Begini Perbedaan Cara Merawat Mobil Transmisi Manual dan Otomatis

02/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara merawat mobil transmisi manual dan otomatis simak tipsnya di bawah ini dari Auto2000.

Ada 2 opsi transmisi yang bisa Anda pilih ketika membeli mobil baru Toyota, yakni manual dan otomatis atau biasa disebut matik. Masing-masing jenis transmisi memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk cara merawatnya supaya dapat bekerja optimal dalam membantu mobilitas pelanggan. Lalu sebenarnya apa perbedaaan transmisi manual dan otomatis dan bagaimana cara merawat keduanya? Penasaran? simak tipsnya di bawah ini dari Auto2000.

>>> Ini Dia Bahayanya Pasang Klakson Telolet dan Lampu Warna

Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis

Transmisi manual kini tidak lagi jadi pilihan utama kerena menggunakan mekanisme kerjanya yang cukup rumit. Seiring waktu, transmisi matik mulai jadi primadona karena meniadakan pedal kopling sehingga membuat pengguna mobil merasa lebih nyaman karena tidak perlu menggunakan pedal kopling ketika berkendara, terlebih disaat kondisi macet. Namun demikian, transmisi manual lebih andal di rute tol atau antar kota yang bebas macet karena sanggup menyalurkan tenaga lebih cepat. Meski begitu, perlu diketahui perawatan kedua jenis transmisi ini sehingga lebih aman dalam berkendara.

Cara Merawat Mobil Transmisi Manual 

Bagian pertama yang wajib dirawat adalah kopling mekanis. Hindari kebiasaan buruk seperti tidak menekan pedal kopling secara benar saat perpindahan gigi atau kasar saat melepas dan menekan. Hindari pula kebiasaan menahan setengah kopling saat di tanjakan karena akan mempercepat keausan pada kampas kopling. Jangan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil berjalan karena akan mempercepat keausan kopling.

Gambar menunjukan Transmisi manual

Transmisi manual lebih andal di rute tol atau antar kota

Yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas oli transmisi manual yang bekerja melumasi gigi transmisi, synchromesh, dan komponen lain di dalam rumah transmisi. Oli transmisi manual yang terjaga kualitasnya akan melindungi gigi transmisi, memudahkan perpindahan gigi, dan menambah panjang usia pakai transmisi.

>>> Mengenal Posisi Mesin Tengah yang Memaksimalkan Beragam Keunggulan

Perawatan Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis memanfaatkan tekanan oli dan Torque Converter  untuk menggerakkan perpindahan gigi. Torque Converter  menggantikan kopling mekanis dan seluruh komponen yang berada di dalam transmisi terendam oli. Artinya, pelumas memegang peran penting dalam menjaga performa transmisi matik.

Gambar menunjukan Matic

Jangan salah pilih pelumas untuk mesin mobil Anda

Automatic Transmission Fluid (ATF) memiliki tugas sebagai pelumas seluruh komponen bergerak, baik di dalam torque converter maupun rumah transmisi. Selain itu, ATF juga harus menyalurkan tenaga hidrolis bertekanan tinggi untuk mengoperasikan kopling dalam rangka menyalurkan daya mesin dan melakukan perpindahan gigi.

Gambar menunjukan Toyota Home Service

Manfaatkan program THS BTS

Ada beberapa tipe ATF di mobil Toyota sesuai dengan teknologi yang diaplikasikan. Mulai dari Dexron II sampai IV, T-IV, WS, dan CVT, memiliki spesifikasi yang berbeda terkait kekentalan fluida dan performa lain seperti kemampuan menyerap panas dan melindungi komponen dari gaya gesek. Penggunaan ATF yang salah akan mempengaruhi performa transmisi matik.

>>> Toyota Sienta JDM Kini Semakin Aman Dan Gagah

Merawat Transmisi Mobil Toyota

Pengoperasian yang benar menjamin transmisi mobil dapat bekerja dengan baik tanpa kendala. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi bengkel Auto2000 jika menemukan ketidaknyamanan atau keanehan pada transmisi ketika berkendara, termasuk cara merawat mobil transmisi manual dan matic hingga dalam menentukan jenis oli yang sesuai untuk mobil kesayangan.

Servis berkala juga menjadi kunci perawatan transmisi mobil. Sesuai dengan rencana adanya implementasi PPKM darurat Jawa-Bali,maka perawatan transmisi mobil bisa dilakukan di rumah. 

Teknisi THS - Auto2000 Home Service akan mengecek kondisi transmisi dan menyarankan perbaikan jika terdeteksi ada masalah.  Untuk itu Anda bisa memanfaatkan Program THS BTS – Booking THS Saja untuk booking servis berkala menggunakan layanan THS melalui Auto2000 Digiroom. Disediakan gratis 1 liter TMO Oil Synthetic sampai batas waktu servis berkala 31 Juli 2021.

>>> PPKM Darurat Level 3 Atau Level 4, Apa Arti dan Perbedaannya?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top