Modifikasi Honda Beat: Dari Khayalan Lewat Game Sampai Jadi Lowrider

30/04/2021

Perawatan dan service

3 menit

Menjadi motor matic paling laris, banyak yang menjadikan motor Honda Beat ini sebagai motor modifikasi. Mulai dari mengubah bagian ban sampai menjadi motor yang terlihat berkelas dan mewah.

Motor Honda Beat adalah salah satu motor paling mudah kita temukan di jalan. Bagaimana tidak, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan motor Honda Beat ini dari Januari hingga Desember 2020 mencapai kurang lebih 950 ribu unit. Selain itu, masih dari data AISI, Honda juga menjadi brand yang mempunyai penjualan paling laris dengan total penjualan domestik sebesar 2.892.168 unit.

Saking banyaknya motor Honda Beat yang ada, maka banyak juga yang melakukan Modifikasi Honda Beat untuk membuatnya lebih berbeda dari motor Honda Beat biasa. Sama seperti memodifikasi mobil, untuk bisa melakukan modifikasi Honda Beat ini, Anda juga harus mempertimbangkan apa saja yang dibutuhkan, menentukan tema motor Honda Beat Anda dan budget.

Modifikasi Honda Beat 2020

Model Honda Beat 2020 bisa dibilang mempunyai desain body yang lebih agresif dan lampu depan yang makin kekinian dengan menggunakan LED. Selain itu, mesin dari motor Honda Beat 2020 juga sudah mengalami perombakan dengan menggunakan mesin 110 cc.

honda beat

Honda Beat sering dijadikan obyek modifikasi di kalangan generasi muda

Sebelum menyerakan motor ke bengkel, Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan jika melakukan modifikasi, karena bagaimanapun juga bentuk dan tampilan motor Honda Beat yang Anda modifikasi akan berbeda dari sebelumnya. Apalagi modifikasi berlebihan yang bisa menyalahi aturan Undang-Undang Lalu Lintas di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

1. Modifikasi Ban dan Velg

Modifikasi Honda Beat 2020 bisa dilakukan dengan mengganti ban dan velg aslinya. Untuk para anak muda, mengganti ban dan velg menjadi sebuah kewajiban. Salah satu model velg yang bisa digunakan adalah velg berukuran 12 inci, dan mengganti ban dengan ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 untuk roda belakang. Perubahan ini bisa membuat tampilan motor Honda Beat Anda menjadi terlihat lebih maskulin.

Atau salah satu yang paling trend saat ini adalah dengan menggunakan ban cacing. Tapi penggunaan ban ini harus hati-hati, karena bentuk ban yang tipis bisa membuat Anda mudah tergelincir. Dan untuk velg yang sering digunakan adalah velg jari-jari dengan ring berukuran 17 inci.

2. Modifikasi Piringan Cakram

Selain velg dan ban, modifikasi selanjutnya adalah memadupadankan ban dan velg yang sudah dimodif dengan mengganti piringan cakram berdiameter besar. Dengan mengganti piringan cakram, modifikasi bagian kaki motor terlihat lebih maksimal. Biasanya modifikasi ini banyak diaplikasikan pada jenis model Thailook.

3. Modifikasi Knalpot

Tidak ada salahnya jika motor Honda Beat Anda diubah bagian knalpotnya supaya terlihat makin gagah. Mengganti knalpot yang dibuat sedikit menjulang ke atas bisa dijadikan ide yang menarik. Namun, untuk mengubah knalpot motor Honda Beat yang Anda punya, jangan sampai melanggar peraturan yang ada. Contohnya, jika Anda menggunakan knalpot racing yang sudah dilengkapi dengan silencer, motor Anda tetap bisa kena tilang. Hal ini dikarenakan pada UU 22 tahun 2009 pasal 285 disebutkan bahwa knalpot laik jalan adalah salah satu persyaratan teknis kendaraan yang dikemudikan di jalan.

Selain itu, kebisingan pada motor juga ada aturannya. Untuk motor Honda Beat sendiri yang mempunyai kapasitas mesin 110 cc, menurut pasal 48 ayat 3b harus memiliki batas kebisingan 80 desibel. Jadi sebaiknya jika Anda ingin mengubah knalpot asli motor Anda, ada baiknya lakukan pengecekan tingkat kebisingan pada knalpot yang akan Anda ubah.

4. Modifikasi Body

Banyak gaya modifikasi yang bisa Anda aplikasikan pada motor Honda Beat. Misalnya Anda ingin membuat motor Honda Beat Anda ceper, maka pemotongan body bisa dilakukan supaya posisi roda bisa menjadi lebih rendah. Tapi Anda juga harus mempertimbangkan modifikasi ini, karena rawan digunakan saat berkendara. Atau bisa juga Anda mengganti warna body motor dengan tema tertentu.

>>> Modifikasi Mobil Honda Jazz: Apa Saja yang Bisa Diubah?

Honda Beat Lowrider

Sebenarnya banyak sekali jenis modifikasi yang bisa Anda lakukan. Salah satunya modifikasi Honda Beat Street menjadi jenis lowrider bike. Untuk lowrider bike sendiri adalah aliran modifikasi motor yang memfokuskan perubahan pada tampilan motor yang lebih ceper tapi juga sporty dan gagah. Perubahan banyak dilakukan pada bagian kaki motor khususnya pada penggunaan ban.

honda beat

Honda Beat yang sudah dimodifikasi keseluruhan

Selain itu lowrider bike juga mempunyai karakteristik yaitu motor lebih panjang dari biasanya. Ini karena perubahan sasis dengan ukuran yang lebih panjang dan didukung oleh shockbreaker yang dibuat lebih miring. Dan hal lainnya yaitu perubahan pada penggunaan ban yang lebih besar dibandingkan ukuran ban standar pabrikan.

Jika Anda memilih modifikasi pada motor Honda Beat Street menjadi jenis lowrider bike, dipastikan motor Anda akan terlihat lebih elegan dan berkelas. Tapi ada juga kekurangan dari modifikasi jenis ini, yaitu tarikan motor menjadi lebih berat dan untuk performanya juga akan berkurang dibanding dengan Honda Beat aslinya.

>>> Bengkel Garasi Motor, Servis KIA dan Hyundai Disini Tempatnya

Modifikasi Motor Beat CBS 2020

Sebenarnya, motor ini sudah mempunyai desain yang bagus dan terlihat ramping. Tapi masih banyak orang yang memodifikasi Honda Beat CBS 2020, mulai dari jenis thailook, airbrush, road race, drag dan masih banyak jenis modifikasi lainnya.

motor honda beat

Honda beat CBS 2020 warna hitam

1. Modifikasi Thailook

Modifikasi jenis ini hampir mirip dengan modifikasi aliran ring 17 tapi modifikasi ini jauh lebih kompleks tidak hanya berfokus pada bagian ring saja. Gaya modifikasi ini juga banyak digemari oleh anak muda. Modifikasi thailook mengubah beberapa tampilan pada body seperti bagian jok motor yang dibuat lebih tipis dibanding jok motor Beat yang standar. Selain itu, modifikasi jenis ini banyak memadukan warna pada hand grip, footstep, velg dan juga spion.

2. Modifikasi Airbrush

honda beat motor

Modifikasi pada Honda Beat agar terlihat lebih menarik

Modifikasi satu ini termasuk modifikasi paling menarik mata karena perpaduan warna yang cantik di bagian body motor. Yang pasti, modifikasi ini merubah semua warna cat dasar dengan cat airbrush dan harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam bidang airbrush. Jangan sampai melakukan modifikasi ini dengan orang yang sembarangan, karena tentunya akan mempengaruhi hasil akhir yang bisa kamu dapatkan.

3. Modifikasi Drag Bike

Untuk modifikasi jenis ini sangat mudah dikenali, yaitu dengan melihat perbedaan dari struktur body yang digunakan, di mana pada umumnya modifikasi drag bike ini menghilangkan beberapa bagian body yang bertujuan untuk mengurangi beban motor saat berjalan. Untuk bisa mengaplikasikan modifikasi jenis ini, tentu Anda harus melakukan set ulang putaran mesin supaya akselerasi motor lebih kencang.

Namun sebelum menyerahkan kepada bengkel untuk modifikasi Honda Beat, Anda bisa mempertimbangkan tema yang diinginkan serta budget yang dibutuhkan. Begitu juga dengan memilih bengkel modifikasi yang terpercaya, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

>>> EV Pocket, Motor Listrik Mungil Buatan Indonesia

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Honda Beat 2016?
Harga Honda Beat 2016 mulai Rp10 jutaan.
Berapa harga Honda Beat 2020?
Harga Honda Beat 2020 mulai dari Rp16 jutaan.
Berapa harga Beat Sweet?
Harga Beat Sweet mulai dari Rp17 jutaan.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top