Penting untuk Diketahui, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Harus Diganti

02/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Penting untuk Diketahui, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Harus Diganti
Terdapat beberapa ciri-ciri bahwa ban mobil harus diganti. Apakah Anda sudah tahu? Simaklah tips di bawah ini.

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Tidak hanya berfungsi sebagai komponen penggerak mobil tetapi ban juga mempunyai peran penting dalam menjaga keselamatan dan konsumsi BBM. Jadi Anda sebagai pemilik kendaraan roda 4 harus memperhatikan kondisi ban secara berkala.

Tidak ada bedanya bedanya dengan komponen kendaraan lainnya, ban juga harus diganti jika memang diharuskan melakukan penggantian. Lalu kapan saat yang pas mengganti ban yang tepat? Dilansir Suzuki, berikut lima tanda ban mobil harus diganti.

>>> Jadi salah satu penyebab kecelakaan, apa sih itu Microsleep?

Gambar menunjukan perbandingan dua kondisi ban

Kondisi ban yang baik akan menimalisir risiko keselamatan Anda dalam berkendara

Pertama jika pemakaian ban sudah berumur lebih dari 3 tahun, ban mobil bahan utamanya adalah bahan karet yang elastis. Kelenturan pada karet ban akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Semakin lama, karet ban akan semakin berkurang tingkat kelenturannya, hingga akhirnya menjadi getas. Usia ideal untuk ban sendiri memiliki umur pemakaian lebih dari 3 tahun.  

Meskipun kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan, ban yang sudah lebih dari 3 tahun, biasanya sudah mengeras atau tidak lagi lentur, sehingga tidak lagi nyaman untuk tetap dipakai.

Kedua jika jarak tempuh ban sudah mencapai 40 ribu km. Meskipun pemakaian ban belum sampai 3 tahun tetapi jarak tempuhnya sudah mencapai 40 ribu kilometer Anda diharuskan melakukan pergantian ban. Contohnya karena mobil Anda sering menempuh perjalanan jauh, dalam 2 tahun sudah mencapai 50 ribu km.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Gambar menunjukan kondisi pada sebuah ban

Kondisi ban yang buruk akan mengancam keselamatan Anda ketika berkendara

Walaupun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak jauh akan mengalami keausan maka ban mobil harus diganti. Untuk pemakaian normal, biasanya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km tiap tahun, dan 40 ribu km bisa tercapai dalam waktu kurang lebih 2-3 tahun.

Ketiga ketebalan tapak ban sudah mencapai batas TWI (Tread Wear Indicator). TWI sendiri merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, dan kalau kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus segera diganti.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Terdapat 2 posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan satu lagi di tengah telapak ban. Untuk di tepi akan tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tak sampai setinggi kembang ban.

Keempat kondisi ban sudah gundul, selain beberapa kondisi di atas bersifat standar umum dari pabrikan ban, ada satu lagi kondisi yang menyebabkan ban perlu melakukan pergantian, yaitu ban sudah botak atau gundul tidak memiliki alur lagi. Ban gundul walaupun hanya di tengah, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus, sebaiknya ban mobil harus diganti

Jadi Anda tidak perlu menunggu bagian lain ban gundul baru diganti karena bisa berisiko pada keselamatan Anda dalam berkendara. 

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top