Kumpulan Inspirasi Motor Smash Modif yang Bikin Tampilan Makin Keren

05/05/2021

Pengemudian

3 menit

Bagi pecinta kendaraan, motor dimodifikasi habis-habisan juga pasti dilakukan. Salah satu motor yang asyik untuk dimodifikasi adalah Suzuki Smash. Nah, bagaimana motor Smash modif bisa segitu kerennya?

Bukan hanya motor baru saja yang menarik untuk dimodifikasi. Motor lama pun juga tak kalah keren jika dimodifikasi ulang. Salah satu motor jadul yang keren untuk dimodif adalah Suzuki Smash. Motor Smash modif bahkan jadi salah satu trendsetter motor modif di tahun 2000-an.

Beberapa bagian motor Suzuki Smash yang kerap kali di modifikasi adalah velg, ban, knalpot, atau mengubah cat pada body. Sebelum membahas lebih jauh tentang modifikasi sepeda Suzuki Smash, berikut ulasan tentang motor Suzuki Smash yang harus Anda tahu. 

Masuknya Si Gesit Irit Suzuki Smash ke Indonesia

Sempat tak terlihat di pasaran, Suzuki kembali merilis motor bebek entry level andalannya, Smash di tahun 2017. Suzuki Smash sendiri pertama kali keluar di pasaran pada tahun 2003, sebagai pesaing motor-motor bebek merk China yang cukup menguasai pasaran karena harganya yang murah.

Suzuki Smash Fi dirilis di GIIAS 2017

Suzuki Smash Fi dirilis di GIIAS 2017

Sebagai generasi pertama, motor Suzuki Smash tahun 2003 memiliki desain cukup modern dengan ciri khas garis meruncing. Sayangnya generasi pertama ini mendapat beberapa cibiran karena bentuk knalpot yang dirasa kurang selaras dengan desainnya. Selain itu vibrasi bodinya juga lumayan keras, menyebabkan Smash generasi pertama ini mulai banyak ditinggalkan. Oleh karena itu sangat tepat apabila pemilik Smash generasi pertama ini memutuskan untuk memodifikasi motor kesayangannya. 

Anda bisa mengubah penampilan eksterior Suzuki Smash agar tampak lebih gahar. Atau mengubah warna body cat jadi lebih minimalis dan elegan. Bagi Anda yang berencana untuk modifikasi Suzuki Smash, berikut hal-hal yang bisa diperhatikan supaya tampilan motor Smash modif Anda semakin keren. 

>>> Modifikasi Honda Beat: Dari Khayalan Lewat Game Sampai Jadi Lowrider

Modifikasi Motor Smash 110

Modifikasi Motor Smash hitam

Modifikasi motor bisa dilakukan dengan menambahkan sticker pada body

Hingga saat ini, masih ada orang yang memiliki dan ngefans sama motor Suzuki Smash. Apalagi untuk Suzuki Smash 110 model 2006. Salah satu bagian yang paling umum untuk dimodifikasi adalah tampilan luar dari motor. Untuk Anda yang ingin melakukan modif Suzuki Smash bisa memulainya dengan memodifikasi body. 

Anda bisa menyesuaikan tampilan motor dengan desain yang diinginkan. Melakukan modifikasi motor Smash New 110 ini tidak sulit. Anda juga bisa melakukan modifikasi ke bengkel spesialis kepercayaan Anda.

>>> Modifikasi BMW E30 EV, Padukan Motor Listrik Tesla dan Model Ikonik

Modifikasi Motor Smash 2007

Modifikasi saat ini menjadi sebuah lifestyle bagi anak muda yang suka bergaya demi menunjang eksistensinya. Seperti modifikasi velg dengan ban ceper supaya terlihat unik. Hal ini bertujuan agar tunggangannya terlihat beda dari yang lain dan menarik. Saat ini modifikasi drag race menjadi favorit bagi anak muda, khususnya yang memiliki hobi balap. 

modifikasi smash warna merah putih

Suzuki Smash modif bisa menjadi motor balap

Untuk Anda pemilik Motor Suzuki Smash juga dapat memodifikasi motor Anda agar terlihat semakin unik dan menarik. Ide-ide ini bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memodifikasi motor suzuki smash 2007.

Modifikasi motor smash simpel

Jika tak mau repot, modifikasi bisa dilakukan dengan mengganti velg dan body

Sebagai motor bebek yang cukup banyak diminati, maka tak heran jika versi motor Smash modif juga ada berbagai pilihan. Ada banyak konsep modif Suzuki Smash yang bisa Anda contek, seperti modif standar, simple, velg jari-jari, retro, adventure, kontes, dan masih banyak lagi. Nah, dengan melakukan modifikasi simpel ini, Anda sudah bisa memiliki Suzuki Smash modif yang keren.

>>> Patut Dicari! Deretan 7 Mobil Seharga Motor Rp 20 - Rp 30 Jutaan

Modifikasi Motor Smash Roda Tiga

Modifikasi Motor Smash Roda Tiga

Motor bisa dimodifikasi untuk angkutan barang

Motor saat ini masih kerap digunakan untuk kendaraan pengangkut barang. Salah satu hasil modifikasi motor Suzuki Smash adalah desain yang menjadi kendaraan roda tiga dengan tambahan bak di belakangnya. Modifikasi ini dimiliki oleh Poerjoyo, yang memangkas jok belakang belakang dengan sasis rakitan untuk menopang bak. Untuk as belakangnya menggunakan besi as 1 inci dengan tromol cakram. 

>>> 5 Motor Baru di Bawah Rp 20 Juta untuk Anak Kuliahan

Modifikasi Suzuki Smash untuk Balap Trek

Modifikasi Motor Smash untuk Balap Trek

Motor Smash modif kerap digunakan untuk balapan

Meskipun memiliki tampilan yang tak begitu rapi, untuk urusan balapan trek, modifikasi Suzuki Smash ini tak bisa dianggap sepele. Bahkan menurut Richard Riesmala pemilik bengkel A2 Speed dengan akun instagram @richard_a2speed, si gesit irit nggak akan mundur jika ditantang balapan jalur lurus 500 meter. Suzuki Smash ini bahkan berhasil masuk podium lima kelas bebek 130 cc pada drag race resmi di Brebes beberapa tahun lalu.

Tips Beli Motor Smash Bekas untuk Dimofikasi

Berencana untuk modifikasi motor Smash? Jika Anda belum memiliki motor Smash, alternatifnya adalah membeli motor Smash bekas. Harganya pun terbilang murah, kisaran Rp 1 jutaan hingga Rp 3 jutaan. Namun, meskipun murah jangan langsung tergiur begiru saja membeli motor bekas Smash. Anda perlu mengecek beberapa hal, mulai dari kondisi mesin, kondisi list dan cat bodi motor, kilometer, dokumen penting, hingga riset harga terlebih dahulu. Mengingat tak sedikit montir nakal merawat motor di bengkel sehingga harganya membengkak.

Setelah membeli motor Suzuki Smash, sah-sah saja bila Anda ingin melakukan modifikasi suzuki Smash, tapi soal performa motor harus tetap diperhatikan. Para pemilik kendaraan bermotor harus paham mengenai komponen tanpa menghilangkan fungsi perangkat motor sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Apabila modifikasi dilakukan sendiri, maka jangan terlalu banyak memodifikasi bagian rangka. Karena itu akan mempengaruhi titik kuat boncengan, keseimbangan dan konstruksinya. Disarankan apabila ingin melakukan modifikasi yang ekstrim, sebaiknya menghubungi ahli. 

Itulah beberapa contoh motor Smash modif dengan berbagai konsep, walaupun simple tapi tetap terlihat keren dan menarik. Untuk memperoleh hasil modifikasi yang maksimal, Anda bisa minta bantuan pada sang ahli dengan melihat referensi di atas. 

>>> Temukan tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana saya bisa modifikasi motor?
Modifikasi motor bisa dilakukan di bengkel-bengkel yang terbiasa untuk modifikasi motor.
Berapa biaya untuk modifikasi motor?
Biaya modifikasi motor tergantung pada kesulitan dan bahan-bahan yang digunakan.
Part apa saja yang bisa dimodif?
Semua part bisa. Namun, biasanya pengemui modif pada bagian velg, rantai, ban, knalpot, dan body.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top