Plus Minus Perjalanan Malam Hari Saat Bepergian Jarak Jauh

31/12/2019

Pengemudian

3 menit

Plus Minus Perjalanan Malam Hari Saat Bepergian Jarak Jauh
Tidak jadi masalah jika Anda memilih malam hari saat bepergian jarak jauh. Tapi ketahui dulu, ini plus minus perjalanan malam hari lalu putuskan dengan bijak!

Libur akhir tahun, berbagai hal dilakukan untuk mengisi momen tahunan ini. Ada yang memilih menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, tapi banyak juga yang memilih bepergian jauh untuk wisata atau mengunjungi keluarga di kampung halaman. Untuk moda transportasi tak terlalu dipusingkan, ada banyak sarana transportasi bisa dipilih.

Foto bersama Road Trip dengan keluarga

Liburan road trip, menyenangkan

Soal waktu perjalanan, kebanyakan tak terlalu jadi perhatian. Namun sebagian pengendara sengaja memilih melakukan perjalanan pada malam hari karena dianggap lebih menguntungkan, seperti lalu lintas yang lebih lengang dan yang lain. Nah, buat kalian yang mau bepergian jauh menggunakan mobil sendiri, inilah plus minus perjalanan malam hari yang perlu diketahui dan jadi pertimbangan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap klik disini

Kelebihan

  1. Suasana lebih sejuk. Ini satu kelebihan yang tidak dimiliki waktu siang. Melakukan road trip malam hari lebih enak karena suasana lebih sejuk, bahkan dingin. Namun sebenarnya alasan ini tidak relevan juga sih kalau mobil yang dipakai sudah ber-AC. Terkecuali pakai mobil tua yang AC-nya alami, malam hari lebih oke untuk menghindari panas.
  2. Lalu lintas lebih lengang. Dibanding siang hari yang merupakan waktu orang beraktivitas, trafik lalu lintas di malam hari cenderung lebih lengang. Di jalanan ibu kota mungkin tetap macet, tapi frekuensinya tidak seperti siang hari. Makin terasa lagi lengangnya jika perjalanan dilakukan tengah malam atau malam beranjak dini hari.

Foto menunjukkan mobil van di jalanan malam hari

Suasana lebih adem berkendara di malam hari

>>> Tips Mengemudi dalam Serial Baru Cintamobil.TV, Selamat di Jalan basamo Uda Padli

Kekurangan

  1. Kondisi badan kurang mendukung. Setelah beraktivitas seharian kondisi badan pasti tak se-prima seperti di pagi hari. Biasanya sudah lelah, bahkan mengantuk. Satu alasan ini membuat perjalanan malam hari tidak disarankan. Lebih-lebih jika harus menempuh jarak yang cukup jauh, risiko bahaya yang mengintai semakin besar.
  2. Gangguan visibilitas. Pertama; suasana malam itu sendiri sudah membuat pandangan terbatas meski jalanan banyak lampu penerangan, tidak seperti saat siang hari yang memiliki area pandang sangat luas. Kedua; gangguan visibilitas datang dari paparan lampu kendaraan lain yang kadang cukup menyilaukan dan bisa menimbulkan kebutaan sementara.
  3. Risiko tindak kriminal. Meski intensitasnya kecil, risiko tindak kriminal di malam hari lebih besar dibanding siang hari, misalnya perampokan dan begal. Terlebih jika Anda melewati daerah-daerah yang sepi dan jarang ada lalu lalang kendaraan, risiko tindak kriminal makin besar.

Foto Mengemudi sendirian di malam hari

Hati-hati berkendara sendirian di malam hari

Jadi, pertimbangkan masak-masak jika ingin melakukan perjalanan pada malam hari menempuh jarak cukup jauh. Jangan sampai niatan berlibur untuk menyegarkan pikiran malah berbuah kekecewaan.

>>> Baca tips trik lainnya ada disini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top