Masalah Lampu, BMW Recall Z4 dan Toyota Supra

20/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Masalah Lampu, BMW Recall Z4 dan Toyota Supra
Apakah Anda baru saja membeli BMW Z4, BMW 3 Series terbaru, atau Toyota Supra? Jika iya, maka berita ini bisa jadi penting untuk Anda karena mobil tersebut terkena recall terkait masalah lampu depan.

Berdasarkan informasi yang dari National Highway Traffic Safety Administration, total 245 unit dari Toyota Supra, BMW 3 Series, dan BMW Z4 yang dijual di Amerika Serikat diyakini mengalami masalah lampu depan. Lebih jelasnya, badan keselamatan lalu-lintas itu mengatakan bahwa baik lampu kiri atau kanan dari ketiga model tersebut bisa saja kehilangan fungsinya.

>>> Masalah software, BMW recall puluhan ribu mobilnya

Kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh masalah yang berada di printed circuit board (PCB), di mana saat penyelarasah PCB, pin penengah secara tidak sengaja mengandung puing-puing benda asing. Alhasil, fungsi pencahayaan lampu depan dan lampu sen bermasalah, dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika mobil Anda mengalami hal ini, maka Anda akan diberitahu melalui pesan di instrument cluster.

Lampu depan Toyota Supra 2019

Masalah lampu ini kemungkinan disebabkan masalah pada PCB

Setidaknya ada 177 unit Toyota Supra yang dirakit antara 15-25 Juli 2019 yang terkena imbas recall ini. Ditambah 37 unit BMW Z4 sDrive30i dan M40i yang diproduksi antara 16 Juli – 20 Agustus 2019, dan juga 31 unit BMW 330i dan 330i xDrive yang dirakit Antara 22 Juli hingga 18 Oktober 2019.

>>> Banyak pilihan mobil menarik bisa Anda lihat di sini

Lampu depan yang digunakan BMW 330i M Sport

Apakah unit BMW dan Toyota Supra di Indonesia juga terkena recall?

Para pemilik mobil ini sudah diberitahu melalui surat dan diminta untuk membawa mobilnya ke dealer untuk perbaikan. Namun untuk mereka yang sudah lebih dulu membawa mobilnya ke bengkel untuk perbaikan tidak akan diminta kembali lagi. Proses recall ketiga model itu akan dimulai pada 17 Januari 2020, dan tidak akan dipungut biaya mengingat masih dalam masa garansi.

>>> Kabar seputar mobil baru lainnya bisa Anda lihat di sini

Sebagai catatan, baik Toyota Supra, BMW Z4 dan BMW 3 Series juga hadir di Indonesia secara resmi oleh APM masing-masing merek. Apakah ini berarti unit yang dijual di Indonesia akan mengalami masalah serupa? Well, semoga tidak.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Tahun Depan, BMW Sematkan Android Auto Sebagai Standar

13/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Setelah beberapa tahun terakhir menghadirkan Android Auto sebagai opsional, akhirnya BMW menghadirkan fitur integrasi ponsel Android itu sebagai standar untuk beberapa modelnya mulai tahun depan.

Lihat juga

BMW i4 Tengah Disiapkan, Sedan Listrik Pertama Berdaya Jelajah 600 Km

10/12/2019

Mobil baru

3 menit

Bayerische Motoren Werke AG tengah menyiapkan BMW i4 Gran Coupé, model terbaru mobil listrik dengan daya jelajah 600 km dalam sekali pengisian penuh. Rencananya bakal diluncurkan tahun 2021

Lihat juga

Tak Hanya Toyota Supra, AC Schnitzer Juga Kekarkan BMW Z4

29/11/2019

Mobil baru

3 menit

Setelah memperkenalkan paket aftermarket untuk Toyota Supra 2020, AC Schnitzer langsung menyiapkan parts serupa untuk saudara Bavarianya, BMW Z4.

Lihat juga

AC Schnitzer Upgrade Performa Toyota GR Supra A90 Hingga Bertenaga 400 Hp

29/11/2019

Pasar mobil

4 menit

Tuner ternama Jeman, AC Schnitzer, akhirnya turut serta dalam menghadirkan paket upgrade dan aksesoris aftermarket untuk Toyota GR Supra A90

Lihat juga

First Drive: Pembuktian Legenda Toyota GR Supra 2020 di Sirkuit Sentul

21/11/2019

Mobil baru

3 menit

Kami mendapatkan kesempatan membuktikan kehebatan penerus Legenda Toyota Supra yang mendapat suntikan resep Gazoo Racing di Sirkuit Sentul, Bogor. Seberapa istimewa Toyota GR Supra 2020 yang pertama mengaspal di sirkuit Tanah Air ini?

Lihat juga