Pilihan dan Harga Aki Mobil Avanza Terlengkap

06/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Pilihan dan Harga Aki Mobil Avanza Terlengkap
Harga aki mobil Avanza berbeda-beda tergantung dari jenis aki, spesifikasinya,serta merk dari aki mobil tersebut. Namun sebelum membeli aki untuk Toyota Avanza Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Harga aki mobil Avanza sangatlah barvariasi tergantung dari jenis aki apakah aki basah atau aki kering, spesifikasi aki itu, dan merk aki tersebut. Namun sebelum memutuskan hendak membeli aki mobil yang mana, sebaiknya pahami dulu kebutuhan akan aki Toyota Avanza Anda.

Sebab aki mobil memiliki peranan vital pada sebuah kendaraan bermotor termasuk mobil. Karena komponen inilah yang akan memasok kebutuhan listrik untuk beberapa part lainnya pada mobil tersebut. Misalnya untuk menstarter mesin, untuk menghidupkan lampu-lampu, untuk membunyikan klakson, untuk menggerakkan wiper, sampai untuk mengaktifkan sistem audio.

Dan sama seperti komponen lainnya pada sebuah mobil, aki juga punya usia pakai. Jika masa pakainya sudah habis, maka sebaiknya aki segera diganti dengan yang baru, bukan sekedar di cas atau diperbaiki saja. Mengingat pentingnya peranan aki mobil, maka kembali Cintamobil.com akan kembali membahas seputar komponen tersebut. Tapi untuk artikel kali ini, kami akan fokus pada aki untuk Toyota Avanza saja ya!

>>> Memprediksi Toyota Avanza 2021 Terbaru di Indonesia, Akan Seperti Apa?

1. Ketahui Ukuran dan Umur Aki Mobil Avanza

Jenis Aki Mobil

Aki mobil umumnya bertahan sampai 2 tahun dengan pemakaian dan perawatan normal

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, jika aki mobil sudah habis masa pakainya, maka sebaiknya diganti dengan aki baru. Namun sebelum pergi ke toko aki atau toko penjual suku cadang mobil langganan Anda, maka sebaiknya ketahui dulu spesifikasi dari aki mobil Toyota Avanza Anda.

Aki Toyota Avanza yang paling umum menggunakan ukuran NS40 dengan kapaitas 32 ampere. Meskipun cukup kecil, namun aki ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan pada mobil tersebut jika tidak ditambah perangkat kelistrikan yang berlebihan.

Tapi ada beberapa pemilik Toyota Avanza yang menggunakan aki tipe NS40Z dengan kapasitas 35 ampere, atau aki NS60 dengan kapasitas45 ampere. Pemasangan aki yang lebih besar dari spesiifkasi standar masih diperbolehkan jika misalnya mobil sudah ditambah beberapa aksesoris yang membutuhkan kelistrikan. Misalnya mengganti lampu utama dengan HID atau memasnag audio system lengkap dengan subwoofer.

Sementara perihal usia pakai aki mobil Avanza, maka dengan pemakaian normal aki biasnaya dapat bertahan 2-3 tahun. Namun kalau aki kurang mendapat perawatan yang baik, maka usia aki bisa lebih cepat dari itu.

>>> Begini Cara Membuat Charger Aki Mobil yang Sederhana

2. Pilihan Merk Aki Mobil untuk Toyota Avanza

Aki Mobil GS Hybrid Avanza

Aki GS yang paling sering dipakai

Setelah mengetahui seperti apa spesifikasi aki mobil yang cocok untuk Toyota avanza, maka perlu diketahui merk aki apa saja yang menyediakan dengan spesifikasi tersebut. Karena beda merk aki maka bisa berbeda pula harga aki Toyota Avanza tersebut.

Jika Anda datang ke toko aki mobil, maka ada beberapa merk aki yang menyediakan juga aki tipe NS40, NS40Z, atau NS60. Yakni antara lain aki GS, Yuasa, G-Foce, Rocket, Incoe, Global, Delkor, atau Amaron. Namun yang banyak dipakai adalah merk GS, Yuasa, G-Force, dan Incoe. Ini karena selain terkenal karena kualitasnya, beberapa harga aki Toyota Avanza ini juga cukup terjangkau.

>>> Tips Memilih Toko yang Jual Aki Mobil Bagus

3. Selektif Saat Memilih Toko yang Jual Aki Mobil

Ganti Aki Mobil di Shop and Drive

Sebaiknya beli aki di toko yang sudah terpercaya dan memberikan garansi

Untuk membeli aki mobil, tentunya harus di toko yang menjual suku cadang ini. Sebaiknya jangan terpaku pada satu tempat saja, ini untuk mempertimbangkan mana toko yang memberikan harga aki mobil Avanza 2019 atau harga aki mobil Avanza 2020 paling terjangkau.

Tapi peru diingat juga, mempertimbangkan harga jangan dijadikan pedoman satu-satunya saat hendak memutuskan membeli aki mobil. Karena bisa saja harga murah diberikan karena aki tersebut sebenarnya aki rekondisi. Untuk itulah sebaikya perhatikan pula toko yang menjual aki mobil tersebut. Pilihlah toko yang sudah terkenal akan layanan dan kualitasnya, misalnya jaringan Shop and Drive atau toko onderdil yang selama ini memang sudah jadi langganan Anda.

Pastikan pula, jika membeli aki mobil yang baru akan diberi garansi minimal satu tahun terhitung dari aki tersebut di pasang pada kendaraan Anda. Jika garansi kurang dari setahun atau bahkan tidak ada garansi sama sekali, maka sebaiknya pilih toko lain meskipun harganya lebih mahal dari yang ditawarkan toko tersebut.

>>> Langkah-langkah Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

4. Intip Harga Aki Mobil Avanza di Shop and Drive atau Toko Lain

Aki mobil Yuasa Avanza

Yuasa juga menyediakan aki untuk Toyota Avanza

Setelah kita membahas spesifikasi aki mobil seperti apa yang cocok untuk Toyota Avanza, dan dimana tempat yang terpercaya untuk membeli aki mobil, maka saatnya kita mengetahui beberapa harga aki untuk mobil tersebut.

Harga aki ini selain dibedakan dari merknya juga dibedakan antara aki jenis basah atau aki kering alias aki MF (Mantenance Free). Ada juga beberapa produsen aki yang menawarkan jenis aki hybrid. Nah berikut ini beberapa harga aki mobil Avanza 2020, harga aki mobil Avanza 2019, atau harga aki mobil untuk Toyota Avanza tahun produksi lainnya:

  • Aki GS NS40 MF : Rp 700.000 - Rp 850.000
  • Aki GS NS40 Premium : Rp 650.000 - Rp 690.000
  • Aki GS NS40 Hybrid : Rp 650.000 - Rp 720.000
  • Aki Yuasa NS40 MF : Rp 800.000 - Rp 920.000
  • Aki Yuasa NS40 : Rp 640.000 - Rp 730.000
  • Aki INCOE NS40 : Rp 460.000 - Rp 510.000
  • Aki GS NS40Z MF : Rp 800.000 - Rp 910.000
  • Aki Yuasa NS40Z : Rp 670.000 - Rp 750.000
  • Aki GS NS60 MF : Rp 900.000 - Rp 1.000.000

Perlu diketahui, jika ingin membeli aki mobil di jaringan Shop and Drive maka umumnya hanya disediakan merek GS dan INCOE. Sementara untuk di toko aki mobil lainnya, maka pilihan merk aki cenderung lebih lengkap.

>>> Rekomendasi Charger Aki Mobil 60 Ampere atau Lebih

5. Pahami Risiko Beli Aki Mobil Bekas

Aki Mobil Avanza Bekas

Usia pakai aki bekas biasanya lebih singkat

Seringkali pemilik mobil ingin mencari aki dengan harga termurah, sehingga mereka tak peduli jika ternyata aki yang akan dipakai tersebut adalah aki bekas. Ini lantaran harga aki mobil Avanza bekas jauh lebih murah ketimbang yang baru.

Kalau si penjual jujur menyebutkan jika aki yang ia tawarkan adalah aki bekas dan membenderol dengan harga aki mobil Avanaza bekas yang wajar tentu tak jadi masalah. Yang lebih buntung adalah kalau ternyata Anda membeli aki bekas tapi hanya sedikit lebih murah dari harga aki baru, karena si penjual mengklaim kalau barang tesebut adalah aki baru.

Meskipun terlihat lebih murah, namun menggunakan aki bekas tidak akan memiliki usia pakai yang lama. Anda tidak pernah tahu sudah berapa lama aki tersebut dipakai oleh pemilik mobil sebelumnya. Sehingga ketika Anda pakai, usia aki hanya sanggup bertahan beberapa bulan saja. Dengan kondisi ini Anda malah mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengganti aki mobil 2x lebih sering daripada membeli aki baru yang bisa bertahan sampai 2 tahun.

Nah itu tadi serba serbi sebelum memutuskan untuk membeli aki untuk Toyota Avanza kesayangan Anda. Ingat, janana tergiur harga murah ya, pastikan aki tersebut memang sesuai spesifikasi yang direkomendasikan untuk Toyota Avanza dan memiliki garansi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Ada berapa jenis aki mobil?
Aki mobil dibedakan atas beberapa tipe, yaitu aki basah, aki hybrid, dan aki kering atau aki MF (Maintenance Free).
Dimana tempat beli aki mobil?
Aki mobil bisa ditemukan di penjual aki, atau toko-toko suku cadang mobil. Namun sebelum membeli pastikan jika kondisi aki tersebut baru, masih bersegel, dan memiliki garansi setidaknya satu tahun atau 12 bulan.
Apakah aki mobil bisa dicas?
Sebenarnya baik aki basah maupun aki kering bsia di cas jika memang kemampuan daya listriknya sudah menurun. Namun pastikan cas aki mobil ini hanya dilakukan pada kondisi aki masih bisa dipakai. Cas hanay untuk menaikkan tegangan aki seperti sedia kala. Sementara jika kondisi aki sudah rusak atau soak, cas aki hanay bersifat sementara.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Merawat Aki Mobil

Aki merupakan bagian yang paling vital pada sebuah kendaraan baik mobil maupun motor karena komponen ini menyalurkan daya listrik ke berbagai penunjang pada kendaraan seperti starter, klakson, lampu dan lain sebagainya. Namun sayangnya masih banyak orang yang menganggap alat ini kurang begitu penting dan bahkan ada yang tidak pernah mengeceknya sama sekali. Padahal Aki harus selalu dilakukan perawatan khusus supaya tetap awet serta berumur panjang.

Lihat juga

Berikut 7 Tips Aman Jumper Aki Mobil

25/11/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jumper aki bisa menjadi tindakan darurat ketika aki mobil Anda mati di jalan. simak 7 tips jumper aki yang aman berikut ini

Lihat juga

3 Kegiatan Rutin Ini Bisa Merawat Aki Mobil Anda

06/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Merawat aki mobil mudah kok. Anda hanya perlu melakukan beberapa kebiasaan kecil, maka usia pakai aki mobil Anda bisa lebih tahan lama.

Lihat juga

Bukan Cuma Soak, Ini 4 Tanda Aki Mobil Rusak

14/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Tanda aki mobil rusak paling umum adalah mobil sulit distarter atau bahkan mogok diperjalanan. Padahal sebelum itu terjadi, ada tanda-tanda lain yang bisa Anda deteksi.

Lihat juga

Berapa Umur Aki Mobil Sebenarnya?

26/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Umur aki pada tiap mobil berbeda-beda karena pengaruh faktor eksternal. Ada yang awet, tak jarang juga yang cepat harus diganti. Lantas berapa umur aki mobil?

Lihat juga
 
back to top