Penjualan Mobil Baru di Inggris September Lalu Terburuk dalam 20 Tahun

05/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Penjualan Mobil Baru di Inggris September Lalu Terburuk dalam 20 Tahun
Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat penjualan mobil baru di Inggris pada bulan September turun hingga 44% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Industri otomotif Inggris hanya mencatat sebanyak 328.041 unit penjualan mobil baru pada September lalu. Dijelaskan oleh Society of Motor Manufactures and Traders (SMMT), penjualan tersebut menjadi yang terburuk sejak tahun 1999 akibat penutupan pabrik dan showroom mobil akibat pandemi COVID-19.

Bulan penjualan terpenting

DIlansir BBC, September biasanya menjadi bulan penjualan terpenting kedua di Inggris setelah Maret. Mengingat peraturan mengenai pembayaran pajak yang berlaku bulan Agutus membuat sebagian besar konsumen mulai membeli mobil baru. Tapi SMMT mencatatkan volume penjualan terendah sejak Inggris menetapkan sistem pelat nomor baru pada 1999.

pabrik mobil di Inggris dengan pegawai sedang memproduksi mobil
Penutupan pabrik dan showroom turut menjadi alasan penjualan memburuk

>>> California Larang Penjualan Mobil Bensin Baru di Tahun 2035

Industri otomotif Inggris beberapa waktu lalu masih percaya bahwa perubahan peraturan mengenai lockdown pada beberapa kota di Inggris akan menghasilkan lonjakan penjualan di akhir tahun. Namun ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 membuat calon pembeli bersikap waspada dalam membeli atau menyewa barang-barang mahal, seperti mobil.

Tak sepenuhnya buruk, SMMT mencatatkan kabar baik dari penjualan mobil listrik yang meningkat pesat disaat permintaan untuk mobil diesel semakin menurun drastis. Perkembangan ini seperti berita baik mengingat berbagai negara di Eropa telah membuat kebijakan untuk mengurangi polusi dan penjualan mobil konvensional secara bertahap.

>>> Pajak Mobil Baru 0% Belum Pasti, Penjualan Jadi Ikut Mandek

Tantangan di masa depan

Industri otomotif Inggris masih mendapatkan tantangan yang berat di masa pandemi saat ini.

Kepala Eksekutif SMMT, Mike Hawes, menjelaskan, "Kecuali pandemi dikendalikan dan kepercayaan konsumen dan bisnis di seluruh ekonomi dibangun kembali, masa depan jangka pendek memang terlihat sangat menantang."

Selain itu, tekanan atas kondisi ekonomi yang semakin berat juga mempengaruhi keinginan konsumen untuk mendapatkan mobil baru. Ketidakpastian Brexit dan ancaman tarif dengan peraturan baru untuk mencapai nol emisi yang dicanangkan Inggris memberikan tantangan tersendiri bagi industri.

mobil terlaris di Inggris Vauxhall Corsa
Penjualan mobil baru terlaris di Inggris dipegang oleh Vauxhall Corsa

Vauxhall Corsa sebagai mobil paling laris di Negeri Ratu Elizabeth pada bulan September dengan total penjualan sebesar 10.553 unit. Dilanjutkan oleh Ford Fiesta dan Mercedes-Benz A-Class dengan total penjualan 9.545 unit dan 8.085 unit.

Tapi tak semua pabrikan mengalami masa suram. Model bersejarah asal Inggris, MG, mendapatkan penjualan yang sangat memuaskan, Pabrikan yang sekarang dimiliki oleh SAIC Motor ini mencatatkan penjualan 3.668 unit selama bulan September 2020, naik 169% pada bulan yang sama di tahun lalu.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas terbaik ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Pajak Mobil Baru 0% Belum Pasti, Penjualan Jadi Ikut Mandek

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Wacana pajak mobil baru 0% sudah terlanjur beredar luas di masyarakat. Hal itu sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap mandeknya penjualan mobil di RI.

Lihat juga

California Larang Penjualan Mobil Bensin Baru di Tahun 2035

02/10/2020

Pasar mobil

3 menit

California menjadi negara bagian pertama di AS yang secara terbuka melarang penjualan mobil bensin baru di tahun 2035 mendatang. Ford setujui kebijakan ini.

Lihat juga

Penjualan Nissan March Sudah Disetop, Tapi Masih Dipajang di Situs Resmi

29/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sudah lama tidak ada catatan penjualan Nissan March di data GAIKINDO, Meski demikian mobil ini masih dipajang di situs resmi Nissan Motor Indonesia (NMI).

Lihat juga

Januari-Agustus 2020, Penjualan Toyota Avanza Masih yang Terbaik

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sepanjang Januari-Agustus 2020 penjualan Toyota Avanza masih yang terbaik meski 5 bulan terakhir tidak menempati peringkat satu penjualan mobil di tanah air.

Lihat juga

Penjualan Mobil di Indonesia Disalip Negara yang Bisa Kendalikan Covid

23/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia harus rela disalip oleh negara-negara ASEAN yang tercatat mampu mengendalikan laju penyebaran virus corona atau Covid-19.

Lihat juga