Arti Kode Plat Nomor S Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia

17/04/2021

Pengemudian

3 menit

Arti Kode Plat Nomor S Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia
Plat nomor S merupakan kode plat nomor kendaraan yang digunakan pada beberapa wilayah di Jawa Timur. Di mana saja area tersebut?

Plat nomor S digunakan pada mobil penumpang, kendaraan umum, truk, bus, hingga sepeda motor yang berasal dari Jawa Timur, khususnya Bojonegoro, Jombang, Tuban, Lamongan dan Mojokerto. Seperti pada umumnya, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor berisi dua baris kode huruf dan angka yang masing-masing memiliki arti.

Huruf awal pada baris pertama merupakan kode wilayah tempat kendaraan yang didaftarkan, kemudian terdapat nomor polisi di bagian tengah. Sementara di bagian belakang adalah kode kabupaten atau kota.

Sedangkan untuk empat angka di baris bawah menunjukkan bulan dan tahun penanda habisnya masa berlaku plat nomor kendaraan. Maka itu, pemilik kendaraan perlu melakukan pembayaran pajak setiap setahun sekali dan lima tahun sekali untuk mengurus STNK.

>>> Plat Nomor 'RF' Tak Sakti, Langgar Lalu Lintas Bakal Ditindak

Kode Plat Nomor S untuk Bojonegoro dan Sekitarnya

Mobil dengan Plat Nomor S

Plat Nomor S digunakan untuk wilayah eks Karesidenan Bojonegoro

Seperti yang diketahui sebelumnya jika plat nomor S digunakan untuk kendaraaan bermotor di kawasan Bojonegoro dan sekitarnya. Lebih tepatnya digunakan oleh wilayah eks Karesidenan Bojonegoro, yakni Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Jombang.

Masing-masing dari wilayah tersebut memiliki kode tersendiri yang bisa dilihat dari kombinasi huruf di kode plat nomor belakang. Misalnya S 1234 ED berarti kendaraan tersebut teregistrasi di Kabupaten Tuban. Nah, berikut ini rincian kode plat nomor S pada kawasan Bojonegoro dan sekitarnya.

  • Kabupaten Tuban: S dengan kode plat nomor belakang E*/F*/G*/H*, misalnya S 1234 EZ.
  • Kabupaten Bojonegoro: S dengan kode plat nomor belakang A*/B*/C*/D*, misalnya S 1234 DH.
  • Kabupaten Jombang: S dengan kode plat nomor belakang W*/X*/Y*/Z*, misalnya S 1234 YA.
  • Kabupaten Mojokerto: S dengan kode plat nomor belakang S*/T*/U*/V*, misalnya S 1234 SI.
  • Kabupaten Lamongan: S dengan kode plat nomor belakang I*/J*/K*/L*, misalnya S 1234 IQ.

TNKB atau plat nomor wajib dipasang, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, bahwa plat nomor di belakang kendaraan wajib diberi penerangan warna putih sehingga bisa dibaca minimal jarak 50 meter. Kendaraan bermotor tanpa TNKB yang ditetapkan Polri bisa dipidana dengan pasal 280 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

>>> Arti Kode Plat Nomor R Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia

Kombinasi Angka Pada Plat Nomor Kendaraan

kode plat nomor s

Kombinasi angka pada plat nomor S digunakan untuk membedakan jenis kendaraan

Untuk Anda yang berwilayah di Bojonegoro dan sekitarnya, plat nomor juga terdapat kombinasi angka setelah plat nomor S, sesuai dengan domisili wilayah yang terdaftar. Kombinasi plat nomor pada kendaraan bisa terdiri dari satu hingga empat angka.

Untuk kombinasi angka 1-2999 digunakan untuk kendaraan berjenis pengangkut penumpang milik perorangan. Kombinasi angka 3000-6999 digunakan untuk kendaraan jenis sepeda motor. Untuk kombinasi 8000-8999 digunakan untuk kendaraan pengangkut penumpang atau barang. Sementara kombinasi 7000-7999 digunakan untuk bus, sedangkan kombinasi angka 9000-9999 digunakan untuk kendaraan pick up atau truk.

>>> Arti Kode Plat Nomor Z yang Dipakai di Indonesia

Membuat Plat Nomor Mobil Cantik

Nah, tak sedikit pengendara yang menggunakan plat nomor mobil cantik alias kombinasi angka dan huruf unik yang membentuk satu kata tertentu, seperti B 14 RIN, R 4444 DEN, atau AD 418 U. biasanya plat nomor cantik terdiri dari kombinasi 1-3 angka dengan huruf yang disesuaikan. Bahkan tak jarang jika plat nomor cantik digunakan untuk personalisasi inisial atau tempat tanggal lahir.

plat nomor cantik

Anda bisa membuat plat nomor cantik

Lalu bagaimana membuat plat nomor cantik? Untuk Anda yang menggunakan plat nomor S bisa saja menggunakan plat nomor mobil cantik. Anda bisa kunjungi kantor Samsat sesuai domisili KTP, lalu datang ke loket pendaftaran plat nomor mobil untuk pembuatan plat nomor dengan membawa beberapa dokumen persyaratan. Seperti membawa faktur pembelian untuk mobil baru atau STNK dan BPKB untuk mobil bekas.

Sedangkan biaya membuat plat nomor cantik berbeda mengacu pada Peraturan pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia. Sebagai gambaran, berikut ini biayanya.

  • Plat nomor 1 angka, jika tidak ada huruf di belakang angka biaya Rp 20 juta, jika ada huruf di belakang angka biayanya Rp 15 juta.
  • Plat nomor 2 angka, jika tidak ada huruf di belakang angka biaya Rp 15 juta, jika ada huruf di belakang angka biayanya Rp 10 juta.
  • Plat nomor 3 angka, jika tidak ada huruf di belakang angka biaya Rp 10 juta, jika ada huruf di belakang angka biayanya Rp 7,5 juta.
  • Plat nomor 4 angka, jika tidak ada huruf di belakang angka biaya Rp 7,5 juta, jika ada huruf di belakang angka biayanya Rp 5 juta.

>>> Kode Plat Nomor E dari Wilayah Mana Saja?

Arti Warna Plat Nomor Mobil

warna plat nomor

Setiap warna plat nomor memiliki fungsi yang berbeda

Anda tentu pernah melihat plat nomor mobil menggunakan warna berbeda. Ada yang warna hitam, kuning, merah, dan putih. Apa saja yang membedakan?

  • Hitam dengan tulisan putih: untuk kendaraan milik perseorangan atau kendaraan sewa.
  • Kuning dengan tulisan hitam: untuk kendaraan angkutan umum baik angkutan orang atau barang.
  • Merah dengan tulisan putih: untuk kendaraan dinas pemerintah baik BUMN atau Pemda.
  • Putih dengan tulisan biru: untuk kendaraan korps diplomatik negara asing.

>>> Arti Kode Plat Nomor T Pada Kendaraan Bermotor

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan untuk Wilayah Bojonegoro

Saat sudah memiliki kendaraan, pemilik diharuskan untuk membayar pajak. Saat ini Polri dan pemerintah memudahkan masyarakat untuk cek plat nomor kendaraan, mengetahui informasi pemilik, area Samsat, hingga besaran pajak yang harus dibayar dengan menggunakan smartphone.

Anda bisa menggunakan SMS dengan format JATIM [spasi] plat nomor kendaraan lalu kirim ke 7070. Bisa juga melalui https://esamsat.jatimprov.go.id/ atau melalui aplikasi e-Smart SAMSAT JATIM di PlayStore. Di aplikasi tersebut Anda bisa mendapatkan informasi besaran pajak jingga jadwal Samsat keliling.

>>> Baca juga tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Plat nomor R dipakai untuk daerah mana saja?
Plat nomor R digunakan oleh wilayah eks Karesidenan Bojonegoro, yakni Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Jombang.
Apa plat nomor R bisa bayar pajak online?
Bisa. Anda bisa mengetahui caranya dengan download aplikasi e-Smart SAMSAT JATIM di PlayStore.
Bisakah mutasi plat nomor E ke wilayah lain?
Semua plat nomor dari seluruh daerah di wilayah Indonesia bisa dimutasi ke wilayah lainnya dengan mematuhi prosedur yang berlaku.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top