EV Pocket, Motor Listrik Mungil Buatan Indonesia

09/04/2021

Event - Promosi

5 menit

EV Pocket, Motor Listrik Mungil Buatan Indonesia
EV Pocket merupakan motor listrik mungil buatan para teknisi Indonesia yang tergabung dalam PT Villano Motor Indonesia. Motor listrik ini terus masih menjalani uji coba sebelum resmi diluncurkan secara massal.

Terus berkembangnya teknologi elektrifikasi pada kendaraan bermotor membuat PT Villano Motor Indonesia (VMI) memperkenalkan motor konsepnya yang berkode EV Pocket. Ini adalah motor listrik berukuran mungil yang didesain dan dirakit oleh para teknisi di Indonesia.

Meskipun masih berupa konsep, namun motor listrik ini diharapkan nantinya bisa diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena itulah sebelum mulai diproduksi massal, pihak VMI terus melakukan uji coba untuk motor tersebut.

>>> Skutik Listrik Husqvarna E-01 Dijadwalkan Rilis Tahun Depan

Sudah Uji Jalan 

Motor Listrik Villano EV Pocket

Sandiaga Uno pernah menjajal motor listrik ini

Sebagai salah satu karya anak bangsa yang diharapkan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, PT Villano Motor Indonesia mulai melakukan uji coba untuk EV Pocket. Pengujian ini akan berlangsung di kawasan Desa Wisata Kaliangkrik. Selain untuk mengetes ketahanan mesin, kecepatan, keseimbangan, kekuatan dan kehandalan, beberapa pengambilan gambar untuk produk ini juga akan dilakukan untuk kebutuhan promosi dan juga publikasi di masa mendatang.

"Tapi karena masih berupa 'baby prototype', maka tentunya produk ini masih belum tampil ke pasar dan juga belum diproduksi secara massal," ucap Doni Aryanto, Direktur Utama PT Villano Motor Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (08/04/2021).

>>> Baru, Uji Praktik SIM Pakai Sistem Digital e-Drives

Bisa Melesat Sampai 80 Km dalam Sekali Isi Daya Baterai

Villano Motor EV Pocket

Uji jalan terus dilakukan

>>> Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

Lebih lanjut Doni menjelaskan jika motor listrik EV Pocket hadir dari ide untuk menghadirkan kendaraan roda dua bermesin listrik namun selama ini masih dominasi pabrikan non lokal yang telah menguasai pasar kendaraan roda dua di Indonesia.

Secara teknsi, motor ini sebut dia, menggunakan baterai listrik berkapasitas 72v 30Ah. Dengan baterai tersebut motor mungil tersebut bisa menempuh jarak sekitar 70 - 80 km dan dengan top speed di sekitar 80 - 100 km/jam. Selain itu, desain EV Pocket juga dibuat untuk "fun to ride and nice to have".

"VMI saat ini juga sedang melakukan develop untuk tiga model yang akan diluncurkan lagi.Keseluruhannya akan mulai bisa dilihat oleh masyarakat saat Media Launching di Juni 2021. Untuk target pemasaran akan mulai dilakukan setelah proses uji, legalisasi dan sertifikasi rampung," tutup Doni.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top