Arti Kode Plat Nomor Z yang Dipakai di Indonesia

09/04/2021

Pengemudian

8 menit

Plat nomor Z merupakan kode TNKB yang digunakan pada kendaraan bermotor yang terdaftar resmi pada kepolisian di sejumlah wilayah Jawa Barat bagian timur. Dimana saja wilayah itu?

Plat nomor Z yang digunakan pada mobil maupun sepeda motor tentunya memiliki arti tersendiri. Sebagaimana plat nomor polisi (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berkode B yang berarti kode wilayah untuk Jakarta, maka huruf T di bagian depan plat nomor tersebut juga menunjukkan kode wilayah tertentu.

Adapun plat nomer Z merupakan kode TNKB digunakan pada kendaraan yang terdaftar di kepolisian wilayah eks Karesidenan Priangan Timur, Jawa Barat. Yang termasuk wilayah ini adalah beberapa kota di bagian timur Jawa Barat, yaitu Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar.

Lalu bagaimana membedakan jika plat nomor kendaraan tersebut berasal dari kepolisian wilayah-wilayah yang berbeda tadi? Apa pula bedanya plat nomor dengan warna-warna tertentu? Ternyata semua itu ada artinya masing-masing. Yuk kita bahas satu per satu.

>>> SUV Bergaya Off-Road Nissan X-Terra 2021 Meluncur di Timur Tengah

Membedakan Asal Wilayah Plat Nomor Z

Plat Nomor Awalan Z

Plat nomor untuk wilayah Garut

Seperti halnya kode plat nomor huruf lain, untuk plat nomor Z bukan hanya dipakai di suatu kota saja, namun digunakan untuk satu wilayah daerah tertentu. Sudah disebutkan sebelumnya, jika kode TNKB berawalan huruf Z, umumnya dipakai untuk kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar.

Nah tiap-tiap Samsat wilayah tadi ternyata memiliki kode tertentu yang disertakan pada kombinasi kode plat nomor huruf belakang. Misalnya jika ada mobil dengan plat nomor berkode Z 1234 AG maka itu berarti terdaftar di Samsat yang berbeda dengan mobil yang berkode TNKB Z 4567 HQ. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan kode wilayah Samsat untuk plat nomor Z:

  • Kabupaten Sumedang : Z dengan kode plat nomor belakang A*/B*/C*, misalnya Z 1234 AG;
  • Kabupaten Garut : Z dengan kode plat nomor belakang D*/E*/F*/G*, misalnya Z 1234 EQ;
  • Kota Tasikmalaya : Z dengan kode plat nomor belakang H*/I*/J*, misalnya Z 1234 HK;
  • Kabupaten Tasikmalaya : Z dengan kode plat nomor belakang K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*, misalnya Z 1234 MO;
  • Kabupaten Ciamis : Z dengan kode plat nomor belakang T*/U*/V*, misalnya Z 1234 TI;
  • Kabupaten Pangandaran : Z dengan kode plat nomor belakang W*, misalnya Z 1234 WJ;
  • Kota Banjar : Z dengan kode plat nomor belakang X*/Y*/Z*, misalnya Z 1234 ZZ.

>>> Arti Kode Plat Nomor T Pada Kendaraan Bermotor

Kombinasi Angka Jadi Kode Jenis Kendaraan

Kode plat nomor motor Z

Kombinasi angka 3000-6999 berarti menunjukkan kode TNKB untuk kendaraan jenis sepeda motor

Selain kode huruf pertama di TNKB yang memiliki makna untuk menunjukkan domisili wilayah tempat dokumen kendaraan tersebut terdaftar, maka kombinasi angka di plat nomor kendarana bermotor juga puny arti tertentu. Kombinasi angka pada plat nomor pada kendaraan bermotor bisa hanya satu angka, dua, tiga, atau empat angka.

Untuk kombinasi angka 1-2999 artinya kendaraan tersebut berjenis kendaraan pengangkut penumpang milik perorangan. Jika memiliki kode angka 3000-6999 berarti itu kendaraan jenis sepeda motor. Sementara kombinasi angka 8000-8999 artinya itu kendaraan pengangkut penumpang atau barang. Sedangkan bus kombinasi angka yang digunakan 7000-7999 dan kendaraan pick up atau truk pakai kode angka 9000-9999.

>>> Kode Plat Nomor E dari Wilayah Mana Saja?

Beda Warna Plat Nomor Beda Pula Artinya

Plat Nomor Z Merah

Plat nomor warna merah menunjukkan kendaraan khusus

Kemudian yang perlu dipahami juga mengenai plat nomor kendaraan alias TNKB adalah warna dari plat nomor tersebut. Sebab ada plat nomor yang menggunakan warna hitam, kuning, merah, dan putih. Berikut penjelasannya :

Warna Plat Nomor Warna Tulisan Plat Nomor Diperuntukkan bagi Kendaraan
Hitam Putih Kendaraan milik perseorangan atau kendaraan sewa
Kuning Hitam Kendaraan angkutan umum baik angkutan orang atau barang
Merah Putih Kendaraan dinas pemerintah baik BUMN atau Pemda
Putih Biru atau hitam Kendaraan korps diplomatik negara asing

Dari keempat warna plat nomor tadi, jika ada tambahan lis biru di bagian bawah plat nomor, maka itu berarti kode TNKB untuk setiap kendaraan bertenaga baterai dan motor listrik.

Cara Cek Plat Nomor Z Online Lewat Ponsel

Aplikasi Sambara

Aplikasi Sambara untuk cek kode plat nomor kendaraan wilayah Jawa Barat

Jika Anda berdomisili di wilayah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar, atau memiliki kendaraan dengan plat nomor Z, maka bisa mengetahui informasi pemilik, wilayah Samsat, hingga besar pajak dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut melalui berberapa cara mudah hanya menggunakan ponsel.

Jika Anda menggunakan ponsel bersistem operasi Android, maka bisa juga unduh dan pasang aplikasi Sambara. Melalui aplikasi ini Anda dapat mengetahui besarnya pajak kendaraan, lokasi Samsat serta jadwal Samsat Keliling.

Itu tadi beberapa hal mengenai informasi terkait kode plat nomor Z. Semoga bisa membantu memperluas pengetahuan Anda ya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Kode plat nomor Z dipakai untuk daerah mana saja?
Kendaraan bermotor yang menggunakan plat nomor berawalan huruf Z, maka kendaraan tersebut terdaftar di kepolisian wilayah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar.
Kode plat nomor belakang Z untuk wilayah mana?
Jika kendaraan tersebut menggunakan plat nomor dengan awalan huruf B tapi kode plat nomro elakannya pakai kombinasi huruf Z dengan huruf lain, misalnya B 1234 ZRR, maka kendaraan itu terdaftar di kepolisian wilayah Depok.
Apakah bisa bayar pajak kendaraan online plat Z?
Jika Anda menggunakan aplikasi mobile Sambara, maka dapat mengetahui berapa biaya pajak kendaraan tersebut, masa berlaku pajak tersebut, serta membayar pajak melalui ATM.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top