8 Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Matic

18/05/2021

Pengemudian

3 menit

Apakah Anda berencana akan beli mobil dengan transmisi otomatis? Pertimbangkan dulu beberapa hal ini sebelum Anda beli mobil matic agar tidak terlalu kecewa

Munculnya transmisi otomatis yang disematkan pada kendaraan roda empat memang telah memberikan kemudahan dalam berkendara. Banyak sekali yang berpendapat bahwa beli mobil matic lebih mudah dikendarai dibandingkan dengan transmisi manual. 

Bagi Anda yang hendak membeli mobil baru, mobil dengan transmisi otomatis mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi yang mendambakan kenyamanan berkendara tanpa harus menginjak kopling dan memindahkan persneling. Tapi sebelum Anda beli mobil matic, pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan sehingga membuat Anda kecewa.

1. Kelebihan Mobil Matic Adalah Penggunaannya yang Terbilang Sangat Mudah

Satu hal yang membuat sebagian besar pengemudi lebih memilih untuk beli mobil matic adalah kemudahan yang ditawarkan. Dengan mobil matic, Anda tidak perlu lagi repot untuk mengganti persneling karena secara otomatis sistemnya akan berpindah. Ketika macet di tanjakan, Anda tidak perlu lagi menginjak kopling sehingga kaki kiri Anda terbebas dari pegal karena terlalu lama menginjak kopling. Tugas Anda hanyalah menginjak pedal gas dan rem, tentu saja inilah yang membuat sebagian orang mendambakan mobil matic. 

>>> Begini Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan Biar Tetap Aman

2. Harga Beli yang Lebih Mahal Jika Dibandingkan dengan Mobil Manual

Dengan segala kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh sistem transmisi mobil matic, tentu saja harga beli yang ditawarkan mobil ini cukup tinggi. Ketika Anda berniat untuk memiliki mobil matic, sebaiknya siapkan dana lebih karena memang harganya lebih tinggi dibandingkan harga mobil manual. Untuk mobil dengan tipe yang sama, harga mobil matic vs mobil manual memiliki selisih kurang lebih Rp 10 juta. 

harga beli mobil matic lebih mahal

Harga mobil matic jauh lebih mahal dibandingkan mobil manual saat dibeli pertama kali 

3. Mobil Matic Lebih Aman Ketika Dipakai untuk Jalanan Menanjak

Kelebihan lainnya dari mobil matic terlihat ketika dihadapkan dengan jalanan yang menanjak. Hal ini karena mobil matic tidak rawan mundur seperti mobil manual. Dalam menghadapi jalanan yang menanjak, mobil matic lebih aman digunakan karena Anda tidak perlu lagi menyeimbangkan pedal kopling dan gas yang pastinya sangat melelahkan pengemudi. Bahkan ketika Anda harus melewati macet di tanjakan, mobil dengan transmisi otomatis tidak membahayakan pengemudi. 

tuas mobil matic mudah dioperasikan

Mobil matic lebih aman saat digunakan di jalanan menanjak

4. Mobil Matic Tidak Memiliki Engine Brake

Jangan hanya membayangkan bahwa mengendarai mobil matic pada saat tanjakan atau turunan adalah hal yang mudah, karena ternyata kelemahan mobil matic ada pada sistem pengereman. Mobil matic tidak memiliki gigi persneling sehingga pengendara tidak bisa melakukan engine brake. Inilah yang menyebabkan Anda tidak boleh malas pindah gigi mobil matic pada saat melewati jalanan menanjak atau menurun. 

Pada saat menanjak curam, mobil matic tidak boleh memakai gigi ‘D’ melainkan harus berpindah ke gigi ‘L’ atau ‘D1’. Jika posisi gigi tetap pada ‘D’, ketika melewati tanjakan curam, gigi akan otomatis berpindah sehingga mobil kehilangan torsi dan gagal menanjak. Sementara ketika pakai gigi ‘L’ atau ‘D1’, gigi akan terus ditahan pada posisi terendah sehingga mobil akan terdorong untuk melewati tanjakan.

Begitu juga ketika Anda harus melewati turunan yang panjang. Mengingat banyaknya kasus mobil matic yang nyelonong pada saat jalan menurun, sebaiknya pengendara tidak hanya mengandalkan rem saja. Gunakan low gear atau posisi ‘L’ atau di beberapa mobil ada di posisi 2 untuk menahan mobil dengan gigi paling rendah.

>>> Benarkah Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi BBM? Begini Penjelasannya

5. Biaya Perawatan Mobil Matic Lebih Mahal

Berbicara mengenai biaya perawatan mobil matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil manual. Anda tetap harus melakukan servis dan penggantian komponen secara berkala. Hanya saja, ketika terjadi kerusakan pada mobil matic, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal. Penyebabnya adalah komponen pada mobil dengan transmisi otomatis ini lebih rumit karena menggunakan sistem elektronik. Agar tidak keluar biaya banyak, sebaiknya Anda lebih ekstra dalam merawat transmisi mobil. 

merawat mobil matic membutuhkan biaya yang besar

Saat memutuskan beli mobil matic tentu harus siap dengan biaya perawatan yang cenderung lebih mahal

>>> Mengenal 3 Jenis Oli Mobil Matic dan Perawatannya

6. Asalkan Perawatannya Bagus, Harga Jual Mobil Matic Masih Cukup Tinggi

Tingginya harga beli mobil matic tentu tidak lepas dari kemudahan yang ditawarkan pada penggunanya. Harga jual kembali mobil transmisi ini juga masih cukup tinggi di pasar mobil bekas. Namun tentu saja dengan catatan bahwa mobil bekas yang Anda jual tidak mengalami masalah pada mesin atau komponennya. Ketika sedikit saja terjadi masalah maka harganya pasti akan terjun bebas. Hal ini karena onderdil pada mobil matic harganya jauh lebih mahal dibandingkan mobil manual. 

mobil matic bisa dijual dengan harga tinggi asalkan perawatannya bagus

Harga jual kembali mobil matic masih tinggi di pasar mobil bekas

7. BBM Lebih Boros

Jika Anda sedang mencari mobil yang mudah dioperasikan maka matic adalah pilihan yang tepat. Sementara jika Anda mencari mobil yang murah dan hemat tentu saja matic bukan jawabannya. Hal ini berkaitan dengan putaran mesin yang lebih sering dan tidak bisa diatur ketika digunakan berkendara. Dengan adanya Torque Converter pada mobil matic, tingkat RPM menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual. Inilah yang menyebabkan mengapa bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

>>> Suka Pakai BBM Tak Sesuai Rekomendasi? Awas, Mesin Mobil Ngelitik

8. Mobil Matic Lebih Bisa Diandalkan untuk Area Perkotaan yang Rawan Macet

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan rawan macet seperti misalnya area Jabodetabek, sepertinya membeli mobil matic adalah keputusan terbaik. Biasanya para pengguna mobil manual akan cukup kerepotan ketika dihadapkan pada jalanan yang padat dan macet. Hal ini karena jalanan yang macet membuat pengendara harus lebih sering mengoper gigi lebih rutin. Sementara pada mobil dengan transmisi otomatis, pengemudi tidak harus memikirkan perpindahan gigi transmisi. Transmisi otomatis sudah didesain untuk mengikuti putaran mesin dan juga beban sehingga membuat kaki anda tidak mudah pegal dan sangat nyaman apabila harus melewati jalanan yang macet. 

mobil matic untuk berkendara di area perkotaan

Transmisi otomatis akan mempermudah pengendara mobil di area perkotaan yang macet

Karena kemudahan tersebut, mobil matic juga sangat cocok digunakan bagi Anda yang baru belajar mengendarai mobil. Di sisi lain, mobil ini juga cocok bagi pengendara yang santai dan tidak agresif. Mobil ini termasuk mobil yang nyaman untuk keluarga karena Anda bisa menyetir dengan tenang dan nyaman sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

>>> Dear Ladies, Sudah Tahu Belum Kelebihan-Kekurangan Mobil Matic Vs Manual?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top