Tips Membersihkan Bekas Aspal di Bodi Mobil

Share this post:
Tips Membersihkan Bekas Aspal di Bodi Mobil
Permukaan jalan yang dilapis aspal menjadi salah satu bagian yang tak dapat dihindari dapat menjadi kotoran menggangu yang menempel di bodi mobil. Lalu bagaimana membersihkannya?

Selama permukaan jalan di Indonesia masih dilapis aspal, maka resiko hadirnya aspal sebagai kotoran yang menempel pada bodi mobil akan tetap besar. Apalagi jika kita secara kebetulan melintas di jalan yang baru saja di lapis aspal baru, terutama hotmix. Lalu bagaimana cara efektif untuk membersihkan bekas aspal yang menempel di bodi mobil ini?

Tips Membersihkan Aspal

Bersihkan segera noda aspal yang menempel di bodi mobil Anda

Kami menyambangi workshop @JPAuto24 yang merupakan bengkel perawatan mobil untuk mengetahui cara terbaik dalam membersihkan bekas aspal yang menempel di bodi. “Aspal yang baru dilapis menjadi penyebab utama mudahnya aspal menempel di bodi mobil,” ujar Jiwandana Nugraha, founder dari @JPAuto24. “Jadi cara paling mudah untuk membersihkannya adalah dengan segera membersihkannya ketika baru terkena aspal,” tambahnya.

Menurut Jiwandana, ada dua cara untuk membersihkan bekas aspal di bodi yaitu:
1. Dengan Clay Bar
2. Dengan Bug and Rar Remover

>>> Mencuci Mobil Sendiri yang Benar, Ini Tahapannya

Dengan Clay Bar

Tips Membersihkan Aspal dengan clay bar

Clay bar tak hanya dapat digunakan untuk bodi mobil, namun juga untuk kaca

Menggunakan clay bar harus dibarengi dengan air sabun. Clay bar ini merupakan material seperti lilin yang memang kerap digunakan dalam auto detailing dan dapat dengan mudah didapat di toko-toko online. Cara membersihkannya cukup dengan merendamnya dalam air sabun lalu digosokkan kepada aspal yang menempel di bodi mobil.

“Untuk mengetahui hilangnya aspal dari bodi dapat terdengar dari suaranya, yang tadinya kasar kemudian menjadi halus. Terutama di bodi yang berwarna hitam,” ujar Jiwandana. “Yang paling mudah dirasakan adalag dari teksturnya. Jika masih ada aspal akan terasa kasar,” tambahnya

Tips Membersihkan Aspal gunakan juga air sabun

Gunakan clay bar bersama air sabun dan gosok perlahan untuk membersihkan bekas aspal

Hasil akhirnya, jika bodi mobil sudah terasa halus, dan tidak tampak lagi bintik hitam, maka aspal tersebut sudah hilang.

>>> Tips perawatan mobil lainnya ada disini

Dengan Bug and Tar Remover

Tips Membersihkan Aspal dengan bug and tar remover

Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan noda akibat serangga dan aspal atau getah

Cara kedua adalah dengan menggunakan cairan Bug and Tar Remover yang bisa didapat baik di toko online maupun di toko-toko yang menjual peralatan perawatan kendaraan. Siapkan juga lap microfiber untuk membersihkan bagian yang terkena aspal.

Pertama-tama semprotkan cairan Bug and Tar Remover ke microfiber dan lap pada bodi yang terkena aspal secara perlahan. Jika kotoran cukup kuat, Anda bisa mengelapnya sambal sedikit ditekan. Lap hingga kotoran hilang dan bodi terasa lebih halus dari sebelumnya.

Tips Membersihkan Aspal

Lap dengan perlahan hingga noda aspal hilang dan bodi terasa lebih halus

Sebagai catatan, cairan Bug and Tar Remover ini memang khusus digunakan untuk menghilangkan aspal dan getah. Sementara jika menggunakan Clay Bar, Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kontaminasi di bagian lain dari mobil seperti kaca dan lis chrome. Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Budityas Basuki
Share this post:

Berita lain

Hati-Hati, Jalan Aspal Berlumpur Sama Bahayanya Ketumpahan Oli

30/01/2020

Pengemudian

3 menit

Bukan tumpahan oli saja yang membuat jalan jadi licin, jalan aspal berlumpur pun bisa sangat licin saat kena hujan dan sangat membahayakan kendaraan bermotor.

Lihat juga

Pakai Stone Guard, Biar Cat Mobil Terlindung dari Noda Aspal di Jalan

31/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah stone guard. Padahal aksesoris mobil ini bisa melindungi cat dari noda aspal atau kerikil yang terlempar ke bodi mobil ketika kendaraan Anda melaju di jalan raya.

Lihat juga

Bisa Dirumah, Ini Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

28/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tanpa disadari, mesin yang terlihat bersih bisa mengalami penumpukan kerak. Selagi #DirumahAja, Anda bisa mencoba cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil untuk menjaga performa berkendara.

Lihat juga

Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

13/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ingin membersihkan mobil dengan cepat tapi sabun cuci untuk mobil sudah habis? Anda bisa memanfaatkan 8 bahan-bahan rumahan untuk tampilan bersih sekejap.

Lihat juga

Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Meskipun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, ternyata cat mobil seringkali menjadi kusam dan kehilangan sinarnya. Mungkin, 3 penyebab mobil cepat kusam ini dialami oleh mobil Anda.

Lihat juga