Pemasangan Ban Mobil Baru Lebih Baik di Depan Atau Belakang?

26/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Pemasangan Ban Mobil Baru Lebih Baik di Depan Atau Belakang?
Saat mengganti ban mobil, baiknya kita membeli keempatnya secara sekaligus. Namun jika uang yang dimiliki terbatas dan hanya bisa membeli dua, untuk pemasangan ban mobil baru lebih baik di depan atau belakang?

Masalah ini terdengar sepele memang, namun menentukan posisi pemasangan ban mobil baru dipasangkan jika hanya membeli sepasang ban baru ternyata cukup krusial. Terlebih jika Anda hanya membeli dua ban baru dengan alasan menghemat biaya.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa memasang sepasang ban baru akan lebih baik di depan karena dapat memberikan traksi dan grip maksimal saat mengemudi. Namun, anggapan tersebut ternyata salah kaprah karena dapat menimbulkan kecelakaan khususnya saat mobil melaju saat hujan di jalanan basah. Mengapa demikian?

>>> Kapan harus ganti ban mobil? Temukan jawabannya di sini

Gejala understeer dan oversteer pada mobil

Gejala understeer dan oversteer pada mobil

Perlu diketahui, dalam berkendara ada istilah understeer dan oversteer. Understeer lebih sering dialami mobil berpenggerak roda depan, sedangkan oversteer dialami mobil berpenggerak belakang. Jika mobil mengalami understeer, mobil cenderung sulit dibelokkan akibat roda depan kehilangan grip karena memasuki tikungan terlalu cepat. Lain halnya dengan oversteer, di mana bagian mobil belakang terbuang ke arah berlawanan sehingga mobil rentan melintir.

Gejala understeer akan lebih mudah diatasi karena posisi setir masih dalam kendali pengemudi, sehingga dapat dilakukan koreksi agar roda depan sesegera mungkin mendapatkan grip, dan bisa membelok. Namun jika yang terjadi oversteer, pengemudi akan lebih sulit untuk mengontrol bagian belakang mobil ke posisi semula. Bagian belakang mobil terbuang ke sisi berlawanan, dan membuat mobil lebih mudah melintir.

>>> Perbedaan Understeer Dan Oversteer Yang Harus Diketahui

Mekanik mengganti ban mobil

Dengan penjelasan di atas, ban mobil baru lebih baik dipasang di bagian belakang

Oleh karena itu, bagian belakang membutuhkan traksi dan grip lebih baik agar mobil tak mudah melintir dan dapat masuk tikungan lebih baik. Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pemasangan ban mobil baru lebih baik ditempatkan di roda belakang terlepas jenis sistem penggerak mobil, baik itu penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak empat roda.

>>> Tips perawatan mobil lain bisa Anda lihat di sini

Dengan memasangkan ban baru di bagian belakang, maka traksi dan grip maksimal di bagian belakang menjadi lebih besar. Hal ini dapat mencegah gejala oversteer yang bisa membuat mobil melintir saat sedang menikung, khususnya di jalanan basah.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video di bawah yang menggambarkan bagaimana karakteristik mobil dengan grip lebih baik di belakang dibandingkan dengan dengan grip di depan mobil.

Semoga tips ini dapat jadi referensi bagi Anda saat ingin memasang ban mobil baru, untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di bawah ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top