Mengenal Pressure Switch AC Mobil, Kecil Tapi Jadi Pelindung

20/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mengenal Pressure Switch AC Mobil, Kecil Tapi Jadi Pelindung
Pressure switch AC mobil merupakan komponen kecil yang menjadi satu kesatuan dengan sistem AC. Walau kecil, ternyata komponen yang satu ini punya fungsi penting. Apa itu?

Dalam satu sistem AC mobil terdiri atas beberapa komponen. Mulai dari kompresor, evaporator, termasuk juga pressure switch. Tentunya tiap-tiap komponen ini memiliki fungsi masing-masing yang saling terkait. Jika ada satu komponen rusak, pastinya akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

>>> 5 Mitos AC Mobil yang Belum Anda Ketahui

Nah kali ini yang akan kami bahas adalah tentang komponen pressure switch AC mobil. Komponen ini sudah menyatu dalam kesatuan sebuah sistem AC mobil Anda. Bentuknya cukup kecil dibanding komponen AC lainnya. Meski demikian komponen ini punya peranan vital dalam menjaga sistem AC di mobil Anda.

1. Cara Kerja

komponen pressure switch AC

Bentuknya kecil tapi bisa menjaga sistem AC mobil Anda

>>> Ada banyak promo menarik mobil baru di akhir tahun, mau?

Pada bagian dalam komponen ini terdapat sensor liquid yang bisa bekerja berdasarkan tekanan sirkulasi gas freon dan suhu mesin. Di pressure switch juga terhubung dengan kompresor AC menggunakan kabel. Sensor liquid itulah yang bsia menutup tergantung seberapa besar tekanan freon dan seberapa tinggi suhu pada mesin mobil.

Banyak yang menyebut komponen ini dengan nama press switch. Apapun namanya, jika komponen ini berjalan normal dan sensor tetap membuka, maka tekanan freon pada kompresor AC berarti dalam kondisi stabil. Karenanya jika AC mobil Anda belum dilengkapi komponen ini, maka sebaiknya segera dipasang.

2. Fungsinya

posisi pressure switch di AC mobil

Saat mesin overheat, komponen ini menjaga agar sistem AC tidak rusak

>>> Cari mobil bekas berkualitas buat liburan akhir tahun? Klik disini ya!

Mengapa pressure switch AC mobil begitu penting? Karena dengan alat ini bisa dijaga kerusakan komponen AC lainnya saat terjadi masalah. Antara lain jika terjadi kebocoran freon, maka sensor akan menutup untuk mematikan kinerja kompresor AC.

Kemudian jika mesin mengalami overheat, sensor liquid di komponen ini juga akan menutup dan mematikan sistem kerja AC sekaca keseluruhan. Sehingga komponen AC lainnya tidak ikut rusak. Tak heran komponen kecil ini sering juga dikenal dengan sebutan saklar tekanan AC mobil.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top