakukan analisa sebab ada banyak penyebab terkait AC mobil yang bermasalah. Bisa karena kebocoran freon, kompresor rusak, extra fan rusak, masalah pada magnet clutc hingga masalah kelistrikan.

Meski demikian, pemilik bisa mengetahu kalau AC mobilnya bermasalah dari beberapa indikasi yang muncul. Paling mudah jika AC tiba-tiba tidak dingin, hal itu karena ada masalah pada freon seperti kebocoran. Ada lagi indikasi lain seperti ada bunyi aneh suara ngorok, atau AC mobil tidak terasa dingin saat mobil berjalan pelan dan baru dingin saat ngebut. Kemungkinan dua hal tersebut karena ada kerusakan pada kompresor.

>>> Waspada Bahaya Freon AC Mobil Bocor, Bisa Bikin Jantung Berhenti Mendadak

Penyebab kerusakan

Ada beragam penyebab kerusakan AC mobil, seperti kurangnya perawatan oleh pemilik, banyak kotoran masuk ke dalam komponen AC hingga menyebabkan korosi, dan bisa juga karena faktor usia.

Foto menunjukkan mobil sedang dalam penanganan Rotary Bintaro, Bengkel spesialis AC

Untuk penanganan yang lebih maksimal, serahkan pada ahilnya

Apapun penyebabnya, kerusakan AC mobil sangat mengganggu kenyamanan baik dari sisi berkendara maupun dari sisi keuangan. Pemilik harus mengeluarkan uang tambahan untuk mengembalikan fungsi AC mobil seperti sediakala. Lantas, apa yang harus dilakukan agar semua bisa dihindari? Simak ulasannya pada video berikut!

>>> Cari mobil ber-AC dingin, Baca dulu reviewnya di sini!

>>> Tips dan trik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top