Begini Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan Biar Tetap Aman

17/02/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Begini Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan Biar Tetap Aman
Parkir mobil matic di tanjakan ada triknya tersendiri. Hindari untuk melakukan kesalahan untuk menghindari mobil menggelinding dan membahayakan pengendara lain.

Setiap tempat memiliki lokasi parkir berbeda. Ada yang permukaannya datar dan juga menanjak. Kalau memarkir mobil di tempat datar mungkin tak ada permasalahan berarti. Namun bagaimana bila Anda harus memarkir mobil di jalanan menanjak?

Salah cara memarkir mobil saat di tanjakan bisa saja berakibat fatal. Terlebih mobil yang dikendarai bertransmisi otomatis. Potensi mobil terguling cukup besar dan tentunya membahayakan pengguna jalan lain.

>>> 5 Cara Membuat Kabin Mobil Wangi, Jangan Parkir di Tempat Lembab!

Parkir Mobil Sebaiknya Jangan Asal

Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan

Ketahui triknya agar mobil tak menggelinding

Maka dari itu Anda bisa menerapkan langkah-langkah pencegahan. Apa saja kah? Berikut cara parkir mobil matic di tanjakan dikutip Cintamobil dari laman Wuling Indonesia, Rabu (17/2/2021). 

Anda harus memastikan penggunaan rem tangan dan pastikan posisi putaran roda diarahkan ke posisi yang tepat.untuk melakukan parkir mobil, pastikan posisi mobil berada sejajar dengan tepi jalan. 

Apabila memarkirkan kendaraan dengan posisi menghadap ke atas, pastikan di belakang ada ruang penuh untuk mobil. Sementara ketika memarkirkan kendaraan di sebuah lereng yang menurun, pastikan menyisakan ruang penuh di bagian depan mobil.

Kemudian, Anda harus memutar roda ke arah tepi jalan dan harus mengarahkan roda jauh dari tepi jalan, apabila Anda parkir di sebuah tanjakan. Apabila parkir di bawah bukit, maka Anda harus memutar roda ke arah tepi jalan.

Anda harus menekan rem kaki, lalu letakan mobil di posisi yang netral kemudian harus putar setir satu putaran penuh ke arah yang tepat, hal ini akan menghindarkan mobil meluncur ke lalu lintas saat rem gagal.

>>> Membuat Kabin Mobil Cepat Dingin usai Parkir di Bawah Sinar Matahari

Pastikan Memarkir di Tempat yang Disediakan

parkir mobil

Parkirlah di tempat yang disediakan

Apabila Anda tidak menemukan trotoar, maka Anda harus memutar roda depan anda ke bagian tepi jalan dan ini bisa dilakukan saat mobil menghadap ke atas atau bawah. Cara ini akan membuat mobil berjalan atau menggelinding ke rumput atau tanah yang berada di samping jalan dan akan menghindarkan mobil melaju ke jalur lalu lintas.

Hindari memutar roda saat mobil dalam kondisi berhenti, karena akan memberikan tekanan pada bagian ban dan sistem power steering yang berjalan di mobil.

Kalau cara memarkir mobil matic di tanjakan sudah Anda ketahui, jangan lupa untuk memastikan tidak ada mobil lain yang akan naik atau turun bukit di belakang mobil Anda. Sebelum meninggalkan mobil, ada baiknya untuk memastikan bahwa Anda memarkir di tempat yang memang sudah disediakan. 

>>> Hindari Kebiasaan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama Saat Parkir di Rumah

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tempat Parkir Darurat Tol Japek II Elevated Ditargetkan Selesai Maret

13/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga menargetkan pada bulan Maret 2021, 4 tempat parkir darurat (emergency parking bay) di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated bisa digunakan.

Lihat juga

Life Hack: Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir

28/05/2018

Pengemudian

4 menit

Salah satu hal yang menyebalkan ketika cuaca panas adalah kabin mobil bersuhu panas ketika Anda tinggalkan di parkiran. Banyak yang tidak tahu, tapi mendinginkan kabin yang panas ketika parkir tanpa AC, sangat mudah dan hanya butuh beberapa langkah saja.

Lihat juga

Berikut Tips Parkir Paralel yang Mudah untuk Pemula

11/12/2019

Pengemudian

4 menit

Jika Anda pengemudi pemula dan belum terbiasa atau familiar dengan parkir paralel, kami akan berikan tips parkir paralel yang mudah dan efisien untuk Anda

Lihat juga

Awas Salah, Ini Beda Rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti!

16/04/2020

Pengemudian

5 menit

Walaupun sama-sama berupa perintah untuk tidka berhenti, namun antara rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti memiliki perbedaan. Yuk pahami perbedaan diantara keduanya!

Lihat juga

Yuk Pasang Kamera Belakang Biar Mudah Saat Parkir atau Mundur

12/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pasang kamera belakang tentu akan memudahkan mendapatkan visibilitas terhadap objek di belakang mobil Anda, terutama saat parkir atau mundur. Jika mobil Anda belum dilengkapi fitur ini, Anda bisa kok pasang sendiri dengan kesabaran dan ketelitian.

Lihat juga
 
back to top