Dear Ladies, Sudah Tahu Belum Kelebihan-Kekurangan Mobil Matic Vs Manual?

10/03/2021

Pengemudian

4 menit

Kelebihan dan kekurangan mobil matic vs manual bisa menjadi satu pertimbangan sebelum Anda membelinya. Ini penting diketahui kaum hawa supaya tak salah pilih.

Membeli mobil bukan cuma urusan harga, warna, dan modelnya. Pemilihan transmisi juga tak kalah penting. Terlebih buat kaum wanita. Pilihan transmisi ini dapat menambah kenyamanan Anda saat berada di jalan. Transmisi pada mobil terbagi menjadi dua yakni otomatis dan manual. Untuk itu, kaum hawa wajib tahu nih kelebihan dan kekurangan mobil matic vs manual biar nggak salah pilih nantinya. 

Pemilihan transmisi mobil juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tentunya pilihlah yang membuat Anda nyaman dalam berkendara. Berikut ini Cintamobil uraikan kelebihan dan kekurangan mobil matic vs manual dikutip dari berbagai sumber. 

wanita berkendara

Pilihan transmisi tak kalah penting

>>> Mobil Bertransmisi Manual Akan Punah?

1. Mobil Matic

Buat kaum hawa yang berkendara sehari-hari, mobil matic tentu lebih mudah dan praktis saat dikendarai. Anda tak perlu repot mengganti persneling karena sistem transmisi bakal menerapkannya secara otomatis. Anda hanya perlu ngegas dan ngerem maka mobil bisa berjalan dan perpindahan gigi dilakukan otomatis. Singkatnya, mengendarai mobil matic bisa lebih menghemat energi Anda. 

Detail of modern car interior, gear stick, automatic transmission in expensive car. Free Photo

Tuas transmisi mobil matic

Anda juga tak perlu menginjak kopling yang cukup menguras energi terutama ketika jalanan macet. Kalau dari sisi pengemudian, mobil matic cenderung lebih mudah. Tapi bagaimana dengan perawatannya? 

Perawatan mobil matic disebut lebih mahal karena komponen pendukungnya juga terbilang rumit dan membutuhkan perhatian ekstra. Misalnya pada oli yang sebaiknya diganti secara berkala karena perputaran dilakukan secara otomatis. Perputaran otomatis pada komponen mobil matic ini juga yang disebut membuat penggunaan bahan bakar lebih boros. Onderdil pada mobil matic juga lebih mahal dibanding mobil manual. Kemudian, harga beli mobil matic sangatlah mahal. Namun, mobil matic akan turun signifikan ketika Anda menjualnya karena menuntut perawatan yang mahal dan cenderung susah.

>>> Tips Belajar Mobil Manual untuk Kaum Hawa Biar Cepat Mahir

2. Mobil Manual

Bagi Anda wanita yang memiliki hobi berkendara, mobil manual bisa menjadi pilihannya. Ini lantaran Anda bisa mengatur sendiri laju kecepatan dan persneling. Tapi hal ini bisa melelahkan. 

Lalu sejumlah pihak juga mengklaim bahwa mobil manual bisa lebih hemat dari penggunaan bahan bakar. Maka dari itu ada sebagian orang yang masih memilih mobil manual lantaran lebih hemat penggunaan bahan bakarnya. Menginjak kopling bisa-bisa bikin kaki Anda pegal. Apalagi, untuk yang berdomisili di kota besar dan memiliki tingkat kemacetan yang tinggi, bisa-bisa betis terasa keram. 

Transmisi mobil manual

Tuas transmisi mobil manual

Kemudian dari sisi perawatan, mobil manual juga disebut lebih murah karena komponen pendukungnya tidak serumit mobil matic. Harga jualnya pun lebih murah. Kalau di Indonesia, biasanya harga jual mobil manual lebih murah Rp 10 jutaan ketimbang versi matic untuk model yang sama. 

Itu tadi sederet kelebihan dan kekurangan mobil matic dan manual. Gambaran tersebut bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum memilih mobil. Jangan lupa sesuaikan dengan gaya berkendara Anda agar berkendara jadi lebih menyenangkan. 

>>> Begini Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan Biar Tetap Aman

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top