Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian

24/04/2020

Share this post:

Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Editor rate:

Rp 1,225,000,000

Daftar Harga Mercedes-Benz A-Class Terbaru Lihat promo

Berbasis generasi keempat Mercedes-Benz A-Class, compact hatchback yang tampil sporty Mercedes-AMG A 35 4MATIC diperkenalkan di Tanah Air medio Maret 2020 lalu di Jakarta. Tampil resmi pertama kali di ajang Paris Motor Show 2018, Seperti apa saja detailnya? Simak review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 berikut.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian
Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Hatchback Kencang Untuk Harian
13 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz AMG A 35 Quattro 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain sporty yang akan menjadi pusat perhatian    
Performa istimewa dengan efisiensi bahan bakar    
Pilihan AMG yang paling terjangkau
 

Kekurangan

Ruang kabin belakang yang relatif sempit
Kecepatan puncak yang dibatasi
Road Noise

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 - Tepat sebelum wabah virus corona (Covid-19) mulai menjadi besar, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia masih sempat mengadakan gelaran Mercedes-Benz Star Drive yang berlangsung di Senayan City sejak 12 -15 Maret 2020. Di ajang ini Mercedes-Benz meluncurkan lima produk baru, termasuk salah satunya adalah Mercedes-AMG A 35 4MATIC ini.

“Dengan memperkenalkan generasi sebelumnya Mercedes-AMG A45, kami menampilkan sebuah kendaraan sebagai tolak ukur di segmen compact (hatchback). Permintaan atas model ini telah berkembang secara dinamis beberapa tahun belakangan. Kesuksesan ini yang mendorong kami untuk memperluas portofolio AMG di Indonesia dengan memperkenalkan A 35 4MATIC sebagai model entry-level yang menarik," ujar Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 di acara Star Drive Jakarta

Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 hadir pertama kali di ajang Star Drive Jakarta awal Maret lalu

Meski mengusung noklematur “A”, namun model ini bukan sekadar model entry level A-Class. Dirancang sepenuhnya untuk memenuhi hasrat kesenangan berkendara, tak heran jika tambahan kode 4MATIC yang ada di bagian belakang menegaskan kemampuan pengendalian yang mumpuni untuk para pecinta kecepatan dalam pengendarian harian.

Dengan mesin berimbuh turbocharger, A 35 4MATIC ini menyuguhkan limpahan tenaga puncak 306 hp yang dapat mengajaknya menari dengan keempat roda. Sementara torsi hingga 400 Nm yang disuguhkan untuk dimensi bodi kompaknya membuat akselerasi A 35 ini seakan bagaikan kilat. Seperti apa sebenarnya kemampuan Mercedes-AMG A 35 4MATIC ini?

Eksterior Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Dengan basis Mercedes-Benz A-Class, AMG A 35 ini tampil dengan nuansa agresif, sporty dan elegan, Beberapa ciri khas khas AMG yang tersemat di bodi A-Class menjadikannya tampil beda. Meski masih menunjukkan sosok sebuah hatchback harian, namun kini nuansa khas balap terasa lebih kental di setiap bagian badannya.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Tampilan Depan

Tak sekedar mendapat aksesoris AMG Line, mobil ini benar-benar mengadopsi semua komponen AMG yang sporty. Radiator Grille tampil apik dengan sentuhan fine mesh dan twin louvre yang tampak menonjol, berpadu dengan apron depan AMG Night Package dengan sentuhan bodi kit berwarna hitam yang kontras dengan balutan warna Sun Yellow yang mencolok. Terdapat flic pada lubang intake udara, serta splitter pada bagian bawah bumper.

Tampilan depan Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Bodi kit AMG membuat tampilan A 35 semakin sporty dan menarik perhatian

Di bagian pencahayaan depan, Mercedes-AMG A 35 menggunakan LED High Performance Headlamps dengan sentuhan Daytime Running Lights (DRL) berdesain tajam yang menyuguhkan kesan agresif.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Tampilan Samping

Tampil mencolok di bagian samping adalah velg AMG multi-spoke berbahan alloy super ringan 19 inci yang berlabur warna hitam dengan aksen polish silver di bagian pinggirnya. Warna gelap pada velg ini sekali lagi tampil kontras dengan balutan warna kuning mencolok yang menjadi hello colour bagi AMG A 35 ini. Semakin tampil sporty dengan tampaknya kaliper rem AMG berukuran besar yang berbalut warna perak di balik velgnya. Piringan rem cakram berventilasi berukuran nyaris serupa dengan diameter velg ini tampil keren di keempat rodanya.

Tampilan samping Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Sosok hatchback kompak memberikan kelincahan di lalu-lintas perkotaan

Ground clearance yang rendah dipertegas penggunaan side skirt AMG Line dan ban berprofil rendah yang membalut velgnya. Kedua spion samping berbalut warna hitam juga turut mempertegas kesan sporty.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Tampilan Belakang

Setelah tampil cukup simple di bagian sisi, bagian buritan AMG A 35 ini kembali menyuguhkan sosok sporty yang tegas. Tampil mencolok adalah adanya spoiler di bagian atas kaca belakang yang ukurannya cukup besar untuk sebuah mobil berukuran compact hatchback, plus balutan warna hitam juga yang kontras.

Tampak belakang Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Spoiler besar dan diffiuser mempertegas penampilan ala mobil balap

Selain itu, diffuser yang ada di bagian bawah bumper belakang juga cukup massif dengan balutan warna hitam ala mobil balap. Pada diffuser ini juga tampil dua lubang knalpot di kedua sisinya dan pada kedua sisi bumper juga terdapat flic yang semakin memperkuat kesan ala racing.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Di bagian kabin, tampilan eksterior khas Mercedes-Benz dapat langsung dikenali. Namun dengan adanya nama AMG dibelakangnya, kesan sporty pun langsung hadir menonjol begitu duduk di bangkunya. Kesan futuristik dengan layar besar dan lubang-lubang ventilasi ala turbin, serta paduan warna hitam dan matte silver yang memberikan kesan elegan pada sebuah hot-hatch.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Dashboard

Dua buah layar berukuran 10,25 inci langsung tampil mendominasi di bagian dashboard-nya. Dari sisi tata letaknya, A 35 masih memiliki kesamaan dengan model Mercedes-Benz lainnya, namun di sisi lain, sentuhan AMG jelas mempertegas beberapa detailnya menjadi lebih sporty. Panel instrumen berukuran besar ada di balik kemudi dengan berbagai pilihan tampilan yang dinamis. Namun salah satu fitur yang menarik adalah Head-Up Display (HUD) yang diproyeksikan ke kaca depan

Dashboard Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Dashboard modern tanpa sentuhan chrome berlebihan dan tetap sporty

Tampilan HUD ini dapat berubah-ubah sesuai dengan keinginan pengemudi, mulai dari tampilan putaran mesin, kecepatan, gaya-G yang dihasilkan hingga navigasi. Bagusnya, HUD Mercedes benar-benar memproyeksikannya ke kaca depan tanpa ada tambahan perangkat apapun seperti layar kecil yang ada pada beberapa merek lain. O’ya, seperti pada interior Mercedes lainnya pada dashboard A 35 ini juga terdapat lampu suasana kabin (ambient lights) dengan 64 pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Setir

Lingkar kemudi pada A 35 juga menjadi salah satu bagian yang paling istimewa. Menggunakan AMG Performance Steering Wheel, setirnya mengusung desain flat bottom, dimana bagian bawah lingkaran setirnya rata, layaknya setir mobil balap Mercedes-Benz sejak lama. Setir ini juga berbalut bahan yang mewah dan nyaman digenggam, perpaduan antara bahan DINAMICA microfiber dan nappa leather. Di balik lingkar kemudi terdapat sepasang paddle shift untuk menambah keasyikan berkendara

Setir Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Lingkar setir AMG A 35 berbalut DINAMICA microfiber dan nappa leather

Terdapat tombol-tombol pengaturan Mercedes-Benz User Experience (MBUX) di kemudi selain pengaturan cruise control. Lingkar kemudi juga dapat diatur posisinya baik tilt maupun telescopic yang luas sehingga dapat membetrikan posisi mengemudi yang presisi.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Kursi

Agar dapat mendukung pengendaraan yang sporty, AMG A 35 menggunakan tempat duduk sport seats yang tampil layaknya bucket seat pada mobil-mobil sportcar.  Dengan 4-way lumbar support, kursi ini dapat menahan tubuh Anda duduk dengan kuat meskipun melakukan manuver-manuver cepat. Meski begitu, tak ada sabuk keselamatan 5 titik di mobil ini. Yang ada hanyalah sabuk keselamatan dengan pretensioner 3-titik berlabur warna merah, yang menjadikan tampilannya lebih sporty. 

Seat belt Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Sabuk keselamatan berwarna merah menjadikannya tampil unik

Berbalut material istimewa yang memadukan ARTICO leather dan DINAMICA microfiber berwarna hitam, kursi pada A 35 juga dapat diatur secara elektrik dengan tiga memori penyimpanan posisi duduk untuk mempermudah pengemudi maupun penumpang depan.

Kursi belakang Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Duduk di baris belakang memiliki keterbatasan ruang kaki, namun kursinya tetap nyaman

Di baris kedua atau bagian belakang, kursi di bagian penumpang kiri dan kanan juga menganut tipe bucket seat, yang dapat menjaga tubuh penumpang jika sang pengemudi bermanuver cukup ekstrim. Sayangnya, soal keleluasaan, memang di baris kedua ini bisa dibilang cukup sempit, apalagi jika Anda bertubuh jangkung sekitar 170 cm. Meski berbalut material berwarna gelap, kehadiran panoramic sunroof menjadikan kabin A 35 tetap berkesan lapang.

>>> Baca juga:

Fitur Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Layaknya varian-varian tertinggi sebuah model, Mercedes-AMG A 35 juga mengusung berbagai fitur terkini. Mulai dari bagian eksterior, A 35 telah dilengkapi dengan kaca film heat-insulating dark-tinted yang mampu menolak sorotan panas sinar matahari sehingga tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang di dalam kabin.

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Fitur Multimedia

Masuk ke dalam kabin, kenyamanan kabin lebih istimewa berkat THERMOTRONIC climate control yang dapat beroperasi secara otomatis dengan pembagian dua zona. Selain itu, seperti yang sebelumnya disebutkan, sistem multimedia MBUX juga teresdia di A 35 ini. Tampilan utama MBUX dihadirkan pada touchscreen berukuran 10,25 inci beresolusi tinggi di bagian tengah dashboard. Untuk mengoperasikan MBUX anda dapat memanfaatkan kemampuan layar sentuh, panel sentuh di bagian konsol tengah maupun panel sentuh pada kedua palang kiri-kanan di lingkar kemudi. MBUX juga dapat dengan mudah disambungkan dengan ponsel, baik melalui Apple CarPlay maupun Android Auto.

Tampilan MBUX Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

MBUX memberikan berbagai pilihan tampilan dan informasi bagi pengendara

Review Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020: Fitur Pengendaraan dan Keselamatan

Dalam hal pengendaraan dan keselamatan, AMG A 35 menyediakan beberapa fitur standar yang akan membantu pengendara selama berkendara sekaligus memberikan jaminan keselamatan sepanjang perjalanan. Fitur tersebut antara lain Active Brake Assist, Active Parking Assist dengan PARKTRONIC, Blind Spot Assist dan Cruise Control. Sayangnya cruise control yang digunakan belum adaptive.

Roda Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Mercedes-AMG A 35 menyuguhkan fitur pengendaraan yang lengkap untuk pengendalian hebat

Selain itu untuk meningkatkan keselamatan, airbag yang tersedia pada A 35 juga ditambahkan dengan kneebag di bagian lutut. Selain itu, masih ada reversing camera untuk membantu saat parkir mundur, tyre pressure monitoring system serta wiper dengan sensor air hujan.

>>> Diler Mercedes-Benz Tetap Buka, Tak Lupa Terapkan Pencegahan Covid-19

Operasi Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Jantung pacu yang ada di balik kap mesin Mercedes-AMG A 35 menjadi pusat semua kesenangan yang disuguhkan oleh mobil ini. Mesin 4-silinder segaris 2,0 liter dengan twin-scroll turbocharger menghasilkan tenaga puncak hingga 306 hp pada 5.800 rpm. Sementara torsi maksimal sebesar 400 Nm bisa dicapai mulai 3.000 rpm hingga 4.000 rpm. 

Mesin Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Mesin 2,0 liter turbo menghasilkan tenaga puncak 306 hp dan torsi 400 Nm

Limpahan daya ini disalurkan melalui transmisi AMG Speedshift DCT 7G ke sistem penggerak empat roda 4MATIC sehingga menghasilkan angka performa yang mengesankan, dengan akselerasi 0 – 100 km/jam dapat ditempuh dalam 4,7 detik. Penggunaan turbocharger tak hanya meningkatkan kemampuan performanya, namun juga dapat menjaga efisiensinya sehingga Mercedes-Benz mengklaim konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 13,7 km/liter.

>>> Begini Tips Cara Merawat dan Menjaga Kondisi Mobil ala Mercedes-Benz

Spesifikasi Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Semua kemampuan yang dimiliki oleh Mercedes-AMG A 35 4MATIC dapat dilihat pada data dan fakta berikut ini:

Dimensi Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.436 x 1.992 x 1.405 mm

Jarak Poros Roda

2.729 mm

Mesin Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Tipe Mesin

4-silinder segaris, Twin-scroll turbocharger

Kapasitas Silinder

1.991 cc

Tenaga Maksimal

306 hp @ 5.800 rpm

Torsi Maksimal

400 Nm @ 3.000 – 4.000 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

4,7 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar

13,7 km/l

Transmisi

AMG Speedshift DCT 7G

Kaki-Kaki Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Velg & Ban

19 inci

Daftar Harga Mercedes-Benz AMG A 35 2020

PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia mengungkapkan bahwa harga Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 dibanderol Rp1,225 miliar (off-the-road). Setiap konsumen yang meminang AMG A 35 juga berhak mendapatkan Integrated Service Package (ISP) berupa jaminan layanan purna jual selama 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh. Layanan ini termasuk jaminan pabrikan, gratis biaya perawatan dan beberapa perbaikan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Kesimpulan Mercedes-Benz AMG A 35 2020

Jika Anda ingin mobil yang menawarkan kesenangan berkendara dan berharap untuk dapat memiliki salah satu model Mercedes-AMG, yaitu A 35 4Matic yang merupakan model AMG paling terjangkau. Ya, seperti halnya model basis A-Class, AMG A 35 ini juga merupakan entry level di model AMG. Namun jangan pandang sebelah mata kemampuan A 35. Mesin 4-slinder dengan twin-scroll turbocharger berkekuatan 306 hp lebih dari cukup untuk mendukung sosok A 35 yang kompak.

Pengendaraan Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020

Mercedes-AMG A 35 4MATIC 2020 menyuguhkan pengendaraan sporty untuk penggunaan harian

Mobil ini tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari dalam menemani aktivitas Anda, dan menjadi pilihan tepat untuk mulai melangkah ke level mobil performa. Selain itu layanan ISP yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz menjadi salah satu jaminan bagi konsumen AMG A 35 untuk bisa menikmati kesenangan berkendara selama setidaknya tiga tahun ke depan tanpa rasa khawatir.

>>> Simak berbagai artikel review mobil lainnya di sini

Budityas Basuki
Share this post:

Review lain

Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line 2019: Fashionista Termurah Mercy di Kelasnya

05/12/2019

Editor rate:

Menjadi salah satu mobil produksi Mercedes-Benz yang mengandalkan gaya serta tampilan menarik, Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line 2019 layaknya seorang fashionista dengan harga yang relatif murah. Namun CLA hadir tanpa mengorbankan pengendaraan yang nyaman serta tenaga yang cukup mumpuni untuk pengendaraan sehari-hari.

Lihat juga

Review Mini Cooper 5-Door 2015, Hatchback Klasik 5 Pintu Yang Lebih Praktis

04/08/2018

Editor rate:

Setelah menjadi trendsetter hatchback ikonik dengan Mini Cooper 3 pintu, kali ini Mini menghadirkan Mini Cooper 5 pintu untuk mereka yang lebih mementingkan fungsionalitas dan kepraktisan tanpa mengorbankan nilai utama sebuah mobil MINI. Review Mini Cooper 5-Door 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga

Review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005: Hot Hatchback Yang Dirancang Untuk Melengkapi Banyak Kebutuhan Anda

25/06/2018

Editor rate:

Perubahan dari Golf standar menjadi GTi, terbilang cukup subtansial. Generasi kelima atau yang kerap kali disebut MK-V ini bisa dibilang generasi terbaik daripada pendahulunya. Tahun 2005, menjadi momen bersejarah bagi para pecinta mobil besutan Volkswagen Indonesia kala itu. Seperti apa tampilan dan keunggulannya? Mari simak lebih mendalam tentang review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005

Lihat juga

Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

28/06/2018

Editor rate:

Fiat 500 sebenarnya memiliki jejak sejarah emas, tonggak dari peralihan berakhirnya perang dunia menuju era baru. Bisa dibilang, model pertamanya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasca perang dunia. Hingga 2014, rekam perjalanannya terhitung genap 60 tahun yang sekaligus membuktikan ekstensi dan perubahannya dari zaman Post-War hingga era digital.

Lihat juga

Harga Audi A3 2017: Hatchback Mungil yang Ekonomis, Spesifikasi dan Review Lengkap

20/10/2017

Editor rate:

Meskipun tak bisa dibilang apa yang terjadi, mobil dengan tipe tersebut masih memiliki peminat, apalagi di kalangan anak muda yang modis nan sporty. Melihat masih adanya potensi pasar yang bisa direngkuh, produsen mobil asal Jerman, Audi, coba menawarkan hatchback teranyarnya dalam wujud Audi A3 Sportback 2017. Dari namanya saja kita sudah bisa memprediksi bahwa tampilan mobil ini merupakan crossover antara mobil hatchback dan sport. Mari bacalah tulisan review Audi A3 2017 di bawah ini.

Lihat juga