10 Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Sering Muncul di Jalan

14/09/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
10 Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Sering Muncul di Jalan
Ada banyak sekali gambar rambu lalu lintas baik sebagai perintah, petunjuk, atau larangan. Namun kali ini Cintamobil.com akan jelaskan 10 diantaranya yang sering terlihat di jalan.

Mengemudi kendaraan bermotor di jalan raya termasuk nyetir mobil tidak bolah sembarangan. Setiap pengemudi wajib mematuhi peraturan lalu lintas dan rambu lalu lintas yang terpasang di sepanjang jalan raya.

Karena rambu-rambu lalu lintas ini bukan berdiri sebagai hiasan jalan semata. Setiap gambar rambu lalu lintas memiliki artinya tersendiri sebagai petunjuk kepada semua pengguna jalan tersebut tentang apa yang boleh dan tidka boleh dilakukan selama berada di jalan raya.

Di Indonesia dan juga diseluruh dunia, semua rambu lalu lintas memiliki arti yang sama. Tujuannya tentu agar tercipta kelancaran dan keselamatan di jalan tersebut. Lalu apa saja rambu lalu lintas yang sering muncul di jalan raya? Simak pembahasan lengkapnya pada artikel Cintamobil.com berikut ini.

>>> Ingatkan Pengguna Jalan, Pemkot Surabaya Pasang Rambu Wajib Pakai Masker

Pengertian Rambu Lalu Lintas

Anda pasti pernah mendengar istilah rambu rambu lalu lintas. Tapi sudah pahamkah tentang apa pengertian dari rambu lalu lintas? Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, rambu lalu lintas adalah bagian perlengkapan jalan yang bisa berupa lambang, huruf, angka, kalimat dan atau perpaduan keempatnya yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, serta petunjuk bagi setiap pengguna jalan.

Dari pengertian ini jelas, kalau rambu-rambu lalu lintas dibuat bukan hanya untuk pengemudi mobil atau motor, namun semua pengguna jalan, baik pesepeda, sampai pejalan kaki. Yuk mari ketahui setidaknya 10 gambar rambu lalu lintas yang sering muncul di jalan raya:

>>> Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

1. Tanda Seru

Rambu Tanda Seru

Waspada dan hati-hati saat memasuki wilayah terpasangnya rambu ini

Jika Anda melihat rambu tanda seru dengan warna hitam berdasar kuning, maka rambu ini berarti pengguna jalan harap hati-hati saat memasuki jalur atau wilayah yang terdapat rambu tersebut.

2. Tanda Panah ke Atas dan ke Bawah

Rambu Tanda Dua Arah

Jalan dua arah

Arti dari rambu ini adalah jalan tersebut berlaku kendaraan melintas dua arah.

3. Tanda Panah ke Atas

Rambu Tanda Satu Arah

Jalan satu arah dan tidak boleh balik arah

Jika menemui gambar rambu lalu lintas dengan tanda panah ke atas berearna putih dengan dasar biru maka artinya jalan tersebut berlaku untuk kendaraan berjalan searah serta dilarang melawan arah.

4. Tanda S Dicoret

Rambu Tanda S Dicoret

Dilarang berhenti disekitar rambu terpasang

Gambar ini berupa rambu lalu lintas untuk melarang setiap pengguna jalan berhenti mulai dari tempat pemasangan rambu hingga jarak 15 meter setelah rambu mengikuti arah lalu lintas.

5. Tanda P Dicoret

Rambu Tanda P Dicoret

Dilarang parkir disekitar lokasi rambu

Gambar ini adalah rambu yang memberikan larangan pengguna jalan untuk memarkir kendaraanya mulai dari tempat pemasangan rambu sampai jarak 15 meter setelah rambu searah lalu lintas.

6. Tanda Putar Balik Dicoret

Rambu Tanda U-Turn Dicoret

Dilarang putar balik

Anda pernah melihat rambu ini? Maka itu berarti Anda dilarang untuk putar balik di tempat berdirinya rambu tersebut, meksipun ada lokasi yang memungkinkan untuk berbalik arah.

7. Tanda Belok Dicoret

Rambu Tanda Belok Dicoret

Dilarang belok kiri atau belok kanan

Rambu rambu lalu lintas lainnya yang juga sering ditemui adalah berupa gambar tanda belok kiri atau belok kanan yang dicoret. Ini berarti setiap pengguna jalan tidak boleh belok ke kiri atau ke kanan sesuai arah rambu yang dicoret tersebut.

8. Tanda Jalan Tol

Rambu Tanda Jalan Tol

Jalan di depan Anda adalah jalan tol

Jika Anda pernah melihat ada pengguna sepeda motor masuk ke jalur tol, mungkin satu diantaranya karena tak paham arti rambu lalu lintas yang satu ini.

9. Tanda SPBU

Rambu Tanda SPBU

Sesaat lagi berarti akan ada SPBU

Apabila kendaraan Anda sudah waktunya untuk mengisi bahan bakar namun Anda sedang di jalan yang tidak diketahui dimana letak SPBU di daerah tersebut, maka coba perhatikan rambu berikut ini. Kalau rambu berwarna dasar biru ini muncul, maka berarti akan ada SPBU disekitar berdirinya rambu tersebut.

10. Tanda Arah Daerah atau Kota

Rambu Arah Daerah

Petunjuk arah ke daerah tertentu

Gambar rambu lalu lintas berwarna hijau dengan tulisan warna putih ini juga pasti sering Anda temui. Rambu ini merupakan petunjuk arah jika ada pengguna jalan yang hendak menuju daerah atau kota tertentu.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk memperoleh tips menarik lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

15/07/2020

Pengemudian

4 menit

Selain mematuhi rambu-rambu lalu lintas, ada hal lain yang wajib diwaspadai saat mengemudi di jalan tol. Salah satunya manuver pindah jalur yang dilakukan kendaraan lain.

Lihat juga

Kenali Makna Warna Dasar Rambu-Rambu Lalu Lintas

12/06/2020

Pengemudian

4 menit

Bukan hanya simbolnya saja yang punya arti, warna dasar rambu-rambu lalu lintas juga memiliki makna. Yuk, ketahui makna warna tersebut dan mengapa berbeda-beda?

Lihat juga

Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas

20/03/2020

Pengemudian

3 menit

Asuransi kendaraan sangat membantu meringankan beban biaya saat terjadi musibah kecelakaan. Tapi jika melanggar rambu lalu lintas klaim asuransi ditolak.

Lihat juga

Awas Salah, Ini Beda Rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti!

16/04/2020

Pengemudian

5 menit

Walaupun sama-sama berupa perintah untuk tidka berhenti, namun antara rambu Dilarang Parkir dan Dilarang Berhenti memiliki perbedaan. Yuk pahami perbedaan diantara keduanya!

Lihat juga

Kenali Rambu-Rambu Mata Kucing, Penanda Batas Jalan Penting Untuk Keselamatan

09/04/2020

Pengemudian

3 menit

Seperti mata kucing yang menyala tajam saat terpapar cahaya, rambu-rambu mata kucing di jalan raya juga terlihat menyala terang saat tersorot lampu kendaraan.

Lihat juga