Benarkah Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi BBM? Begini Penjelasannya

24/11/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Benarkah Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi BBM? Begini Penjelasannya
Konsumsi bahan bakar bukan hanya dipengaruhi cara berkendara ataupun jenis mesinnya. Warna mobil rupanya turut berperan besar dalam konsumsi bahan bakar.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum membeli mobil. Tapi satu yang tak pernah terlewat adalah pemilihan warna mobil. Bahkan warna mobil ini disebut-sebut mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar sendiri juga turut menjadi sorotan seseorang saat hendak membeli mobil. 

Bila mobil memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik, emisi gas buang akan lebih sedikit dan performa mobil akan lebih optimal. Lantas apa peran warna mobil terhadap efisiensi dan konsumsi bahan bakar? 

mobil warna putih

Putih termasuk dalam warna cat mobil yang 'dingin' dan kalem

>>> Intip Cara Merawat Mobil Warna Putih Biar Tetap Kinclong

Sempat Dilakukan Studi

Dijelaskan Car From Japan, Selasa (24/11/2020), dalam sebuah studi terungkap warna mobil yang lebih 'dingin' setidaknya bisa membuat mobil hemat bahan bakar hingga 2 persen ketimbang warna gelap. Studi itu berdasar pada teori refleksi dan juga penyerapan. 

Warna mobil yang kalem dan cenderung dingin mampu memantulkan 60 persen cahaya matahari yang terpancar. Sedangkan warna gelap memiliki daya refleksi yang lebih kecil yakni 5 persen. 

Prosentase kemampuan refleksi warna mobil itu dikatakan berpengaruh terhadap kerja sistem pendingin mobil. Semakin tinggi prosentase refleksi maka akan berdampak pada kerja mesin dan sistem pendingin. Singkatnya, kalau kemampuan refleksi besar maka mesin mobil tak perlu bekerja lebih keras termasuk untuk mendinginkan kabin.

warna terhadap konsumsi bahan bakar

Penggunaan AC lebih bisa lebih boros pada mobil berwarna gelap

Sebaliknya bila kemampuan refleksi kecil, maka mobil akan lebih banyak menyerap panas. Dengan begitu, mesin akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan mobilnya. 

Riset itu dilakukan terhadap dua mobil yang punya warna berbeda yakni hitam dan silver. Keduanya sama-sama diparkir di tempat yang terpancar langsung sinar matahari. Masing-masing mobil memiliki daya refleksi 0,05 dan 0,58. 

>>> Tips Merawat Cat Hitam Mobil Agar Tetap Mengkilap

Parkir di Tempat Teduh

Ditemukan bahwa atap mobil berwarna silver lebih dingin daripada yang hitam. Demikian pula di dalam kabinnya. Masih dalam studi yang sama, ditemukan juga bahwa mobil berwarna silver penggunaan level AC-nya lebih rendah 13 persen ketimbang mobil hitam. 

Kalau ditarik garis merahnya, apakah warna mobil mempengaruhi konsumsi bahan bakar? Mengacu pada studi tersebut jawabannya adalah iya. Lebih kecil level AC yang dinyalakan maka konsumsi bahan bakar yang digunakan lebih sedikit begitupun sebaliknya. Selain konsumsi bahan bakar, emisi gas buang yang dihasilkan mobil berwarna terang terpangkas 1,9 persen. 

mobil warna terang

Disarankan untuk parkir di tempat teduh dan menghindari paparan langsung sinar matahari

Bila ditarik kesimpulan, mobil dengan warna terang seperti putih ataupun silver tak membutuhkan tenaga besar AC untuk mendinginkan kabin. Kemudian untuk mobil warna gelap butuh tenaga AC yang lebih banyak sehingga membuat mesin bekerja lebih keras. Tapi perlu diingat itu bisa terjadi bila mobil Anda diparkir di bawah sinar matahari langsung. 

Maka dari itu, untuk menghindarinya Anda bisa memarkir di tempat teduh. Di samping bisa menghemat konsumsi bahan bakar, parkir di tempat teduh juga dapat membuat warna cat mobil lebih awet dan tahan lama. 

>>> Suka Gonta-ganti Warna Bisa Bikin Mobil Susah Dijual

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Apa Fungsi Titik Warna-Warni Pada Ban? Ini Penjelasannya

17/12/2018

Pengemudian

4 menit

Bila Anda membeli ban baru akan terlihat titik bulat tebal ada warna kuning, merah atau putih yang berbeda-beda tiap pabrikan. Tahukah Anda apa fungsi titik warna-warni pada ban tersebut?

Lihat juga

Hitam Jadi Warna Mobil Favorit Orang-orang di ASEAN

14/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Hitam merupakan salah satu warna populer. Pun demikian saat memilih mobil. Dalam survei ditemukan hitam menjadi warna mobil favorit orang-orang ASEAN.

Lihat juga

Warna Mobil Ertiga yang Unik dari Suzuki

09/10/2020

Jual beli

8 menit

Pilihan warna mobil Ertiga dari Suzuki cukup beragam, namun diantara warna-warna itu, ada beberapa warna yang cukup unik serta tidak ditawarkan oleh merk mobil lain.

Lihat juga

Warna Mobil Yaris yang Memikat Laki-laki dan Perempuan

08/10/2020

Jual beli

8 menit

Pilihan warna mobil Yaris dari Toyota amat beragam dan menarik. Apa saja yang menjadi warna favorit di Indonesia? Dan apa hal-hal menarik lain seputar Toyota Yaris?

Lihat juga

Warna Mobil Honda Jazz Terbaik di Indonesia

08/10/2020

Jual beli

8 menit

Pilihan warna mobil Honda Jazz di Indonesia ada tujuh macam, semuanya menawarkan warna-warna yang menarik. Namun mana dari pilihan warna ini yang paling banyak digemari?

Lihat juga
 
back to top