Begini Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

13/06/2020

Pengemudian

4 menit

Begini Cara Membaca Ukuran Ban Mobil
Ternyata untuk mengetahui cara membaca ukuran ban mobil tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena semua sepsifikasi ban tersebut sudah ada pada kode di dinding ban.

Setiap mobil pasti punya ban. Dan komponen ini juga memiliki usia pakai. Jika sudah waktunya untuk diganti, maka penting untuk membeli ban baru yang sesuai spesifikasi dari mobil tersebut. Lalu seperti apa spesifikasi ban mobil?

Ternyata cara membaca ukuran ban mobil cukup mudah untuk mengetahui seperti apa spesifikasi ban tersebut. Karena spesifikasi dari ban sebenarnya sudah terlihat pada kode-kode yang ada di permukaan dinding ban. Mau tau cara membacanya? Berikut penjelasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com

1. Jenis Ban

Kode P ban mobil

Pastikan ban diperuntukkan buat mobil penumpang

Ketika memilih ban untuk dipasang ke mobil Anda, pastikan jika ban tersebut memang diperuntukan sesuai jenis mobilnya. Misalnya ban untuk mobil penumpang, ban untuk truk, atau ban untuk kendaraan heavy duty. Tipe ban ini ditunjukkan melalui kode huruf pada dinding ban yang diikuti ukuran ban tersebut. Misalnya kode "P 185 / 75 R14". Kode P berarti ban tersebut untuk Passanger Car atau kendaraan penumpang. Ada juga huruf-huruf lainnnya seperti LT (Light Truck), ST (Special Trailer), atau T (temporary / ban cadangan).

>>> Pemasangan Ban Mobil Baru Lebih Baik di Depan atau Belakang?

2. Diameter Ban

Ukuran diameter ban mobil

Pastikan ukuran diameter ban sama dengan diameter velg

Kemudian cara membaca ukuran ban mobil juga wajib memperhatikan besar diameter velg mobil yang akan dipasangkan ban tersebut. Contohnya velg mobil Anda berukuran 14 inci maka harus memakai ban ukuran ring 14. Kode ukuran diameter ban ini diperlihatkan dari angka yang ada pada dinding ban. Misalnya R14 yang artinya ban tersebut untuk velg berdiameter 14 inci. Atau R15 yang berarti ban tersebut hanya bisa terpasang pada velg ukuran 15 inci. Ukuran ban mobil umumnya tersedia mulai dari 12 inci hingga 22 inci.

>>> 7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

3. Lebar dan Tinggi Ban

Lebar dan profil ban mobil

Lebar dan tinggi ban juga sering disebut profil ban

Masih pada contoh kode 185 / 75 R14 yang ada di dinding ban, maka angka-angka itu menunjukkan lebar serta tinggi dinding ban. Angka "185" berarti menandakan ban tersebut punya lebar 185 milimeter (mm). Sedangkan angka "75" berarti ban tersebut menunjukkan rasio aspek (perbandingan tinggi ban dengan lebar bagiannya). Angka 75 menunjukkan tinggi ban 75% dari lebarnya yang berarti 75% x 185 mm = 138 mm.

>>> Musuh Utama Ini Membuat Usia Ban Pendek

4. Jenis Konstruksi Ban

Kode ban radial

Untuk ban kendaraan penumpang yang dipakai sehari-hari umumnya berkonstruksi radial

Jika Anda perhatikan, pada kode ukuran diameter ban yang dicocokkan dengan ukuran diameter velg, terdapat huruf "R" di depannya. Misalnya "R14, R15, R16, atau R17". Nah kode R tersebut ternyata juga punya arti khusus. Yaitu mencerminkan tipe konstruksi pada ban tersebut. R menunjukkan kontruksi pada ban menggunakan lapisan Radial.

>>> Tertarik beli mobil baru atau bekas? Baca ulasan lengkapnya dulu di Review Cintamobil.com

5. Kemampuan Menahan Beban

Kode beban maksimum ban mobil

Jangan melebihi kemampuan maksimum ban dalam menopang beban

Selain itu cara membaca ukuran ban mobil juga penting memperhatikan beban maksimum yang dapat ditopang pada ban tersebut. Beban maksimum ini ditunjukkan dengan angka puluhan dibalakang ukuran diameter ban. Pada contoh foto di atas ditunjukkan dengan angka "82". Itu berarti ban mampu menopang bobot hingga 580 kg.

Selain 82 ada beberapa kode indek kemampuan menopang beban pada ban yang ummnya digunakan, yaitu:

  • 62 = beban maksimal 265 kg
  • 63 = beban maksimal 272 kg
  • 64 = beban maksimal 265 kg
  • 66 = beban maksimal 300 kg
  • 68 = beban maksimal 315 kg
  • 70 = beban maksimal 335 kg
  • 73 = beban maksimal 365 kg
  • 75 = beban maksimal 387 kg
  • 80 - 89 = beban maksimal 580 kg
  • 90 - 100 = beban maksimal 800 kg

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap bisa Anda dapatkan cukup klik disini

6. Kecepatan Maksimum

Batas kecepatan pada kode ban mobil

Batas kecepatan maksimum yang ada pada kode ban ini sering diabaikan

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik pengemudian yang berguna lainnya

Terakhir untuk mengetatui cara membaca ukuran ban mobil, pada kode di dinding ban juga terdapat petunjuk kecepatan maksimal yang direkomendasikan agar ban tetap bekerja dengan optimal. Pada contoh di artikel ini ditujukkan dengan kode huruf "S". Artinya ban sebaiknya digunakan dengan kecepatan mobil tidak lebih dari 180 km/jam. Berikut daftar kode batas kecepatan yang biasanya ada pada ban mobil:

  • Q kecepatan maksimal 160 km/jam
  • S kecepatan maksimal 180 km/jam
  • T kecepatan maksimal 190 km/jam
  • U kecepatan maksimal 200 km/jam
  • H kecepatan maksimal 210 km/jam
  • V kecepatan maksimal 240 km/jam
  • W kecepatan maksimal 270 km/jam
  • Y kecepatan maksimal 300 km/jam
  • Z kecepatan di atas 240 km/jam

>>> Pelajari tips dan trik menarik lainnya seputar mobil Anda dengan membaca artikel Cintamobil.com

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top