Agar Kabin Senantiasa Resik Dan Nyaman, Berikut 4 Tips Merawat Karpet Mobil

07/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Meski sepintas sepele, namun kebersihan karpet mobil menyumbang besar dalam kenyamanan selama di dalam mobil. Agar lebih mudah, kami akan berikan 4 tips dalam merawat karpet mobil

Karpet mobil kerap kali terlupakan kondisi dan kebersihannya oleh pemilik mobil. Padahal karpet yang bersih, bakal meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil. karpet mobil memiliki fungsi sebagai pelapis dasar antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin. Selain itu, karpet mobil juga berfungsi meningkatkan kenyamanan, serta meningkatkan estetika kabin mobil sehingga menghadirkan nuansa yang bersih, mewah dan lebih kedap.

Foto cara melepas karpet mobil untuk dibersihkan

Karpet mobil memiliki material yang berbeda sehingga membutuhkan cara yang berbeda pula untuk membersihkannya

>>> Simak pula:

Untuk kemudahan dalam menjaga kebersihan dan merawat karpet mobil, sebagian produsen mobil menggunakan karpet dengan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfort mat. Nah, bagi pemilik mobil, merawat karpet mobil cukup mudah. Cintamobil.com akan berikan 4 tips  mudah dalam merawat karpet mobil seperti dijabarkan oleh Nico Jayadikusuma dari gerai Denta Auto Detailing di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Yuk kita simak tips merawat karpet mobil berikut ini.

1. Pilih Sikat yang Tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus, seperti yang terdapat pada beberapa mobil, seperti Toyota Fortuner, Camry, Alphard, dan Vellfire, sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Foto ilustrasi menyikat karpet mobil

Hati-hati saat menyikap karpet mobil dan lakukan dengan gerakan searah agar karpet tak lekas rusak

"Sementara itu, untuk jenis beludru kasar, seperti yang terdapat pada Toyota Avanza, Agya, Innova, dan Calya sebaiknya gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras. Hal tersebut, untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu," ujar pehobi Radio Control atau RC ini. Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi-kulit dan karet.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Hampir setiap karpet memiliki serat yang berbeda, seperti pada bahan beludru dan PVC. Untuk mempermudah perawatan karpet dasar, sebaiknya gunakan vacuum cleaner.

Foto bersihkan karpet mobil dengan vacuum cleaner

Vacuum cleaner cara paling mudah untuk membersihkan karpet mobil tanpa berisiko merusak lapisan karpet

Vacuum cleaner berfungsi menghisap debu secara merata, dan mampu menghisap bagian yang sulit dijangkau. Pada beberapa vacuum cleaner, terdapat penghisap debu yang sekaligus bisa menghilangkan bakteri yang menempel pada karpet mobil.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

3. Bersihkan dengan Sabun dan Air

Karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti-bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh di setiap bagian, serta sudut karpet dasar.

Foto ilustrasi mencuci karpet mobil

Jangan gunakan detergent ketika mencuci karpet karena akan membuat tampilan karpet menjadi lusuh dan lapisan beludru mudah rontok

Dengan menggunakan sabun dan air, bisa berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada di karpet dasar. Selain itu, karpet dasar sebaiknya juga dijemur, hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

4. Bersihkan Secara Berkala

Terakhir, jaga kebersihan karpet dasar secara berkala, setidaknya dua minggu sekali. Dengan karpet yang bersih, maka kabin mobil pun akan terasa lebih nyaman. “Selain itu, kemungkinan kotoran atau debu dari karpet mobil terhisap sirkulasi AC pun semakin kecil. Jadi lebih sehat dan filter AC pun semakin awet,” pungkas Nico.

>>> Kumpulan artikel tips & trik dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

 
back to top