Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

10/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Cara Melepas Aki Mobil yang Benar
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai cara melepas aki mobil agar aman tidak terjadi konsleting pad akomponen mobil yang lainnya. Selain itu perhatikan juga cara memasang aki mobil yang baru.

Cara melepas aki mobil ternyata tidak bisa sembarangan, karena kalau salah, ada risiko terjadi konsleting pada bagian komponen mobil yang lainnya, atau pada aki itu sendiri. Sehingga perlu diperhatikan beberapa hal mengenai melepas aki mobil yang benar.

Sebab perlu diketahui, sama seperti komponen mobil yang lainnya aki alias accu juga punya usia pakai. Umumnya baik aki basah maupun aki kering bisa bertahan 2-3 tahun dengan pemakaian normal. Namun ada juga yang setahun sudah diganti atau bahkan sampai 4 tahun aki baru diganti. Semua kembali lagi pada perawatan serta beban kerja komponen tersebut.

Jika aki sudah tak lagi berfungsi misalnya karena aki soak, maka aki harus dilepaskan dari mobil dan diganti dengan aki baru. Disinilah peranan mengetahui cara melepas accu yang benar untuk kemudian memasang aki yang baru.

Langkah-langkah Melepas Aki Mobil yang Benar

Sebelum mengetahui cara melepas aki mobil yg benar maka ada baiknya Anda siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

  • Kunci pas nomor 10
  • Kunci pas nomor 12
  • Tang
  • Lap kering

Kunci pas ini diperlukan untuk melepas kutub atau kepala terminal di aki mobil Anda. Mengingat jika dilakukan hanya menggunakan tangan kosong akan lebih sulit.

Nah berikut ini tahapan cara melepas aki mobil yang benar:

1. Pastikan Kunci Kontak Dilepas

Kunci Kontak Mobil

Cabut kunci kontak agar tak ada arus listrik

Sebelum memulai cara membuka aki mobil yang benar, pastikan terlebih dulu kalau mesin mobil tersebut sudah mati, lalu cabut kunci kontaknya. Hal ini agar tidak ada aliran listrik di kendaraan tersebut. Kemudian bukalah kap mesin dan temukan dimana posisi aki mobil Anda.

2. Lepas Terminal Negatif Terlebih Dulu

Kutub Negatif Aki Mobil

Terminal negatif wajib dilepas terlebih dulu

Setelah melihat posisi aki mobil, perhatikan keberadaan kutub positif (+) dan kutub negatif (-) dari aki tersebut. Terminal aki positif sering kali ditandai dengan kabel atau penutup terminal aki berwarna merah. Sementara untuk kutub aki negatif, biasanya pakai penutup terminal aki warna hitam. Sering kali pada terminal aki ini juga diberi tanda + atau -. Jika ada tanda + maka berarti itu terminal aki positif, sebaliknya jika ada tanda - artinya itu terminal aki negatif.

Cara membuka aki mobil yang benar yakni pertama-tama lepaskan kutub negatif. Gunakan kunci pas nomor 10 untuk mengendurkan baut pada terminal negatif di aki tersebut. Setelah baut terlepas, cabut terminal dari kepala aki, apabila sulit, bisa gunakan tang. Mengapa harus terminal negatif lebih dulu yang dibuka? Supaya menghindari konsleting pada komponen kelistrikan yang lainnya.

Setelah terminal aki negatif terlepas, pastikan jauhi dari kepala aki negatif supaya tak terjadi lagi arus listik.

>>> Pilihan dan Harga Aki Mobil Avanza Terlengkap

3. Lepaskan Terminal Aki Positif

Terminal Aki Positif

Copot terminal dari kepala aki

Setelah terminal aki negatif terlepas dari kepala aki, langkah selanjutnya adalah melepas kutub positif. Cara melepas aki mobil yang kutub positif ini juga perlu menggunakan kunci pas nomor 10 untuk mengendurkan bautnya sampai benar-benar terlepas dengan kepala aki.

Jika sudah terlepas, pastikan terminal aki dijauhkan pula dari kepala aki supaya proses cara melepas accu mobil ini berlngsung aman.

4. Lepaskan Bracket Aki

Bracket Aki Mobil

Lepaskan baut bracket aki mobil

Apabila kutub positif dan kutub negatif sudah terlepas dari kepala aki, maka aki tersebut jangan langsung diangkat. Karena pada bagian atas aki masih terdapat bracket aki yang berupa batang besi melintang di bagian tengah atas aki.

Bracket ini berfungsi membuat aki tidak mudah terguncang saat mobil melaju. Untuk melepaskannya Anda bisa kembali gunakan kunci pas nomor 10 untuk mengendurkan penguncinya. Namun ada juga bracket yang harus pakai kunci pas nomor 12. Tinggal sesuaikan saja mana yang pas ukuran mur pengikatnya.

5. Angkat Aki dengan Posisi Tegak Lurus

Melepas Aki

Saat mengangkat aki, pastikan posisi aki tegak lurus

Setelah bracket aki terlepas, dan semua terminal aki juga sudah tercopot dari kepala aki, maka accu baru bisa diangkat dari ruang mesn mobil. Namun perlu diingat, cara melepas aki mobil yg benar adalah dengan mengangkatnya secara tegak lurus. Ini perlu diperhatikan agar cairan pada bagain dalam aki tidak tumpah.

Apabila aki sudha terlepas dari tempatnya, Anda bisa sekalian bersihkan tempat meletakkan aki tersbut dengan lap bersih. Karena bukan tidak mungkin ada kotoran yang terselip di sela-sela aki.

>>> Begini Cara Membuat Charger Aki Mobil yang Sederhana

Cara Memasang Aki Mobil

Setelah mengetahui cara melepas aki mobil, maka tentunya Anda harus memasang kembali aki mobil yang baru. Sebab jika tidak, mobil tersebut tak akan dapat berfungsi mengingat tak mendapat pasokan sumber listrik. Berikut cara memasng aki mobil yang baru:

1. Letakkan Aki Baru Secara Hati-hati

Aki Mobil yang Baru

Sebaiknya mengganti aki dengan aki yang baru

Untuk memasang aki baru ke mobil Anda, tentunya pertama-tama keluarkan aki yang sudah di beli tersebut dari kerdus kemasannya. Lalu angkat dengan posisi tegak lurus dan letakkan tepat di posisi aki mobil yang sebelumnya sudah dilepas.

Saat hendak meletakkan, perhatikan posisi kepala aki negatif dan positifnya. Pastikan kepala aki negatif sesuai letak terminal aki negatif, begitupun dengan kepala aki positif maka posisinya wajib sejajar dengan terminal aki positif.

2. Pasang Terminal Positif Lebih Dulu

Kebalikan dengan cara melepas aki mobil yang benar, maka ketika hendak memasang aki mobil dahulukan terminal aki positif. Pastikan terminal ini direkatkan dengan sempurna ke kutub aki positif pula. Untuk mengencangkan baut terminal aki, gunakan kembali kunci pas nomor 10.

>>> Langkah-langkah Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

3. Sambungkan Terminal Aki Negatif

Jika terminal aki positif sudah tersambung dengan erat, maka lakukan langkah serupa dengan terminal aki negatif. Perlu diperhatikan, saat hendak memasang terminal aki negatif dengan kutub negatif, mungkin akan terjadi sedikit percikan api. Usah khawatir karena ini pertanda aki masih memiliki tegangan listrik yang baik.

Lakukan saja pemasangan terminal dengan kutub aki dan rekatkan dengan kunci pas nomor 10 sampai benar-benar kencang. Setelah terpasang dengan sempurna, percikan api akan hilang dengan sendirinya. Namun jika percikan api tetap muncul, maka itu pertanda terjadi konsleting pada aki atau komponen kelistrikan yang lain. Sebaiknya cabut kembali kutub negatif dan periksa jalur kelistrikan di mobil Anda.

4. Pasang Bracket Aki

Jika kedua terminal sudah melekat dengan sempurna ke kepala aki, maka langkah terakhir adalah memasang bracket aki. Pastikan bracket terpasang dengan erat supaya aki tidak mudah terguncang.

Apabila semua proses pemasangan aki ini selesai, maka cobalah untuk menstarter mesin mobil. Apabila mesin hidup maka proses pemasangan aki baru berhasil. Biarkan mesin menyala 10-15 menit hingga pasokan listrik ke semua komponen mobil berlangsung sempurna.

Nah mudah bukan untuk melepas dan memasng aki mobil sendiri di rumah. Jika ingin sedikit mau kreatif, Anda bisa kok melakukan perawatan mobil di rumah tanpa harus selalu ke bengkel.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan trik perawatan mobil yang bermanfaat lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Bisakah aki mobil dicas?
Semua aki mobil sebenarnya bisa di cas, namun yang perlu diketahui adlaah aki yang dpaat di cas yaitu yang kondisinya masih baik. Jika aki sudah rusak atau soak, maka proses cas aki hanya bersifat sementara.
Berapa usia pakai aki mobil?
Usia pakai aki mobil umumnya 2-3 tahun, namun umur aki ini tergantung dari beberapa faktor. Pertama perawatan terhadap kendaraan khususnya komponen aki, serta pemasangan komponen atau aksesoris tambahan yang membutuhkan listrik. Jika pemilik mobil tidka pernah merwat aki atau memasnag aksesoris seperti lampu-lampu, audio system yang berlebihan, maka usia aki bisa lebih pendek.
Berapa harga aki mobil baru?
Harga aki mobil bervariasi dibedakan dari jenis aki dan spesifikasi tegangannya. Namun umumnya harga aki termurah adalah jenis aki basah yang harganya mulai dari Rp 600.000-an.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top