Pahami Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Mobil

20/08/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Pahami Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Mobil
Terkadang kita beranggapan waktu yang tepat menyalakan lampu mobil adalah ketika berkendara malam hari. Padahal lampu mobil bukan cuma bertujuan untuk membantu penerangan lho!

Setiap mobil tentunya memiliki fitur lampu utama yang ditempatkan pada bagian depan kendaraan. Tujuannya adalah memberikan penerangan saat pengemudi membutuhkan pandangan ke arah depan yang lebih jelas.

Umumnya pengemudi mengetahui jika waktu yang tepat menyalakan lampu mobil adalah ketika berkendara malam hari. Mengingat pada kondisi tersebut, pengendara butuh penerangan cukup agar mampu mengetahui bagaimana kondisi ke arah depan.

Padahal ternyata menyalakan lampu utama bukan cuma ketika hendak berkendara di malam hari. Berikut tipsnya dari Cintamobil.com.

>>> Masalah Lampu, BMW Recall Z4 dan Toyota Supra

Bukan Cuma Saat Malam Hari

Mobil dengan lampu menyala

Lampu mobil juga bertugas sebagai alat komunikasi dengan pengguna jalan lain

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) menyebut, kalau lampu utama pada mobil  bukan cuma sebagai alat penerangan. Melainkan juga bertugas sebagai alat komunikasi mobil kita dengan pengguna jalan yang lainnya.

"Jadi menyalakan lampu bukan hanya untuk bisa melihat jelas ke depan, tapi pengguna jalan lain bisa melihat keberadaan kita atau tidak," ucapnya seperti dikutip dari laman JDDC, Selasa (18/08/2020).

Pemahaman inilah yang menurut dia menjadi modal dasar bagaimana setiap pengemudi mengetahui kapan waktu tepat menyalakan lampu mobil saat berkendara di jalan raya.

>>> Plus Minus Perjalanan Malam Hari Saat Bepergian Jarak Jauh

Perhatikan Etika dengan Pengguna Jalan yang Lain

Lampu utama mobil menyala

Lampu utama sebaiknya dinyalahkan ketika keadaan sekitar gelap, meskipun itu di parkiran

Lebih jauh Jusri menyebut, untuk mengetahui kapan waktu tepat menyalakan lampu mobil adalah dengan memperhatikan pengendara lain. Mungkin saja saat sore hari pandangan Anda masih cukup jelas ke arah depan, tapi belum tentu dengan pandangan pengendara lain. Begitu pun ketika hujan deras atau memasuki terowongan, beberapa pengemudi mungkin akan terbatas pandangannya.

Disinilah peran Anda untuk mementingkan rasa empati kepada pengendara lain. Dengan menyalakan lampu utama, maka Anda ikut membantu pengendara lain yang mungkin saja pandangannya terbatas sehingga bisa mengetahui keberadaan Anda di jalan.

"Mungkin saja orang lain karena usianya lebih tua memiliki penglihatan yang tidak sebaik kita saat kondisi jarak pandang terbatas, misalnya saat hujan deras, badai, kabut, asap, hingga di parkiran gedung yang kondisinya gelap," pungkas Jusri.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips dan Cara Mengatur Lampu Depan Mobil dengan Benar

Ketika anda sedang berlibur dan bagian belakang mobil penuh dengan peralatan, maka bagian belakang akan lebih berat dan membuat bagian depan sedikit naik. Karena itu, anda harus memengatur lampu depan agar bisa menyorot jalanan dengan sempurna. Namun, bagaimana cara mengatur lampu depan mobil dengan cara yang mudah?

Lihat juga

Hati-Hati, Ini 4 Kesalahan Menggunakan Lampu Hazard yang Sering Terjadi

08/06/2018

Pengemudian

Mempersiapkan pengendaraan sebelum mudik perlu dilakukan. Bukan hanya merawat mobil aman berkendara, tapi juga mengetahui peraturan, tertulis maupun tidak, seperti contohnya bagaimana cara menggunakan lampu hazard (lampu darurat).

Lihat juga

Menghidupkan Lampu Kabut di Siang Hari, Siap-Siap Dibui

16/04/2018

Pengemudian

4 menit

Ketika berkendara di jalan gelap disekitar pegunungan, lampu kabut pada mobil sangat membantu pengendaraan. Namanya lampu kabut, tentu saja dipakai ketika ada kabut. Dan Anda akan mendapatkan tilang atau bahkan sanksi ketika menghidupkan lampu kabut pada siang hari.

Lihat juga

Kenapa Lampu Mobil Berembun?

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada kendaraan, baik itu motor atau mobil pada musim hujan adalah lampu utama berembun. Tentu, dengan munculnya embun, pendaran cahaya jadi kurang maksimal. Jadi apa penyebab lampu mobil berembun dan bagaimana cara mengatasinya?

Lihat juga

Perhatikanlah Lampu Depan Mobil Sebelum Memulai Perjalanan Malam Hari!

04/11/2017

Pengemudian

Bagi para pengendara mobil, berpergian di malam hari merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan. Karena sibuk di siang hari, mereka sering berkendara pulang ke rumah ketika langit sudah mulai gelap. Menurut survey dari Sylvania Automotive, 28% pengendara tidak bisa melihat dengan jelas di malam hari.Hal ini mungkin menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Lihat juga
 
back to top