Mencuci Mobil Sendiri yang Benar, Ini Tahapannya

Share this post:
Mencuci Mobil Sendiri yang Benar, Ini Tahapannya
Mencuci mobil sendiri sebenarnya mudah untuk dilakukan semua orang, namun Anda perlu memperhatikan beberapa tahapan yang benar, agar mobil bersih dan tidak meninggalkan kotoran atau malah cat jadi baret.

Kondisi bagian luar mobil yang kotor memang tak sedap dipandang. Apalagi jika musim hujan tiba, maka mobil jadi mudah kotor. Namun untuk pergi ke tempat pencucian mobil terkadang malas. Bisa karena jarak lokasi car wash dengan rumah Anda yang cukup jauh, malas mengantre, atau malas jika sehabis dari tempat cuci mobil, diperjalanan malah hujan turun deras dan mobil kotor lagi.

Buat Anda yang mengalami hal ini, memang solusi paling efektif adalah mencuci mobil sendiri di rumah. Karena mobil yang kotor memang harus segera dicuci untuk menghindari beberapa masalah. Misalnya cat atau kaca tergores debu, hingga resiko munculnya karat pada beberapa bagian bodi mobil.

>>> Hati-Hati, Cuci Mobil di Car Wash Bisa Bikin Kamu Kecewa

Untuk mencuci mobil sendiri tak sulit kok. Anda tinggal meluangkan waktu sejenak, misalnya di pagi hari sebelum Anda beraktifitas, atau saat akhir pekan. Berikut ini akan kami paparkan apa saja tahapan kalau Anda ingin mencuci mobil Anda sendiri di rumah.

1. Siapkan Peralatan

Peralatan mencuci mobil sendiri

Siapkan peralatan sebelum mencuci mobil

Segala aktifitas tentu butuh persiapan, termasuk saat Anda ingin mencuci kendaraan di rumah. Siapkanlah selang yang cukup panjang sekitar 5-6 meter atau 2x ukuran panjang mobil Anda. Lalu siapkan spon bersih, ember atau wadah air yang lain ukuran sedang, shampo mobil, sikat gigi bekas yang masih bersih, lap plas chamois bersih, dan lap microfiber kering yang bersih.

Selang yang cukup panjang digunakan untuk membasuh seluruh permukaan mobil dengan air dari keran di rumah Anda, baik dari bagian depan, belakang, hingga ke atap. Kemudian tuangkan shampo mobil secukupnya ke dalam ember, lalu isi dengan air bersih hingga hampir ke bibir ember. Aduk rata shampo dan air tersebut sampai mengeluarkan busa.

>>> Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya

Campuran inilah yang digunakan untuk membersihkan kotoran dan debu pada mobil Anda. Namun sebelum memulai mencuci mobil sendiri, perhatikan tahapan bagian yang wajib Anda bersihkan lebih dulu. Dan sebelum mulai, pastikan seluruh kaca jendela serta pintu mobil sudah tertutup rapat, agar air dan sabun tidak masuk ke kabin. Kemudian parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh tanpa ada sengatan matahari langsung.

2. Bersihkan Dulu Bagian Kaki-kaki

mencuci ban dan velg mobil

Bersihkan dulu velg dan ban

Sebelum membersihkan bagian mobil lainnya, paling pertama adalah bersihkan dulu bagian kaki-kaki mobil, seperti pelek dan ban. Semprotkan air bertekanan tinggi dengan cara menyumbat sebagian selang yang dialiri air dari keran. Semprotkan pada ruang fender, lalu ke ban, dan kemudian bagian pelek.

Pastikan semua kotoran pada tiga bagian tersebut rontok serta mengalir bersama air yang disemprotkan dari selang. Jika masih ada kotoran yang menempel pada ban, usap pakai tangan sembari disemprot dengan air. Jangan digosok dengan sikat karena akan merusak komponen dinding ban tersebut. Dan gunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang ada di sela-sela bagian pelek. Jika ban dan pelek dirasa sudah bersih maka lanjut ke tahap mencuci mobil sendiri berikutnya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Semprot Seluruh Bodi Mobil

semprotkan air saat mencuci mobil

Basahi mulai dari bagian atap

Semprotkan air bertekanan tinggi pada seluruh bodi mobil. Dimulai dari bagian atap mobil, kaca depan, kaca samping dan belakang, kap mesin, bagasi, lalu baru bodi samping. Urutan ini wajib Anda ikuti agar kotoran mengalir dari bagian atas mobil hingga ke bawah.

>>> Mengganti Oli Di 1000 Km Pertama, Perlu Atau Tidak?

4. Mulai Berikan Shampo

menggunakan sabun cuci mobil

Ratakan shampo dengan spon bersih

Setelah seluruh permukaan bodi mobil basah dan debu telah rontok, maka langkah selanjutnya basuh permukaan bodi mobil dengan shampo. Jangan gunakan sabun cuci pakaian atau cuci piring. Sebaiknya gunakan shampo khusus mobil dengan pH balance agar cat mobil tetap awet. Gunakan spon untuk meratakan shampo di permukaan bodi mobil.

Berikan shampo mulai dari bagian atap mobil, lalu turun ke kaca-kaca mobil, kemudian dilanjutkan ke kap mesin dan bagasi belakang, setelah itu baru bagian bodi samping. Tahapan ini juga harus diperhatikan, tentu agar bagian yang sudah bersih tidak terkena kotoran lagi.

5. Bilas Sampai Bersih

bilas dari atap ke bodi

Bilas sampai bersih dari kotoran dan busa shampo

Setelah dirasa bersih dan kotoran terangkat oleh shampo, maka bilas seluruh permukaan bodi mobil. Lagi-lagi tahapannya sama ketika Anda pertama kali membasahi seluruh bodi mobil. Yaitu dari bagian atap terlebih dulu, lalu kaca, kap mesin, bagasi, dan bodi mobil. Terkahir bilas juga bagian kaki-kaki termasuk ban dan pelek, karena pasti ada aliran shampo dari bodi mobil yang mengenai velg dan ban.

Untuk lebih memastikan jika shampo telah benar-benar bersih dibilas air, gunakan tangan Anda untuk mengelap seluruh permukaan bodi mobil dibarengi dengan air yang mengalir melalui selang. Jangan lagi gunakan spon karena banyak terdapat sabun di pori-pori spon tersebut.

>>> Mau tau tips merawat mobil Anda lainnya? Semua ada di Cintamobil.com

6. Lap Hingga Kering

lap sampai kering

Lap microfiber agar benar-benar kering

Kalau sudah bersih tahapan mencuci mobil sendiri selanjutnya adalah melakukan pengeringan. Tahapan yang masih sama, yaitu dari bagian atap dahulu kemudian kaca, kap mesin dan bagasi serta ban dan pelek. Pertama-tama gunakan lap plas chamois yang sedikit lembab untuk mengangkat sisa-sisa air yang ada di permukaan cat mobil. Lalu jika sudah dilap merata, gunakan lagi lap microfiber untuk memastikan semua permukaan bodi mobil benar-benar kering.

Kalau sudah kering dan bersih Anda tinggal gunakan mobil tersebut untuk berbagai aktifitas. Mobil bersih pun lebih sedap dipandang.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top