Tips Setting Audio Mobil Agar Lebih Nyaman Saat Berkendara

30/04/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Bagaimana cara melakukan setting audio mobil yang benar? Cara setting audio pada mobil bisa dilakukan sendiri, juga menggunakan processor serta aplikasinya.

Bagi sebagian besar pemilik mobil, perangkat audio merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan. Ketika terjebak macet atau sekedar mengurangi kebosanan saat menyetir jarak jauh, keberadaan audio mobil bisa menjadi teman setia selama perjalanan. Pada dasarnya, setting audio mobil dapat dilakukan sendiri hanya dengan beberapa langkah saja. Awalnya memang terlihat rumit, namun hasilnya akan sebanding dengan kualitas audio yang nyaman didengar telinga pada mobil Anda.

Mengenal Sistem Audio Mobil

Perangkat pada audio mobil terdiri atas head unit dan beberapa buah speaker. Pada beberapa audio mobil premium juga ditambahkan tweeter, power amplifier, serta subwoofer yang berukuran compact. Jika tersusun dengan lengkap dan setting audio mobil telah dilakukan dengan benar, komponen-komponen tersebut akan menghasilkan suara yang berkualitas dan sangat nyaman bagi telinga Anda.

Namun, komponen tersebut juga bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu jika suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Bisa saja kesabaran Anda diuji ketika selama perjalanan harus terpaksa mendengarkan suara audio yang sangat tidak nyaman untuk didengarkan.

beberapa komponen penyusun sistem audio mobil

Ada beberapa komponen penyusun sistem audio mobil

Menurunnya kualitas suara pada perangkat audio sebenarnya bisa diantisipasi dengan rutin mengecek setting audio mobil sendiri. Permasalahannya adalah tidak semua pemilik mobil memiliki hobi utak-atik. Sebagian besar hanyalah tipe penikmat perangkat hiburan tersebut.

Kira-kira Anda termasuk tipe yang mana nih? Meski berbagai tipe, satu hal yang harus diingat oleh pemilik mobil bahwa masalah serius pada sistem audio, baik komponen maupun sistem kelistrikan, ternyata dipengaruhi oleh kesalahan dalam memperlakukan perangkat tersebut.

>>> Tips Memilih Toko Audio Mobil Terdekat yang Bagus

Tips Memaksimalkan Setting Equalizer Audio Mobil

Semakin hari perkembangan perangkat audio mobil semakin canggih dan juga sangat membantu mempermudah penggunanya. Beberapa head unit saat ini fungsinya tidak hanya sebagai sumber sinyal suara saja, namun juga banyak disematkan fitur-fitur multimedia pendukung. Sayangnya, masih banyak pengguna yang ternyata belum familiar dengan fitur-fitur tersebut. Khususnya adalah fitur equalizer yang membutuhkan pengetahuan tentang frekuensi suara ketika ingin mengutak-atiknya. 

Pentingnya Memperhatikan Cara Menyetel Audio Mobil

Setting audio pada mobil perlu diperhatikan 

Menggunakan Cara Manual Setting Equalizer

Saat ini head unit keluaran terbaru memiliki sekitar 13 band setting frekuensi suara. Jika Anda ingin mendapatkan kualitas suara yang mumpuni, dibutuhkan cutting frekuensi di setiap band frekuensi. Perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki keterbatasan akustik kabin yang sesuai dengan jenisnya, sehingga cutting suara juga bisa jadi tidak sama. 

Tips paling sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas suara adalah dengan ukuran Sub Bass 20Hz - 60 Hz dan Bass Frequency 60Hz - 100Hz.  Sementara untuk ukuran Low Mid Frequency 100 Hz - 500Hz lalu Mid Range 500 Hz - 5Khz dan High Frequency 5Khz - 20Khz. Konsep ini hanyalah perkiraan secara general karena semuanya harus dikembalikan pada konsep awal bahwa tugas equalizer adalah mengembalikan suara ke bentuk awal. Terkadang telinga manusia memiliki respon yang berbeda sehingga akan berpengaruh pada preferensi pendengar serta selera seni masing-masing. 

>>> Mengenal Paket Audio Mobil Terbaik Beserta Aliran Modifnya

Menggunakan Bantuan Alat Setting Audio Mobil

Cara lain untuk memperbaiki kualitas audio mobil adalah dengan menggunakan sebuah alat bantu yang bernama Digital Sound Processor (DSP). Cara setting audio mobil dengan alat ini budget yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harus mengganti head unit. Fungsi dari DSP adalah untuk mengolah frekuensi suara yang dihasilkan dari masing-masing speaker di dalam mobil. 

Gambar Audio pada Mobil\

Foto Audio pada Mobil 

Setiap speaker mobil secara default menghasilkan frekuensi suara low, mid, dan high dengan equalizer band flat. Dengan bantuan DSP, equalizer band speaker bisa diatur sampai menemukan titik keluaran suara yang paling optimal. Alat ini juga bisa mengatur jarak rentang frekuensi sehingga setiap speaker yang keluar bisa diarahkan ke satu titik pantulan terbaik, yaitu area depan tengan dashboard. Harga alat DSP ini dibanderol mulai dari Rp2,7 jutaan saja. 

>>> Waduh, Ternyata Berbahaya Matikan Mesin Mobil Tiba-tiba!

Aplikasi Setting Audio Mobil

Cara paling mudah untuk mendapatkan suara audio yang berkualitas pada mobil Anda adalah dengan menggunakan aplikasi. Beberapa mobil keluaran terbaru mendukung penuh penggunaan aplikasi audio pada perangkat seluler. Untuk menggunakannya, Anda harus menyinkronkan terlebih dahulu antara ponsel dan sistem audio mobil. 

Audio Mobil Sebagai Entertainment di dalam Mobil

Audio mobil bisa memberikan hiburan ketika berkendara

Berikut ini beberapa aplikasi pengaturan audio mobil yang bisa Anda coba untuk kenyamanan Anda ketika berkendara:

  • App Remote
  • CarMusic Streaming
  • EasyConnection
  • Neutralizer
  • Equalizer

Aplikasi setting audio di atas bisa Anda download di Google Play.

>>> Harmonic Harmony High End ANL Fuse, Bikin Kualitas Audio Mobil Makin Berkelas

Penyebab Setting Audio Bermasalah

Seiring dengan penggunaannya, audio mobil mengalami penurunan kualitas suara sehingga membuat Anda tidak nyaman ketika menyetel musik saat berkendara. Setelah ditelusuri, ternyata beberapa kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh pengguna mobil yang menyebabkan kerusakan pada sistem audio.

1. Menyalakan dan Mematikan Audio Secara Paksa

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengguna mobil adalah mematikan mesin mobil tanpa menekan tombol off pada perangkat audionya. Kondisi ini menyebabkan ketika mobil kembali dinyalakan, sistem audio akan mendadak mendapat aliran listrik yang besar.

Cara Setting Audio Mobil yang Benar

Pemasangan sistem audio pada mobil yang benar 

>>> Serba Serbi dan Daftar Harga Power Audio Mobil Kenwood

Kebiasaan ini akan menyebabkan beberapa komponen pada sistem audio menjadi cepat aus. Arus listrik pada sistem audio ibarat hentakan yang hebat sehingga menyebabkan beberapa komponen kelistrikan lainnya bisa hangus atau jebol. 

2. Setting Subwoofer Mobil Tidak Sesuai Amplifier

Pemasangan audio yang tidak kompatibel akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan sehingga membuat audio rusak sebelum dipakai. Kalaupun bisa dipakai, jika subwoofer dan amplifier tidak serasi, suara yang keluar juga tidak akan maksimal. Pastikan impedansi dan konfigurasi pada subwoofer sudah benar untuk amplifiernya. Kekuatan amplifier juga harus di bawah atau tidak boleh melebihi subwoofer. 

Sebisa mungkin hindari kebiasaan yang membuat sistem audio menjadi bermasalah. Tentunya, Anda bisa melakukan sendiri pengecekan rutin audio mobil di rumah. Dan jangan lupa untuk tetap melakukan servis secara berkala ke bengkel agar kualitas audio Anda tetap terjaga. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga audio mobil yang bagus?
Semua harga audio mobil sangat bergantung pada merek yang digunakan. Untuk satu paket audio mobil (terdiri dari head unit, power 4 channel, speaker, dan subwoofer) dibanderol mulai dari Rp650.000.
Mengapa suara speaker mobil pecah?
Kerusakan pada komponen seperti elco, dioda, atau kabel yang konslet bisa menjadi penyebabnya. Segera ganti komponen tersebut. Suara pecah juga bisa disebabkan oleh daya power yang terlalu kecil sehingga gerak membran tidak bisa optimal.
Apa merk audio mobil yang bagus?
Karena setiap orang memiliki selera pendengaran yang berbeda, di luar sana banyak sekali merek audio mobil yang bagus. Tinggal sesuaikan dengan budget saja. Ada merek Harman Kardon, Pioneer, Kenwood, Keeker, dan mash banyak lagi.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top