Tips Mengatasi Understeer Saat Berkendara

12/07/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Mengatasi Understeer Saat Berkendara
Dalam berkendara terdapat gejala yang disebut understeer. Gejala ini bisa terjadi kapan dan pada jenis kendaraan apa saja. Understeer sendiri merupakan kondisi dimana mobil sulit berbelok atau terus meluncur lurus meski kemudi telah diputar.

Dalam berkendara terdapat gejala yang disebut understeer. Gejala ini bisa terjadi kapan-kapan saja  dan pada jenis mobil apa saja. Apa itu understeer dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita diskusi bersama-sama.

Gambar mobil  terkena understeer saat berkendara
Jika kena understeer saat berkendara, tetap tenang dan mencari solusinya

1. Apa itu understeer?

Understeer merupakan kejadian dimana Anda memutar roda kemudi tetapi mobil bergerak lurus atau tidak membelok seperti apa yang Anda inginkan. Gejala ini seringkali timbul karena kurangnya traksi. Ban di posisi depan hilang traksi karena sudah terlalu tipis dan pada saat itu ban tidak mampu memberikan daya cengkeram maksimal terhadap permukaan aspal khususnya ketika turun hujan.

>>> Baca juga: Tips saat mobil terbakar
 

2. Gimana cara mengatasi understeer?

Ketika  menghadapi gejala ini, tenang saja dan melakukan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi kecepatannya. Untuk mengurangi kecepatan, lepaskan pedal gas dan jangan menginjak pedal rem. Mengerem saat berbelok berisiko mengunci ban atau lebih parah lagi adalah mobil terpelintir. Jika terpaksa harus mengerem, lakukan secara perlahan-lahan atau tidak menekannya terlalu dalam. Tujuan mengerem pada kondisi ini untuk memperlambat laju mobilnya bukan menghentikan mobil. Dengan mengurangi kecepatan secara perlahan mobil akan kembali mendapatkan cengkeramannya.

gambar mobil terkena understeer di jalan
Mobil kenal understeer

>>> Untuk tahu tips dan trik mengemudi mobil lainnya, klik sini.
 

Langkah kedua adalah memutar kemudi ke arah berlawanan atau meluruskan ban sedikit demi sedikit. Tujuannya pun sama yaitu mengizinkan ban dapat mencengkram jalan kembali.

Setelah selesai 2 langkah di atas, sekarang Anda sudah bisa melanjutkan perjalanannya.

Bagaimana cara mengatasi understeer, mudahkan? Semua masalah di dunia ini pasti ada cara mengatasinya jadi Anda jangan panik, tetap tenang untuk mencari solusinya.
Untuk tahu lebih jelas tentang understeer, silahkan menonton video ini.
>>> Klik sini untuk membaca semua tulisan tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil
Share this post:
 
back to top