Cara Membersihkan Interior Mobil yang Berjamur dengan Mudah dan Murah

28/06/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Cara Membersihkan Interior Mobil yang Berjamur dengan Mudah dan Murah
Kali ini Cintamobil.com akan membahas cara membersihkan interior mobil yang berjamur dengan langkah-langkah mudah dan biaya cukup murah. Berikut caranya!

Interior mobil adalah tempat paling lama Anda berdiam diri sepanjang perjalanan. Untuk itulah kebersihan interior sama pentingnya dengan menjaga kebersihan mobil secara keseluruhan. Terlebih lagi ruang kabin yang tidak selalu terkena matahari bisa menjadi tempat paling tepat untuk munculnya jamur.

Jamur ini datang karena daerah tersebut lembab, ditambah lagi adanya debu dan kotoran dari luar mobil yang menumpuk atau bahkan sisa-sisa makanan, seringkali selain jamur juga akan muncul sarang serangga misalnya semut.

Nah jika ruang interior mobil Anda sudah terlanjur muncul jamur maha harus lekas diberantas. Kalau tidak, khawatir jamur ini lama kelamaan akan merusak bagian interior mobil tersebut. Berikut ini Cintamobil.com akan memberikan tips seputar cara membersihkan interior mobil yang berjamur.

1. Siapkan Alat-alatnya

Mengelap setir mobil

Sebaiknya lakukan bersih-bersih interior secara rutin agar mobil tetap terasa nyaman ketika digunakan

Sebelum melakukan bersih-bersih ruang kabin kendaraan kesayangan Anda, ada baiknya persiapkan lebih dulu peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Antara lain:

  • Vacum cleaner
  • Sikat gigi bekas
  • Sikat lantai kamar mandi
  • Cairan pembersih interior mobil
  • Sabun cair cuci piring
  • Cairan pemutih pakaian
  • Ember kecil berisi air bersih
  • Lap microfiber

Peralatan ini sangat mudah didapat atau mungkin Anda menyimpannya di dapur untuk membersihkan pakaian atau perabot rumah tangga lainnya. Sementara cairan pembersih interior mobil dapat Anda beli melalui toko perlengkapan mobil atau toko-toko online. Merk dan harganya bisa disesuaikan dengan dana Anda. Namun sebaiknya pilih yang bersifat All Puspose Cleaner.

>>> Tips Membersihkan Bekas Aspal di Bodi Mobil

2. Bersihkan Dahulu Debu dan Kotorannya

Menyedot debu interior mobil

Gunakan vacum cleaner untuk mengangkat semua debu dan kotoran di kabin mobil

Sebelum memulai cara membersihkan interior mobil yang berjamur, sebaiknya bersihkan dahulu debu dan kotoran pada seluruh area permukaan kabin mobil. Anda bisa gunakan vacum celaner untuk membersihkan sofa atau kasur di rumah.

Caranya, buka terlebih dulu semua pintu dan bagasi mobil Anda. Kemudian sedot seluruh permukaan interior dari debu dan kotoran menggunakan vacum celaner. Mulai dari bagian plafon, dashboard, jok, doortrim, baru terakhir lantai. Jangan lupa keluarkan karpet lantai agar tidak ada debu yang terselip di balik karpet.

>>> Hati-hati Keracunan Setelah Fogging Kabin Mobil

3. Cuci Bersih Karpet Lantai

Mencuci karpet lantai

Cuci bersih karpet lantai karena bagian ini yang paling kotor di interior mobil

Jika semua bagian interior sudah dibersihkan debunya, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan lebih dulu bagian karpet lantai. Anda bisa menyingkirkan debu dari karpet lantai menggunakan vacum cleaner atau jika karpet terbuat dari karet atau palstik, Anda bisa mencucinya dengan cairan cuci piring dan sikat.

Pertama-tama basuh karpet dengan air bersih, lalu beri sedikit cairan cuci piring. Kemudian gosok perlahan menggunakan sikat pemberish lantai kamar mandi. Gosok hingga merata sampai kotoran benar-benar luntur. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih sampai sabun benar-benar hilang, lalu jemur di bawah terik matahari.

>>> Musin hujan sudah datang, jangan lupa bersihkan karpet mobil Anda ya. Berikut ini adalah 4 tips merawat karpet mobil yang mungkin Anda sedang mencari

4. Semprot dengan All Purpose Cleaner

All purpoese interior cleaner

Semprot dengan cairan all porpuse cleaner untuk menghilangkan noda dan jamur

Setelah itu, langkah selanjutnya dalam cara membersihkan interior mobil yang berjamur adalah menyemprotkan cairan pembersih khusus kabin mobil (all purpose cleaner). Tahapannya tetap sama, yaitu bagian plafon terlebih dulu. Semprot sedikit demi sedikit kemudian gosok perlahan dengan sikat gigi. Kemudian lap dengan kain microfiber yang bersih dan kering.

Sebaiknya lakukan bertahap sedikit demi sedikit agar cairan tidak terlanjur mengering yang malah nantinya akan meninggalkan bekas pada permukaan pelapis kabin. Untuk membeli cairan All Purpose Cleaner, Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

>>> Inilah 5 Pembersih Jamur Kaca Mobil dari Bahan Sehari-Hari yang mungkin Anda perlu

5. Beri Campuran Pemutih Pakaian

Menyikat jok mobil

Gunakan campuran sabun cuci pakaian agar jamur tak lagi muncul

Setelah disemprot menggunakan cairan pembersih kabin, agar jamur tidak lagi menempel maka Anda bisa gunakan campuran pemutih pakaian dan sabun cuci piring. Caranya sediakan wadah ember kecil yang berisi air bersih, kemudian tuangkan cairan pemutih pakaian dan sabun cuci piring dengan komposisi 1:1. Lalu aduk sampai merata.

Selanjutnya celupkan sikat gigi ke dalam ember tersebut dan kemudian gosok perlahan ke permukaan lapisan interior. Lakukan sedikit demi sedikit sampai merata dan keringkan dengan microfiber. Tahapannya tetap sama, mulai dari plafon, dashboard, doortim, jok, baru ke lantai kabin.

6. Jemur Mobil di Bawah Sinar Matahari

Mobil dijemur

Buka semua kaca jendela dan pintu dan biarkan sinar matahari masuk ke ruang kabin

Jika semua proses telah selesai, jemur mobil di bawah sinar matahari langsung selama lebih kurang 30 menit. Biarkan semua pintu dan jedela terbuka semalam mobil dijemur. Hal ini untuk mempersilahkan sinar matahari mengenai semua bagian interior mobil.

Jika karpet lantai sudah kering, dan semua lapisan permukaan interior juga telah kering, maka pasang kembali karpet tersebut. Lalu tutup seluruh jendela dan pintu, dan Anda bisa masukkan kembali mobil ke dalam garasi. Proses bersih-bersih pun tuntas dan jamur pada interior mobil Anda sekarang sudah hilang.

Agar mobil lebih wangi, Anda bisa semprotkan pewangi mobil atau memasang parfum mobil. Dengan begitu ketika mobil digunakan, suasana kabin akan terasa lebih segar dari sebelumnya.

>>> Tips dan trik lainnya tentang perawatan mobil sendiri di rumah bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top