Begini Cara Membuat Charger Aki Mobil yang Sederhana

25/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Cara membuat charger aki mobil tidaklah terlalu rumit. Tinggal siapkan alat yang diperlukan dan mengetahui rangkaiannya, maka bisa dihasilkan charger aki mobil sederhana untuk dipakai di rumah.

Mencharger aki dianggap langkah paling praktis saat aki mobil kemampuannya mulai menurun. Tentunya di toko-toko elektronik atau di pusat-pusat penjualan aksesoris otomotif dapat dengan mudah ditemui charger pengisian daya listrik aki mobil.

Karena pada prinsipnya, semua alat power supply atau adaptor tegangan listrik AC ke DC bisa dijadikan charger aki. Hanya saja agar pengisian daya pada aki mobil berjalan lancar, aman, dan tidak terlalu lama, alat tersebut harus memiliki tegangan antara 12 volt hingga 15 volt serta kemampuan daya charging minimal 5 Ampere. Semakin besar daya Ampere yang bisa dihasilkan maka semakin cepat waktu pengisian daya aki mobil.

Jika Anda mau sedikit kreatif, sebenarnya cara membuat charger aki mobil tidaklah terlalu sulit. Cukup sediakan beberapa bahan yang dibutuhkan yang pastinya bahan itu berkaitan dengan alat-alat kelistrikan, serta memahami cara kerja charger aki mobil, maka Anda bisa membuat charger aki mobil yang sederhana.

>>> Rekomendasi Charger Aki Mobil 60 Ampere atau Lebih

Cara Kerja Charger Aki Mobil

Alat Charger Aki Mobil

Charger aki mobil punya prinsip kerja yang sama dengan power supply

Seperti yang sduah disinggung tadi, cara membuat charger aki mobil harus memahami terlebih dulu prinsip cara kerja dari alat untuk pengisian daya listrik aki mobil. Dan untuk ini, Anda bisa melihat pula cara kerja power supply atau adaptor untuk komponen kelistrikan lain di rumah misalnya dengan melihat cara membuat charger baterai mobil RC.

Pada sebuah power supply, alat ini akan merubah arus listrik bolak balik dari PLN menjadi arus DC searah. Dan perlu diketahui pula, aki mobil juga menggunakan arus listrik DC. Kemudian di bagian dalam alat power supply ini terdapat sebuah alat yang bernama trafo. Fungsinya menurunkan teganan listrik PLN sesuai yang diinginkan. Lalu untuk diubah jadi arus listrik searah dibutuhkan bantuan dioda. Kemudian dari trafo dan dioda inilah disalurkan arus DC dengan tegangan yang bisa ditentukan.

Jika sudah paham prinsip kerja power supply, maka Anda akan dapat membuat charger aki mobil yang bagus juga menggunakan trafo. Namun trafo yang akan digunakan untuk membuat charger aki mobil adalah berjenis Center Tap (CT). Nantinya trafo ini akan bertugas menurunkan tegangan listrik dari PLN dari 220 volt menjadi 12-15 volt saja. Kemudian dengan bantuan dioda atau rectifer, maka arus listrik yang sudah sangat kecil itu akan dibuat searah menjadi arus DC. Sehingga arus listirk ini akan digunakan untuk mengisi daya listrik pada aki mobil.

Selain itu, perlu juga dibuat saklar tambahan untuk memilih tegangan yang hendak disalurkan ke aki. Kemudian bisa ditambah pula saklar lain yang berfungsi sebagai cara membuat charger aki mobil otomatis. Dimana denga sistem otomatis ini, ketika pengisian daya aki sudah penuh, maka akan terjadi cutoff alias daya terputus dengan sendirinya.

>>> Ini Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Mobil Tekor​​​​​​​

Peralatan untuk Membuat Charger Aki Mobil

Charger Aki Mobil Buat Sendiri

Anda bisa membuat charger aki dengan alat sederhana seperti ini

Sebelum memulai cara membuat charger accu mobil, maka perlu mempersiapkan beberapa perlatan. Adapun alat-alat yang dibutuhkan saat hendak membuat charger aki mobil yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Trafo

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, trafo berfungsi untuk menurunkan arus listrik PLN dari 220 volt ke tegangan yang Anda butuhkan. Namun saat hendak membuat charger aki mobil, Anda tidak bisa menggunakan sembarang trafo yang dijual di toko elektronik.

Pada umumnya trafo yang dibutuhkan sebagai cara buat charger aki mobil adalah yang berkapasitas maksimal 24-25 volt saja. Karena semakin tinggi voltase pada trafo, semakin banyak lilitan kawat yang dibutuhkan. Ini akan membuat harga trafo jadi semakin mahal. Padahal Anda hanya memerlukan tegangan berubah menjadi 12 volt saja.

Kemudian Anda juga boleh menambahkan rangkaian otomatis cutoff sebagai bagian dari persiapan membuat charger aki mobil otomatis tapi jangan sampai mengganggu arus keluar dan masuk ke trafo.

2. Dioda

Kalau Anda terbiasa menggunakan dioda 20 Ampere untuk trafo 20 Ampere maka sebaiknya itu dihindari ketika membuat charger untuk aki mobil. Karena kondisi ini akan sangat berbahaya, apalagi jika Anda memesan trafo khusus dengan tegangan yang sesuai permintaan Anda. Sebaiknya gunakan dioda dengan ukuran 2x lebih besar daripada kapasitas trafo. Hal ini untuk membuat charger bisa lebih tahan lama digunakan.

3. Kapasitor

Sebenarnya saat hendak membuat rangkaian charger aki mobil atau membuat charger baterai mobil RC tidak perlu menambahkan dengan kapasitor. Karena untuk charger aki mobil, aki sudah berfungsi sebagai kapasitor.

4. Ampere Meter

Anda bisa siapkan juga ampere meter untuk memantau besarnya arus listrik yang dialirkan saat proses charging aki mobil.

5. Lampu LED

Supaya yakin dalam rangkaian charger aki tersebut nantinya sudah benar dan dialiri listrik, Anda bisa tambahkan satu lampu LED. Lampu ini akan berguna sebagai indikator proses pengisian daya ke aki mobil.

>>> Langkah-langkah Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

 

Mulailah Merangkai

Rangkaian Membuat Charger Aki Mobil

Perhatikan rangkaian cara membuat charger aki mobil ini

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka waktunya untuk merangkai. Dari gambar di atas terlihat jelas jika rangkaian pembuatan charger aki mobil dimulai dari trafo kemudian disambungkan ke dioda. Anda bisa gunakan dua buah dioda atau kiprok (dioda kotak) untuk rangkaian ini. Selanjutnya dari dioda itulah bisa disambungkan dengan kabel untuk ke kutub positif (+) dan kutub negatif (-) aki mobil.

Tidak sulit bukan membuat charger aki mobil sendiri di rumah? Namun perlu diingat, tegangan dari charger aki sebaiknya lebih tinggi dari tegangan aki mobil. Jadi misalnya aki mobil memiliki tegangan 12 volt, maka usahakan tegangan charger aki diatas 12 volt. Selamat mencoba!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah aki mobil bisa dicas?
Sebenarnya semua aki mobil bisa dicas, namun jika kondisi aki sudah soak dan kehilangan daya listrik, maka pengecasan aki hanya bersifat sementara.
Berapa lama cas aki mobil?
Lamanya cas aki mobil tergantung dari kapasitas aki dan juga tegangan yang berasal dari charger aki. Jika charger aki sanggup menyalurkan tegangan lebih dari 25 Ampere maka proses charger aki bisa lebih singkat. Tapi kalau kapasitas aki cukup besar, maak cas aki akan membutuhan waktu sedikit lebih lama.
Berapa tegangan aki mobil?
Tegangan aki mobil tergantung dari spesifiksi aki tersebut. Tapi umumnya memiliki tegangan 12 volt dengan kapasitas 40 Ampere.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top