Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

06/04/2021

Pengemudian

8 menit

Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Setiap kombinasi huruf dan angka pada TNKB memiliki arti tersendiri, termasuk kode plat nomor belakang. Ada yang menunjukkan domisili wilayah, dan ada juga yang menunjukkan jenis kendaraan.

Kode plat nomor belakang pada setiap kendaraan ternyata juga mengandung arti khusus lho. Jadi bukan cuma kode huruf di depan kombinasi angka pada sebuah plat nomor kendaraan bermotor saja yang memiliki makna tertentu.

Mengingat Tanda Nonor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias plat nomor merupakan identitas dari kendaraan tersebut yang terdaftar ke sistem kepolisian Republik Indonesia, maka setiap kombinasi huruf dan angka yang ada di TNKB adalah menunjukkan identitas dari kendaraan itu.

Karena itulah kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai kode plat nomor belakang untuk kendaraan yang tercatat di wilayah kepolisian Jakarta dan sekitarnya yaitu Bekasi, Depok, dan Tangerang. Plat nomor-plat nomor ini umumnya diawali dengan huruf B.

Nah seperti apa kode plat belakang Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang, baik yang kombinasi dua huruf maupun tiga huruf? Baca artikel ini sampai habis ya.

>>> Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Se-Indonesia dan Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Arti Huruf Pertama di Kode Plat Nomor Belakang Jakarta

Arti Kode Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Setiap kombinasi huruf dan angka di TNKB memiliki arti tertentu

Hampir disemua TNKB memiliki kombinasi kode huruf dan angka. Misalnya pad aplat nomor B 1234 XYZ, selain kode huruf B dan kode kombinasi angka di TNKB tersebut, ternyata ada juga arti yang menunjukkan wilayah tertentu jika melihat dari huruf pertama di kombinasi kode tiga huruf terakhir di plat nomor tersebut. Pada contoh tadi, yaitu huruf "X" berarti menunjukkan wilayah terdaftarnya kendaraan tersebut di Samsat daerah tertentu.

Berikut daftar arti kode huruf pertama di kombinasi huruf belakang plat nomor kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya:

Kode Huruf Wilayah Terdaftar
U Jakarta Utara
B Jakarta Barat
P Jakarta Pusat
S Jakarta Selatan
T Jakarta Timur
Z Kota Depok (Cinere, Limo, Sawangan)
E Kota Depok (Sukmajaya, Cimanggis, Beji, Cipayung)
N Kabupaten Tangerang (Cisauk, Kelapa Dua, Pagedangan, Legok)
C Kota Tangerang (Karawaci, Neglasari, Batuceper, Jatiuwung, Cibodas, Tangerang Kota, Bandara Soekarno Hatta)
V Kota Tangerang (Ciledug, Larangan, Pedurenan, Cipondoh)
K Kota Bekasi
F Kabupaten Bekasi
W Kota Tangerang Selatan
X TNKB sementara

>>> Tipe Modifikasi Plat Nomor Mobil yang Bisa Kena Tilang

Arti Kode Huruf Kedua di Seri Belakang Plat Nomor Jakarta

Balik lagi dari contoh kode TNKB B 1234 XYZ, selain huruf "X" pada kode plat nomor belakang tersebut, huruf "Y" juga punya kode tertentu pula. Kode di huruf kedua ini umumnya menunjukkan jenis kategori kendaraan berdasarkan golongan yang sudah ditetapkan oleh pihak kepolisian. Misalnya untuk kode plat nomor belakang Bekasi jenis kendaraan sedan, maka huruf kedua di seri belakang plat nomor mobil itu akan berbeda dengan kendaraan asal Bekasi dengan jenis pick up.

Berikut rincian arti kode plat belakang Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang untuk huruf kedua :

Kode Huruf Jenis Kendaraan
A Sedan dan pick up (contoh: B 1234 SAL)
B Pick up kabin ganda (contoh: B 9827 CBA)
B/D/W/E/R Sedan yang sudah dimutasi (contoh: B 1234 GEP)
U/Z Pick up yang sudah dimutasi (contoh: B 9174 GZA)
F/K/O/Z/R/Y/I Minibus, hatchback, dan city car (contoh: B 1234 NKR)
V/P/M/G/Y/W/U Minibus, hatchback, dan city car yang sudah dimutasi (contoh: B 1234 GUG)
*HX/*IX Ambulance dan mobil jenazah (contoh: B 1234 SIX)
J Jeep dan SUV (contoh: B 1234 NJE)
L/C Jeep dan SUV yang sudah dimutasi (contoh: B 1234 GLP)
C/D Truk dan pickup box (contoh: B 9281 GCB)
T/*UA Taksi (contoh: B 1306 STB)
*TX/*UX Angkutan kota (contoh: B 1285 CUX)
*QN Kendaraan Staf Pemerintah (contoh: B 1234 FQN untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, B 1234 KQN untuk Pemerintah Kota Bekasi)

Arti Kode Plat Nomor Jakarta yang Paling Belakang

Nah untuk kode huruf terakhir dari keseluruhan kombinasi kode TNKB, adalah huruf acak yang dijadikan pembeda oleh pihak kepolisian. Walaupun bersifat pembeda, huruf ini memiliki pola/siklus dalam kurun waktu tertentu, misalnya bulan dan tahun disahkannya dokumen kendaraan tersebut. Hal ini ditentukan berdasarkan pola atau siklus dari penggunaan huruf yang telah dilakukan pihak kepolisian di wilayah tersebut.

>>> Cara Membaca Kode Plat Nomor Kendaraan

Cara Cek Kode Plat Nomor Kendaraan Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang

Samsat Online DKI Jakarta

Gunakan website resmi Samsat

Untuk mengecek plat nomor kendaraan yang berdomisi di Jakarta dan sekitarnya, maka bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel. Yaitu bisa dengan mengirim SMS, mengakses situs resmi, atau menggunakan aplikasi mobile.

Jika ingin menggunakan SMS, Anda cukup ketik METRO_kombinasi plat nomor kendaraan yang akan dicek. Lalu kirim ke nomor: 1717. Misalnya ketik METRO B1234TRR lalu kirim SMS ke 1717. Yang perlu diperhatikan ketika mengirim SMS untuk cek plat nomor mobil Jakarta adalah memperhatikan pemakaian huruf besar (kapital) dan spasi dari format SMS tersebut. Karena jika salah maka informasi mengenai  data kendaraan itu tidak akan muncul.

Selain dari SMS, Anda juga bisa mengakses situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Kemudian isi kombinasi TNKB sesuai kode plat nomor yang akan Anda ketahui informasinya. Lalu beri tanda centang "V" pada kotak bertuliskan "I'm not a robot". Lalu klik "Proses", maka nantinya akan tertampil informasi pemilik kendaraan itu berdasarkan kode plat nomor yang diinput.

Terakhir bisa menggunakan aplikasi mobile "Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta" atau "Pajak Online DKI Jakarta". Nantinya tinggal masukkan kode plat nomor yang hendak dicek seperti saat mengakses website resmi Samsat DKI Jakarta, maka informasi terkait kendaraan tersebut akan langsung tertampil.

Nah itu tadi beberapa informasi terkait arti dari kode di kombinasi huruf belakang pada plat nomor kendaraan bermotor yang adia di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa kode plat nomor kendaraan F?
Plat nomor dengan huruf pertamanya "F" maka itu berarti kendaraan tersebut terdaftar di Samsat domisili Bogor dan sekitarnya.
Apa kode plat nomor Jawa Tengah?
Untuk plat nomor di awali huruf G maka kendaraan itu terdaftar di Samsat Keresidenan Pekalongan. Untuk plat nomor H wilayah Keresidenan Semarang. Plat nomor K untuk Keresidenan Pati, plat nomor R untuk Keresidenan Banyumas, plat nomor AA untuk Keresidenan Kedu, plat nomor AB untuk wilayah Yogyakarta, dan plat nomor AD untuk Keresidenen Surakarta
Apa kode plat nomor Kalimantan?
Kode plat nomor kendaraan asal wilayah Kalimanantan, jika diawali huruf DA berarti domisili Kalimantan Selatan, untuk KB asal Kalimantan Barat, untuk KH dari Kalimantan Tengah, untuk KT dari Kalimantan Timur dan untuk KU dari Kalimantan Utara.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top